Beranda Updates Mitsubishi Motors Berduka, Mantan CEO Osamu Masuko Meninggal Dunia

Mitsubishi Motors Berduka, Mantan CEO Osamu Masuko Meninggal Dunia

TOKYO — Mitsubishi Motors berduka. Penasehat khusus dan mantan chairman of board serta representative executive officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Osamu Masuko meninggal dunia pada, Kamis, 27 Agustus lalu. Pengumuman resmi MMC, 4 hari setelah meninggalnya Osamu, yang berusia 71 tahun, disebutkan karena cardiac insufficiency atau gagal jantung.

“Atas nama beliau, kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus atas kemurahan hati yang dia dan MMC terima,” kata Takao Kato, representative executive officer dan juga chief executive officer MMC dalam keterangan resminya. Takao Kato adalah orang yang menggantikan posisi Osamu Masuko.

Kabar ini cukup mengejutkan karena Osamu Masuko baru dua pekan lalu mundur dari jabatannya. Saat itu disebutkan ia mengalami masalah kesehatan tanpa penjelasan detil dari keluarga maupun Mitsubishi Motors.

Sepanjang kariernya di dunia otomotif, Osamu Masuko merupakan nama yang lekat dengan Mitsubishi Motors. Ia menjadi pucuk pinpinan revitalisasi pabrikan. Total ia berkarya selama 48 tahun bersama pabrikan berlogo tiga berlian tersebut.

Baca juga: Osamu Masuko Mundur dari Ketua Dewan Direksi Mitsubishi

Karier Cemerlang

Masuko yang lahir pada 19 Februari 1949 merupakan lulusan Fakultas Ilmu Politik dan Ekonomi Universitas Waseda pada 1972. Di tahun yang sama ia mulai bekerja di Mitsubishi Corporation. Karirnya terus melejit hingga ia ia diangkat menjadi presiden MMC pada 2005. Dia mengembangkan dan menerapkan Rencana Revitalisasi Mitsubishi Motors dan melakukan segala upaya untuk merevitalisasi perusahaan.

Sambil membidik manajemen yang realistis dengan arah pemilihan dan konsentrasi, Masuko memimpin pengembangan kendaraan ramah lingkungan yang canggih termasuk kendaraan listrik yang diproduksi secara massal pertama di dunia, i-MiEV, serta EV hybrid plug-in SUV 4WD pertama di dunia. , Outlander PHEV.

Baca juga: MI-Playground, Konsep Dealer Baru Mitsubishi Motors

Lebih lanjut, di kawasan ASEAN, yang menjadi penggerak pertumbuhan MMC, ia berhasil memproduksi lokal, dan memperluas penjualan termasuk Indonesia. Osamu Masuko juga bukan wajah asing bagi dunia otomotif Indonesia. Ia beberapa kali datang ke Tanah Air termasuk saat perkenalan Mitsubishi Xpander.

Selain itu, ia membangun hubungan yang solid dengan manajemen mitra, perusahaan Aliansi dengan Nissan Motors Co serta Renault. Aliansi ketiganya mengalami guncangan hebat sejak penahanan Carlos Ghosn. Selain Ghosn, mantan CEO Nissan Hiroto Saikawa dan mantan CEO Renault Thierry Bollore sudah mundur dari posisinya masing-masing pada tahun lalu.

Awal bulan ini, Mitsubishi Motors mengumumkan kerugian 140 miliar Yen Jepang (US$ 1.3 miliar) pada tahun fiskal yang berakhir Maret lalu. Mereka akan menutup pabrik di Jepang yang memproduksi Pajero untuk mengurangi kerugian.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...