Beranda New Cars MINI Countryman Dirakit Lokal, Apa Untungnya?

MINI Countryman Dirakit Lokal, Apa Untungnya?

JAKARTA, 7 September 2018MINI telah membuat sejarah baru di Indonesia dengan untuk pertama kalinya melakukan perakitan lokal untuk New Countryman. Tapi, kenapa justru Countryman yang dipilih untuk dirakit lokal?

Padahal, MINI 3-Door hatchback sejauh ini menjadi model dengan penjualan terlaris di Indonesia dan memiliki karakter MINI paling kuat. Sementara Countryman menjadi model MINI paling besar berat dimensinya.

BMW Group Indonesia yang menaungi merek MINI beralasan bahwa Countryman semakin tumbuh pasarnya di Indonesia dalam beberapa tahun, seiring tren SUV dan crossover yang terus naik. Selain itu, Countryman juga disebut paling cocok untuk karakter konsumen Indonesia.

“Kalau dilihat dari semua model MINI itu performanya paling tinggi, spacious, comfort, ukuran paling besar. Kita menyasar lebih luas, jadi bukan individual saja tapi menyasar pada lebih luas lagi,” jelas Jodie O’tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, hari Kamis (6/9/2018).

“Kita lihat respon Countryman cukup baik dibanding negara lain. Sangat baik,” kata dia.

Countryman juga saat ini menjadi model dengan fitur terlengap dari MINI, yang dianggap menjadi nilai jual lebih untuk konsumen Tanah Air. Dimensinya yang paling besar juga membuat Countryman lebih bersahabat untuk diisi lebih banyak penumpang.

Dengan telah dirakit lokal, Countryman pun kini memiliki harga lebih terjangkau, turun 12 persen dari sebelumnya yang CBU. Bahkan, harga Countryman saat ini telah berada di bawah 3-Door hatchback.

“Kenapa dirakit di Indonesia, fokusnya di konsumen. Kita mau konsumen dapat harga terjangkau, fitur kaya, dan waktu tunggu lebih cepat,” lanjut Jodie.

Dengan skema rakitan lokal, Countryman saat ini dibanderol (off the road) Rp 599 juta untuk Copper Contryman dan Rp 769 juta untuk Cooper S Countryman Sports.

WAHYU HARIANTONO

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

TEST DRIVE: Rolls-Royce Cullinan 2019, Merasakan Sensasi “Tank Mewah”

PADA tulisan sebelumnya Carvaganza sudah cerita tentang sejarah dan tampilan eksterior Rolls-Royce Cullinan. Saya kebetulan mendapat kesempatan menjajal SUV pertama...

DFSK Glory 560 Segera Diluncurkan, Melawan Honda HR-V?

JAKARTA, 25 Maret 2019 - Beberapa waktu lalu bocor sosok Glory 560 dari DFSK di Indonesia. Tak lama setelahnya, beberapa hari kemarin muncul jelas...

Menikmati Fitur T-Link di Toyota New Veloz, Keliling Jakarta Jadi Fun

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Beragam fitur disematkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Toyota New Avanza dan New Veloz....

REVIEW: Rolls-Royce Cullinan 2019, Warisan para Sheik dan Maharaja

SEPULUH tahun lalu, kita akan sulit untuk percaya jika Rolls-Royce akan membuat kendaraan jenis SUV. Tapi, tuntutan konsumen membuat pabrikan...

Mobil Ferrari Paling Ekstrem akan Meluncur Hari Ini

MARANELLO, 25 Maret 2019 – Tidak lama setelah meluncurkan F8 Tributo, Ferrari kembali akan memperkenalkan mobil terbarunya hari ini. Mobil...