Beranda Features Ini Mobil-Mobil Konsep di Tokyo Motor Show

Ini Mobil-Mobil Konsep di Tokyo Motor Show

Foto-foto: ragam sumber

TOKYO, 25 Oktober 2019 – Di bawah suhu yang cukup dingin, Tokyo Motor Show 2019 telah dibuka pada hari Rabu lalu (23/10) dengan lokasi yang disebar antara Tokyo Big Sight dan sejumlah zona di Odaiba, water front city yang letaknya masih di Tokyo. Dua jurnalis Carvaganza yakni Raju Febrian, Editor-In-Chief Carvaganza dan Motovaganza dan Munawar Chalil, Group Editor-In-Chief, menyaksikan secara langsung pembukaan  pameran dwitahunan tersebut atas undangan PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM).

TMS 2019 ini diikuti sekitar 150 peserta dari mulai pabrikan mobil sampai komponen baik dari Jepang maupun mancanegara dan TMS juga dikenal sebagai salah satu kiblat pameran mobil dunia.

Dalam pameran yang diselenggarakan 24 Oktober – 4 November ini, mobil listrik menjadi perhatian besar pabrikan dan pengunjung, meskipun di tengah-tengah pameran muncul kabar tak sedap skandal antara Nissan Motor dengan Kobe Steel. Gara-gara skandal ini kabarnya kepercayaan publik Jepang terhadap pabrikan ikut terganggu.

Pabrikan Toyota sudah sejak awal menyatakan bahwa pihaknya tidak akan memajang mobil baru di booth TMS 2019, melainkan sebuah ‘taman teknologi’. Satu-satunya benda yang mirip dengan mobil masa sekarang di booth Toyota adalah e-Racer, yakni mobil berdesain sporty mirip mobil balap dan diklaim sangat fun-to-drive.

Lewat e-Racer, Toyota ingin mempertegas visi bahwa mobil autonomous di masa depan akan tetap memberikan tempat bagi kalangan driving enthusiast. Terdapat pula mobil self-driving Toyota LQ, di mana di tempatnya dipamerkan terdapat layar raksasa dan orang terlihat sibuk main game balap Super GT Series.

Kendaraan Toyota yang banyak menyita perhatian publik dunia pada TMS 2019 ini adalah Mirai Concept yang kabarnya bakal diproduksi tahun 2021 dan mengalami perubahan yang cukup besar dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Berikut ini adalah mobil-mobil konsep yang dipamerkan kepada publik di Tokyo Motor Show 2019.

Toyota Copen GR Sport
Selain Mirai Concept dan LQ, Toyota juga memamerkan Copen GR Sport yang memang memiliki kesamaan dengan Daihatsu Copen. Mobil ini memang diproduksi Daihatsu, yang merupakan anak perusahaan Toyota.

Mobil Coupe dengan dua penumpang ini memiliki atap convertible dan diklaim menawarkan dinamika berkendara yang tinggi. Nah, pengerjaan kendaraan ini dilakukan ahli dari Toyota Gazoo Racing. Mereka menambah rigiditas bodi kendaraan, menyeting ulang chassis dan menambahi sejumlah komponen eksterior agar Copen terlihat semakin sporty.

Toyota Copen GR Sport

Toyota Ultra-Compact BEV
Inilah kendaraan masa depan yang digadang Toyota. Diperuntukkan untuk daerah perkotaan dan perjalanan jarak dekat karena hanya memiliki kemampuan menempuh jarak sekitar 100 km dan top speed hanya 45 km/jam.

Hanya berkapasitas dua penumpang, di mana pengemudi duduk di depan dan penumpang di bagian tengah di belakang pengemudi. Mobil listrik ini rencananya hanya diperuntukkan untuk pasar Jepang, belum ada rencana lebih dalam mengenai dipasarkan ke mancanegara.

Toyota Ultra Compact BEV

Honda Jazz/Fit
Debut Honda Jazz –salah satu hatchback paling laris di Indonesia – di TMS 2019 sangat ditunggu-tunggu. Tersedia dalam lima tipe, bahkan punya tipe mesin hybrid terbaru. Pabrikan melakukan penyempurnaan pada bodi sehingga terlihat sedikit besar dibandingkan sebelumnya dan visibilitasnya lebih baik lagi. Pada bagian dalam dilengkapi dengan material lembut dan anti air berkualitas tinggi. Desain interiornya pun mendapatkan penyempurnaan.

Honda Jazz

Lexus LF-30 Electrified Concept
Kendaraan ini memperkuat visi masa depan Lexus dalam hal powertrain, feeling mengemudi maupun desain. Memang kalau dilihat mirip dengan pesawat ruang angkasa masa depan. Angka 30 sendiri dicantumkan karena tahun 2019 menjadi anniversary ke-30 pabrikan Jepang ini.

Dilengkapi dengan empat motor listrik dengan tenaga maksimal 536 hp. Pintunya model gullwing (sayap burung camar), panoramic roof dari kaca yang sangat lebar dari depan sampai belakang dan memiliki kemampuan autonomous driving. Selain itu disuport dengan teknologi drone yang mampu  membawa barang bawaan dari mobil sampai depan pintu rumah.

Lexus LF-30 Electrified Concept

Nissan Ariya concept
Mirip-mirip dengan Toyota Prius, Nissan menangguk sukses dalam penjualan mobil listrik lewat hatchback Leaf. Di TMS ini mereka ingin mengambil kesempatan lagi lewat SUV listrik yakni Ariya Concept.

Tapi kayaknya tak seperti mobil konsep lainnya yang lompatannya jauh ke depan, Ariya sepertinya mobil konsep yang bakal diproduksi dalam waktu dekat. Pada bagian interior diberi aksen copper dan sudah dilengkapi teknologi ProPilot 2.0 yakni fitur-fitur canggih driver-assist. Kayaknya mobil ini tak lama lagi bakal diproduksi.

Nissan Ariya Concept

Nissan IMk concept
Mobil konsep dengan brand IM yang masih satu grup dengan Nissan kembali menggebrak Tokyo dengan memperkenalkan mobil konsep listrik IMk. Bentuknya mirip dengan Nissan Cube generasi baru. Memiliki postur bodi tinggi kurus namun bagian dalamnya lega.

Nissan iMK Concept

Mazda MX-30
Ini mobil listrik pertama Mazda. Crossover ini mengadopsi sistem pintu suicide dengan interior memakai material ramah lingkungan dan daur ulang seperti jok yang terbuat dari botol-botol daur ulang dan bagian konsol tengah terbuat dari bahan gabus. Mesinnya menggunakan baterei listrik namun belum ada keterangan detail tentang mesin kendaraan ini.

Mazda MX-30 rencananya akan mulai dijual di Jepang bulan Januari tahun depan dan setelah itu baru diekspor ke seluruh dunia.

Mazda MX-30

Mitsubishi Mi-Tech concept
Crossover masa depan yang diboyong Mitsubishi ini memiliki desain yang tajam dan futuristik. Bahkan kalau dipikir mirip dengan mobil dune buggy listrik dengan kapasitas dua orang.

Fender besar, ban juga besar dengan atap terbuka. Untuk powertrain, Mi-Tech dilengkapi plug-in hybrid dengan empat motor listrik di setiap rodanya. Kendaraan ini tidak dipartnerkan dengan mesin bakar konvensional, melainkan turbin gas sehingga membuat mobil terasa halus dan nyaman.

Mitsubishi Mi-Tech concept

Mitsubishi Super Height K-Wagon concept
Selain Mi-Tech, pabrikan Mitsubishi juga mendebutkan kendaraan  ini di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Bentuknya boxy besar dengan ban kecil yang diposisikan di bagian ujung belakang bodi mobil. Powertrainnya listrik, namun belum ada keterangan detail tentang kendaraan ini. Yang pasti kayaknya hanya akan diproduksi dan dijual di Jepang.

Mitsubishi Super Height K-Wagon concept

Subaru Levorg
Meskipun pabrikannya sudah tak ada lagi di Indonesia, Subaru sangat diminati konsumen dunia. Mobil berbentuk wagon ini namanya aneh, Levorg dan dipamerkan di TMS masih dalam bentuk prototype.

Tampang depan sampai pilar A mirip dengan sedan WRX. Mesin yang dipakai mesin konvensional turbo. Mesin ini sepertinya akan menjadi mesin mobil-mobil Subaru ukuran kecil yang dipasarkan di kawasan Pasifik.

Levorg dilengkapi dengan teknologi EyeSight terbaru, di mana dengan teknologi ini pengemudi bisa melepaskan tangannya dari kemudi di jalan-jalan tol di Jepang.

Subaru Levorg

Subaru WRX STI EJ20 Final Edition
Subaru sudah menggunakan mesin turbo flat-four EJ20 2.0 liter selama tiga dasawarsa terakhir dan mesin ini pertama kali dipakai oleh Subaru Legacy model tahun 1989. Kayaknya mesin mobil ini tidak akan dipakai lagi, tapi sebelum terbenam, pabrikan punya trik baru lewat STI.

Subaru WRX STI EJ20 Final Edition tampaknya akan menjadi Subaru STI terakhir yang memakai mesin kode EJ20. Velg ciri khas BBS 19 inci warna emas masih tetap dipakai dan hanya diproduksi terbatas. Bagi yang mau beli, namanya akan diundi sama seperti ketika Subaru menjual STI S208 tahun 2017, yang hanya dijual untuk pasar Jepang saja.

Subaru WRX STI EJ20 Final Edition

Suzuki Hanare concept
Suzuki menampilkan dua mobil konsep di TMS 2019. Salah satunya adalah Hanare yang artinya Cottage Terpisah, dan kalau dilihat tampangnya memang seperti itu. Pabrikan menyebutnya sebagai ruang keluarga di atas roda yang menawarkan teknologi listrik, autonomous dengan kenyamanan dan efisiensi paripurna. Tapi Suzuki tidak merilis foto-foto bagian interior mobil.

Suzuki Hanare

Suzuki Waku Spo concept
Mengadopsi desain sportscar dengan gaya retro. Gaya pintunya mengingatkan kita pada pintu mobil jaman dulu namun memiliki nilai estetika yang tinggi. Lewat Waku Spo, Suzuki tampaknya sukses mengombinasikan nilai lama dan baru namun tetap kekinian.

Coupe plug-in hybrid ini bermain di segmen A, tapi belum ada keterangan detail tentang output mesin dan lain-lain. Nah, seperti mobil konsep lainnya Waku Spo juga dilengkapi kamera pada fender dan kaca spionnya model old-school juga dilengkapi dengan kamera loh.

Suzuki Waku Spo

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

McLaren Berniat Ekspansi Besar-Besaran di Asia, Ada Apa?

WOKING, 10 Desember 2019 – Wilayah Asia dilihat memiliki potensi kuat untuk pasar mobil premium, di saat kondisi pasar di Inggris sedang lesu belakangan...

Terbaik dari 45 Peserta, Abdhi Rezandi Juara Umum Kejurnas Slalom U23

JAKARTA, 9 Desember 2019 – Putaran final Kejuaraan Nasional Slalom U23 yang digelar Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersamaan dengan Honda Brio Saturday...

Rekor Baru di Seri Final Slalom Brio Saturday Night Challenge 2019

JAKARTA, 9 Desember 2019 – Seri final kompetisi slalom Brio Saturday Night Challenge (BSNC) digelar Sabtu, 7 Desember 2019, di Kawasan Ex...

Pertamina Lubricants Mulai Pembangunan Lubricants Technology Center

JAKARTA, 9 Desember 2019 – PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang pelumas, membuat terobosan...
video

VIDEO: Review Mercedes-Benz CLA 200 AMG, Sportscar Premium Termurah

JAKARTA, 9 Desember 2019 – Di segmen premium untuk sedan sport entry-level, saat ini Mercedes-Benz CLA bisa dibilang tidak punya lawan, terutama di Indonesia...