Beranda Updates Perhatikan Tekanan Angin Ban Mobil Anda, Ini Manfaatnya

Perhatikan Tekanan Angin Ban Mobil Anda, Ini Manfaatnya

JAKARTA, 18 Juni 2019 – Ketika bicara soal perawaran kendaraan yang terpikir bagi kebanyakan orang adalah perawaran mesin, rem, atau aki. Banyak yang lupa dengan kondisi ban sampai – mungkin – kendaraan Anda slip saat hujan gara-gara botak atau bocor.

Tekanan ban – angin yang mengisi ban – sangat penting peranannya bagi keselamatan dan performa mobil Anda. Sekarang pertanyaannya, mengapa tekanan ban sangat penting?

Mengutip hyundaimobil.co.id ban menjadi komponen komponen penting pada kendaraan. Pasalnya, ban merupakan satu-satunya bagian yang langsung bersentuhan dengan aspal. Fungsinya yang penting tersebut membuat pengendara harus memperhatikan dan mengecek kondi ban secara teratur. Salah satunya adalah tekanan angin yang mengisi ban. Perhatikan apakah sudah sesuai dengan yang rekomendasi pabrikan.

Berbagai manfaat bisa didapatkan jika angin dalam ban dalam jumlah yang pas. Dengan tekanan angin yang pas, manfaat pertama yang dirasakan pengemudi pastinya kenyamanan.

Angin yang pas akan membuat kendaraan dalam kondisi seimbang. Permukaan ban yang menyentuh jalanan menjadi maksimal. Hasilnya, Anda akan lebih mudah mengendalikannya dalam situasi darurat.

Selanjutnya, tekanan angin yang pas berhubungan dengan konsumsi bahan bakar, Tekanan ban yang lebih kecil 10 persen dibanding standar pabrikan, membuat mesin energi yang dikeluarkan mesin untuk memutarkan roda akan lebih besar, sehingga bahan bakar lebih boros.

Ban yang kekurangan angin juga akan mempercepat ban aus hingga sepuluh persen. Intinya, jika tekanan angin di ban berkurang, telapak ban yang menempel ke aspal akan lebih melebar. Artinya, laju kendaraan juga akan melambat, dan putaran mesin akan bertambah dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Selain itu traksi serta pengereman juga pastinya tidak akan optimal dan membutuhkan jarak yang lebih panjang.

Dengan tekanan angin di ban yang pas juga pastinya akan membuat umur ban lebih panjang. Faktanya, ban dengan tekanan angin yang rendah mengurangi usia tapak ban hingga 25 persen.

Dengan demikian sebaiknya Anda rutin memeriksa kondisi ban mobil Anda, tukar posisi ban secara berkala, jika diperlukan lakukan spooring dan balancing.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

SUV Morris Garage HS Meluncur, Harga Mulai Rp 369,8 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Pasar mobil SUV monokok medium di Indonesia semakin ramai. Pada hari ini, Kamis (13/8) telah meluncur SUV Morris Garage (MG) HS...

Tips Angkut Sepeda A la Pereli Nasional Rifat Sungkar

JAKARTA, Carvaganza.com – Bersepeda merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi kalau bersepeda di daerah pedesaan di antara pepohonan teh dan pinus. Udara segar dapat membuat...

Buka Outlet Ke-15, Dokter Mobil Berikan Service Cuci AC Mobil Gratis

JAKARTA, Carvaganza – Bengkel spesialis AC dan Tune Up, Dokter Mobil, terus mengembangkan jaringannya. Setelah sukses membuka belasan outlet bengkel di wilayah Jadetabek, Surabaya...

Untuk Pertama Kalinya, BMW M3 akan Punya Versi Estate

MUNICH, Carvaganza.com – BMW memberikan kejutan pekan ini, dengan tanpa aba-aba merilis teaser untuk varian ekstra calon M3 terbaru. Melalui satu buah unggahan, M3...

Bentley Bentayga Speed 2021 Disegarkan, Masih Menyandang SUV Terkencang

CREWE, Carvaganza.com - Melalui Bentayga Speed 2021, Bentley ingin menerjemahkan arti mewah dan kencang dalam sebuah SUV. Model terbaru sebagai edisi penyegaran, sekaligus tetap...