Lihat Tampannya Paras Aston Martin V12 Speedster Diuji Di Jalan

LONDON, Carvaganza -- Bulan Januari, produsen mobil sport asal Inggris menyebut akan menciptakan roadster dua-kursi. Dua bulan kemudian, wujud sebenarnya mobil yang ditunggu itu dikenalkan ke publik. Dinamakan Aston Martin V12 Speedster, mobil itu menawarkan kesenangan berkendara maksimal dan dijual seharga US$ 950 ribu atau nyaris menyentuh US$ 1 juta.

Belum lama ini Aston Martin akhirnya merilis gambar versi prototipenya sedang diuji di lintasan aspal dan tampang aslinya sungguh mempesona. Mobil prototipe ini benar-benar menampilkan DNA balap Aston Martin. Sekilas kita bisa melihat samar garis-garis desain Aston Martin DB3S dan DBR1 di mobil ini. Kedua mobil itu membantu Aston Martin memenangkan World Sports Car Championshop di 1953.

Tapi kalau diperhatikan lebih jelas, mobil ini lebih banyak mengambil inspirasi dari Aston Martin DBR1 buatan tahun 1959. Tak hanya penampilannya saja, performanya juga harusnya sebailk pemenang 24 Hours of Le Mans di 1959. Sejak saat itu, pabrikan yang bermarkas di Gaydon, Inggris ini tak pernah sekalipun lagi berhasil melintas garis finish paling depan.



Mobil yang hanya dibuat sebanyak 88 unit secara terbatas ini adalah versi bespoke dari ‘Q’, divisi performa tinggi Aston Martin. Speedster ditenagai mesin V12 yang menghasilkan output 700 hp dengan torsi gemuk 743 Nm. Ditanam di bagian tengah kendaraan (mid-mounted), mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 8-speed ZF dengan limited-slip differential untuk menggerakkan kedua roda belakang. Terbayang sudah kan kesenangan berkendara yang ditawarkannya.

Apalagi, diklaim mobil ini mampu berakselerasi dari posisi diam sampai 100 kpj hanya dalam tempo 3,5 detik saja. Sayangnya kecepatan maksimum mobil ini dibatasi “hanya” sampai 300 kpj saja. Tak hanya performa mesin V12 yang tak perlu diragukan. V12 Speedster juga dijanjikan dapat memenuhi pengalaman berkendara yang menengangkan. Sebagai soundtrack penambah suasana, exhaust system mobil ini dipasang di bagian tengah bemper belakang. Katanya ini dapat menambah ketengangan satu tingkat lebih tinggi lagi.



Aston Martin V12 Speedster juga diproduksi untuk mengenang CC100 Speedster Concept. Mobil konsep yang ketika itu dihadirkan untuk memperingati 100 tahun lahirnya Aston Martin.

Dipublikasikannya gambar versi prototipe mobil ini sedang diuji, menjawab komitmen mereka untuk mengantarkan mobil ini ke garasi konsumen di seluruh dunia pada awal 2021. Model spesial ini tentunya, akan menjadi koleksi mahal yang tak akan lekang oleh waktu.

RIZKI SATRIA



Sumber: Aston Martin

Artikel yang direkomendasikan untuk anda