Beranda Updates SPY SHOT: Kia Sonet Tertangkap Kamera di Tol Cipali

SPY SHOT: Kia Sonet Tertangkap Kamera di Tol Cipali

JAKARTA, Carvaganza — Kia Motors India baru pekan lalu melansir sketsa resmi sebuah mobil compact SUV. Model ini direncanakan akan resmi meluncur di sana pada 7 Agustus mendatang. Sketsa tersebut menggambarkan sosok Kia Sonet. Nantinya, ia akan berada sebagai adiknya Seltos.

Konsep mobil Kia Sonet sebenarnya pernah diperkenalkan pada New Delhi Auto Expo 2019. Model ini cukup mendapat apresiasi dari para pengunjung dengan desain yang segar. Kia juga sepertinya akan mempersiapkannya untuk pasar Indonesia.

Kami mendapat kiriman dua buah foto yang menampilkan sosok diyakini Kia Sonet. Foto dikirimkan oleh Ardian Pradana. Foto ini didapatkan olehnya saat berada di rest area tol Cipali menuju Jakarta pada Kamis (23/7/2020) pukul 21.00 WIB malam.

Terlihat mobil tersebut diselimuti oleh stiker kamuflase hitam. Bahkan untuk velg diganti dengan velg kaleng berwarna hitam. Kami pun memeriksanya kembali, sosok tersebut sama persis seperti Kia Sonet yang beredar di India.

Sekilas, ia punya tampilan yang bisa menyaingi Honda HR-V di Indonesia. Lantas apakah ia akan menggunakan kapasitas mesin yang sama?

 

Mesin

Tidak banyak informasi yang beredar mengenai mesin mobil tersebut. Sebagai mobil ketiga yang dibuat di India setelah Seltos dan Carnival, prediksi beberapa media di India mengenai mesin Kia Sonet akan disediakan mesin diesel berkapasitas 1.0 liter dan mesin bensin 1.2 liter.

Mesin diesel 1.0 liter miliknya diklaim memiliki tenaga 120 Ps dan torsi 172 Nm. Jantung pacu tersebut dikombinasi transimisi otomatis dual clutch. Sedangkan untuk mesin bensin, berkapasitas 1.2 liter, hanya dibekali tenaga 83 Ps dan torsi 114 Nm. ia hanya tersedia transmisi manual 5-percepatan.

Kabar lain juga menginformasikan ia dibekali pilihan mesin diesel 1.5 liter. Bertenaga 100 Ps dan torsi 240 Nm, serta dikombinasi transmisi manual 6-percepatan. Ada juga informasi lain yang menyebutkan ia menggunakan transmisi semi otomatis atau dikenal iMT yang diambil dari Hyundai Venue.

Siluet Kia Sonet

Indonesia rasanya kurang popular untuk mesin diesel pada segmen subcompact SUV. Dugaan kami jika Kia Sonet berada di Indonesia, ia akan menggunakan mesin bensin 1.5 liter atau 1.0 turbo.

Persiapan munculnya Kia Seltos merupakan rangkaian strategi Kia. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa model penyegaran di Indonesia. Antara lain Picanto GT-Line, Rio, Grand Sedona dan Seltos. Tidak hanya itu, di luar negeri pun ada penyegaran pada Kia Optima.

Pabrikan asal Korea itu juga sedang mengembangkan mobil pada segmen subcompact SUV. Karena segmen ini dianggap sangat pas untuk pasar Kia. Alasannya tentu karena harga terjangkau, irit bahan bakar, praktis dan cocok untuk mobil harian.

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Xpander Rally Team Siap Terjun di Kejuaraan Sprint Rally di Meikarta

JAKARTA, Carvaganza -- Xpander Rally Team (XRT) menyambut optimis pelaksanaan Meikarta Sprint Rally Drifting & Slalom Series 2020 yang akan diadakan di Meikarta, Cikarang,...

Hennessey VelociRaptor V8 Bronco, Predator Purba Bertenaga 758 HP

Kalau di Indonesia sekarang lagi ramai membicarakan Suzuki Jimny generasi terbaru. Kuota terbatas membuat mobil ini diburu para kolektor dan penggemar mobil bergaya offroad....

Gara-Gara Kaca Belakang, Ribuan Ferrari 812 Superfast Kena Recall

MARANELLO, Carvaganza.com – Ferrari 812 Superfast merupakan model Ferrari dengan mesin V12 terganas di line up saat ini. Unutk bisa menikmati performa maksimalnya, mobil...

5 Mobil Jerman Jadul Yang Layak Dikoleksi Kalau Punya Duit

Mobil Jerman. Istilah itu identik dengan kemewahan, nyaman, bertenaga, mahal dan kalau sudah tua dibilang ringkih. Tidak semua benar. Terutama poin terakhir. Mobil tua,...

Sambil Long Wekeend, Ini Tips Perawatan Mobil di Rumah dari Auto2000

JAKARTA, Carvaganza.com – Penghujung bulan Oktober 2020 ini, masyarakat Indonesia mendapatkan libur long weekend atau akhir pekan panjang. Momentum ini bisa menjadi peluang untuk...