Beranda Updates Rio Haryanto dan David Tjipto Mulai Persiapan Jelang Balap di Sepang

Rio Haryanto dan David Tjipto Mulai Persiapan Jelang Balap di Sepang

SEPANG, 4 April 2019Pembalap Indonesia, Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro, mulai melakukan persiapan jelang seri pembuka Blaincpain GT World Challenge Asia 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sejak hari Selasa (2/4/2019) lalu, keduanya bersama tim T2 Motorsports telah tiba di Malaysia.

Berbagai persiapan dilakukan begitu Rio dan David tiba di Sepang, mulai ‘berkenalan’ dengan mobil Ferrari 488 GT3 yang akan dipakai, sampai dengan melakukan tes di sirkuit. Balapan pertama akan berlangsung akhir pekan ini, 5-7 April 2019.

Setibanya di Sirkuit Sepang, keduanya melakukan seat fitting, penyesuaian mobil sampai team briefing. Persiapan pra-balapan ini sangat penting, khususnya untuk Rio yang akan debut balap GT sejak terakhir kali membalap di Formula 1 sejak pertengahan 2016.

Seat fitting dilakukan untuk membuat jok mobil balap yang bentuk dan desainnya benar-benar disesuaikan bentuk tubuh setiap pembalap, demi membuat pembalap merasa senyaman mungkin di dalam kokpit sepanjang balapan. Semakin nyaman pembalap di kokpit, akan semakin mendukung kecepatannya di sirkuit.

Selain berkenalan dengan anggota tim, Rio pun menyesuaikan diri dengan mobil yang disebutnya memiliki beberapa fitur berbeda dibandingkan mobil F1. Di antaranya adalah ABS dan traction control yang tidak tersedia di mobil F1, tetapi ada di 488 GT3.

Tantangan besar yang harus dihadapi Rio dan David di Sepang adalah tingginya suhu cuaca di sirkuit, yang akan menuntut ketahanan fisik pembalap. Cuaca panas juga akan berpengaruh terhadap ban yang akan lebih cepat aus, mengingat Sepang memiliki sejumlah tikungan kencang yang sangat menuntut performa ban.

Selain Malaysia, Blancpain GT World Challenge Asia 2019 akan digelar juga di sirkuit Buriram (Thailand), Suzuka (Jepang), Fuji (Jepang), Yeongam (Korea Selatan) dan Shanghai (China), dengan total seri 6 balapan sepanjang musim.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza