Lebih 200 Mobil Klasik Koleksi Museum Muscle Car City Dijual

JAKARTA, carvaganza.com - Kalau Anda penyuka mobil klasik, mungkin sekarang ini sudah saatnya melakukan perburuan. Sebuah museum klasik di Amerika Serikat lagi menjual semua isi koleksinya kepada masyarakat umum.



Adalah Muscle Car City yang bakal menjual seluruh koleksi. Museum tersebut milik pengusaha kaya AS, Rick Treworgy. Kecintaannya pada mobil berawal pada usia 14 tahun ketika ia membeli mobil pertamanya di pertengahan tahun ’60-an. Waktu masuk high school, dia sudah melakukan jual beli mobil dan akhirnya jadi kebiasaan. Seiring dengan waktu, Ia malah membeli mobil-mobil klasik terkenal sehingga jumlahnya sampai ratusan mobil.


Museum Muscle Car City di Punta Gorda, Florida, Ia dirikan 14 tahun lalu dan membangun museum memang cita-cita Rick sejak remaja. Ragam koleksi ia pajang di sana dan museum itu terbuka untuk umum. Tapi pada 22 – 23 Januari nanti, seluruh isi museum akan dilelang lewat Mecum Auctions yang diselenggarakan di museumnya sendiri di Punta Gorda.



Museum yang terletak sekitar 160 km sebelah selatan Tampa ini terkenal sebagai salah satu museum yang mengoleksi mobil-mobil General Motors (GM) terbaik di dunia. Memang koleksi Treworgy kebanyakan Chevrolet, di mana 80 di antaranya adalah Corvette dari setiap generasi. Bahkan ada koleksi C8 200 yang odometernya kurang dari 382 km. Ia juga sedang mengincar Z06 2022, yang diprediksi punya jantung pacu V8 5.5 liter dan crankshaft flat-plane seperti milik Ferrari.


Muscle Car City Museum


Kepada website thedrive.com, Treworgy mengaku bahwa Ia mungkin akan menukar model 2020 dengan Z06 karena mungkin harga model 2020 tak akan terlalu jatuh.



Sebagai seorang pengusaha kaya, kenapa Rick menjual mobil-mobil koleksinya? Rick memang sudah ingin pensiun. Ia ingin menikmati sisa-sisa masa hidupnya. Apalagi sepanjang pandemi COVID-19 jumlah pengunjung ke museumnya merosot tajam, karena memang museum ditutup untuk umum. Ia pun mendapat saran dari temannya, Dana Mecum, untuk menjual aset-aset di dalam museum cepat atau lambat. Jadi semua isi museum di dalam gedung seluas 6000 meter persegi yang dulunya supermarket bakal dijual. Termasuk sejumlah koleksi high performance kesohor Chevelle, Camaro, El Camino, 442 dan GTO.


Meski koleksinya di museum dijual, Rick masih punya cukup banyak kumpulan mobil klasik berharga. Ia punya museum mini di rumahnya yang mengumpulkan 50 mobil favorit. Di antaranya 20 Corvette 1967 ragam warna dan disitu tersimpan pula suku cadang Chevy.


Baca juga:  Ini 15 Museum Mobil yang Bisa Dinikmati Virtual Via Google Maps



Muscle Car City Museum
Rick Treworgy


Nah buat para calon kolektor yang ingin membeli mobilnya, Ia menyarankan kalau mau menghasilkan duit dari membeli mobil koleksi, mendingan jangan. Menurutnya, hobi mengoleksi mobil itu biayanya mahal dan bukan untuk mencari duit, malah buang-buang duit.


Muscle City Car akan ditutup pada 17 Januari sebagai persiapan untuk lelang koleksi. Lelangnya sedir akan dilakukan pada 22 – 23 Januari. Mecum Auctions adalah rumah lelang yang pada tahun lalu menginvestasikan duit cukup besar untuk platform lelang secara online.


Sumber: www.thedrive.com


EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda