Beranda EDITOR'S PICKS KALEIDOSKOP 2019: 10 Mobil Baru Paling Fenomenal di Indonesia

KALEIDOSKOP 2019: 10 Mobil Baru Paling Fenomenal di Indonesia

JAKARTA, 25 Desember 2019 – Tahun 2019 segera berakhir dalam hitungan hari, yang telah berlalu dengan dihiasi hadirnya puluhan mobil baru, khususnya di pasar Indonesia. Dari jumlah puluhan tersebut, di antaranya berhasil menjadi fenomena atau membuat sensasi pada kehadirannya.

Meski di tengah stagnannya, kondisi pasar otomotif belakangan ini, para pelaku industri seolah tidak mau terlarut dalam situasi. Berbagai inovasi dan gebrakan ditawarkan lewat mobil-mobil baru yang meluncur tahun ini.

Dari sisi teknologi, desain, fitur, sampai harga yang menarik, mobil-mobil baru di tahun 2019 seperti berebut panggung demi mencuri hati masyarakat. Bahkan ada yang langsung meraih penghargaan terbaik di debutnya yang masih singkat.

Berikut daftar mobil-mobil paling fenomenal sepanjang tahun 2019:

New Toyota Avanza / New Daihatsu Xenia

Model kembar Low MPV penguasa pasar ini meluncur pada awal tahun 2019, sebagai upaya Toyota dan Daihatsu mempertahankan takhtanya. New Avanza dan Xenia hadir dengan berbagai peningkatan dan penyegaran, untuk menjawab tantangan pasar di segmen ini yang semakin kompetitif.

Ubahan tampilan eksterior pada Avanza dan Xenia diusung dengan karakter yang dinamis dan mewah, seakan mengangkat kelas dari model ini. Selain tampilan, keduanya ikut mendapat peningkatan dari sisi kualitas kenyamanan dan fitur yang semakin lengkap.

All-New Mazda3

Menjadi tanda kehadiran kendaraan generasi ke-7 untuk pertama kalinya, Mazda tidak menunggu lama untuk meluncurkan Mazda3 terbaru ke Indonesia. Tidak seperti generasi sebelumnya, Mazda3 kali ini dihadirkan langsung dalam versi sedan dan hatchback.

Versi hatchback menjadi yang paling mencuri perhatian, lewat penampilan desainnya yang cantik sekaligus sporty, meninggalkan tipikal karakter pabrikan Jepang. Serangkaian teknologi SkyActiv terbaru disematkan pada Mazda3 terbaru, semakin memanjakan pengemudi dan penumpang.

All-New Mazda3 telah menjadi benchmark baru untuk kualitas, teknologi dan kesenangan berkendara dari pabrikan Jepang, sekaligus membuka pintu Mazda untuk semakin menembus pasar premium.

Suzuki Jimny

Setahun setelah penampilan perdananya di Indonesia, generasi terbaru Suzuki Jimny resmi dipasarkan di Indonesia saat meluncur di GIIAS 2019. Nilai nostalgia menjadikan Jimny terbaru semakin didambakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya para penggemar yang pernah memiliki generasi awal.

Perpaduan desain bergaya klasik dan atraktif diandalkan sebagai formula manjur Jimny memikat perhatian konsumen. Tidak heran jika kemudian Jimny generasi ke-4 ini langsung laris diburu banyak peminat.

Bahkan karena terbatasnya alokasi unit untuk pasar Indonesia dari Suzuki, inden konsumen untuk bisa memiliki Jimny sudah mencapai lebih dari dua tahun.

Toyota GR Supra

Nama ikonik Supra sudah tidak diragukan lagi di kalangan car enthusiast, khususnya pecinta kecepatan. Tidak lama setelah debut globalnya di awal tahun, Toyota GR Supra resmi meluncur di Indonesia saat GIIAS 2019 berlangsung.

Selain karena namanya yang legendaris, Supra yang heboh dibicarakan karena kini berbagi basis dengan BMW Z4 terbaru ini juga menjadi pertama kalinya dipasarkan resmi oleh Toyota. Kombinasi format coupe grand tourer dengan mesin enam silinder inline turbo 3.0 liter dipertahankan oleh Toyota.

Sejumlah public figure bahkan sampai tergoda meminang Supra generasi kelima ini, salah satunya atlet badminton nasional, Marcus Gideon.

Hyundai Kona

Line up model SUV Hyundai di Indonesia semakin lengkap dengan kehadiran Hyundai Kona, di pertengaha tahun. Produk global dari Hyundai satu ini menjadi salah satu senjata untuk merebut hati konsumen yang peduli akan penampilan dan teknologi, khususnya dari kalangan muda.

Kona mengisi segmen yang lebih terjangkau di bawah Tucson, dengan platform dan fitur lebih advance dari model lain di segmennya. Dengan Kona, Hyundai ingin menantang Honda HR-V, Toyota C-HR, dan Mazda CX-3.

Wuling Almaz

Wuling Motors mengawali kiprahnya di segmen SUV Tanah Air dengan mengandalkan Wuling Almaz, berbasis dari Baojun 530. Paket yang sangat menarik ditawarkan oleh Almaz dengan harga mengejutkan banyak kalangan, yaitu Rp 318 jutaan saat meluncur.

Desain mewah disertai dengan gebrakan teknologi di pasar Indonesia, yaitu fitur perintah suara WIND berbahasa Indonesia. Fitur ini menjadi yang pertama kali hadir di pasar Indonesia, dikembangkan khusus oleh Wuling.

Saking fenomenalnya, Almaz langsung diganjar sejumlah penghargaan di Indonesia, termasuk Car of The Year oleh FORWOT (Forum Wartawan Indonesia).

BMW i3s

Di segmen merek premium, BMW kembali menjadi pionir untuk memasarkan kendaraan listrik, kali ini melalui i3. Menyusul i8 yang berformat plug-in hybrid, i3 menjadi mobil full electric pertama yang resmi dipasarkan oleh merek premium di Indonesia.

EV berjenis city car ini meluncur saat GIIAS 2019, bersamaan dengan meluncurnya model andalan BMW lainnya yaitu Seri 3 terbaru dan X7. Di Indonesia, BMW menawarkan mobil ini dalam varian i3s.

Renault Triber

Beralih kepemilikan ke Maxindo, Renault mengubah strateginya di Indonesia dengan coba masuk ke segmen entry level. Renault Triber dibawa ke pasar Indonesia, untuk menjangkau kelas menengah ke bawah dengan harga bersinggungan segmen LCGC.

Memanfaatkan basis mini crossover Kwid, Triber diciptakan sebagai MPV kecil berkapasitas 7 penumpang. Selain berpenampilan gagah ala SUV, Triber juga menawarkan ragam fitur yang tidak dimiliki oleh model dengan harga sekelasnya.

Mitsubishi Xpander Cross

Sukses mendobrak segmen Low MPV dengan Xpander, Mitsubishi ingin berekspansi lebih jauh dengan menghadirkan varian tertinggi Xpander Cross. Tampilan agresif Xpander disegarkan dengan sentuhan karakter gagah ala SUV pada varian ini.

Melalui Xpander Cross, Mitsubishi memberikan pilihan MPV untuk keluarga yang suka menjelajah atau berpetualang dengan perjalanan yang menantang. Tampilan Xpander Cross bisa dikenali dari groud clearance lebih tinggi dan body panel hitam pada over fender dan side body moulding.

DFSK Glory 560

Setelah mengawali kiprahnya di Indonesia dengan mengandalkan Glory 580, DFSK ingin memperkuat posisinya sebagai pendatang baru di segmen SUV lewat Glory 560. DFSK mengisi segmen di bawah Glory 580, dengan 560 dengan harga lebih terjangkau namun berfitur tidak kalah lengkapnya.

Meski berdimensi lebih kompak, Glory 560 juga dengan tiga baris kursi juga mampu memuat sampai tujuh orang penumpang. Yang menarik, Glory 560 dipasarkan dengan harga termurah tidak sampai Rp 200 juta.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto