Beranda Updates Ini Balapan Blancpain GT yang Diikuti Rio Haryanto dan David

Ini Balapan Blancpain GT yang Diikuti Rio Haryanto dan David

JAKARTA, 26 Maret 2019 – Dua pembalap kenamaan Indonesia Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro telah secara resmi mengumumkan keikutsertaannya di balapan Blancpain GT World Challenge Asia 2019 dan Asian Le Mans Series 2019/2020. Kedua balapan itu adalah jenis balapan turing yang terkenal di dunia dan diikuti oleh para pembalap kawakan professional.

Secara total mereka akan mengikuti 10 kali seri balapan di mana balapan Blancpain Asian Series terdiri dari 6 seri dan Asian Le Mans sebanyak 4 kali balapan diselenggarakan di lebih dari tujuh negara. Balapan ini merupakan balapan yang dikuti oleh mobil-mobil grand tourer dan di bawah nama Blancpain GT World Challenge yang tak hanya diselenggarakan di kawasan Asia, melainkan juga di Amerika dan Eropa.

David Tjiptobiantoro & Rio Haryanto. Foto: T2 Motorsport

Balapan yang diikuti oleh Rio dan David adalah kelas GT3 dengan mobil Ferrari 488 GT3. Mereka akan bersaing dengan para pembalap pro mancanegara yang memacu mobil McLaren 720S GT3, Audi R8 LMS GT3 Evo, Honda NSX GT3 Evo, Lamborghini Huracan GT3 Evo, Porsche 911 GT3 R dan Mercedes-AMG GT3.

Jadwal Balap
6-7 April 2019             Sepang International Circuit, Malaysia
11-12 Mei 2019          Chang International Circuit, Thailand
22-23 Juni 2019           Suzuka International Circuit, Jepang
6-7 Juli 2019                Fuji Speedway, Jepang
3-4 Agustus 2019        Korea International Circuit, Korea Selatan
27-28 Septr 2019        Shanghai International Circuit, China

Mobil
Karena kelas GT1 dan GT2 sudah dihapuskan, sekarang liga utama balapan GT adalah GT3 dan menjadi kelas yang paling digemari oleh konsumen. Sekitar 20 pabrikan mobil memproduksi dan menjua mobil GT3 di seluruh dunia. Mobil ini dibuat berdasarkan regulasi yang seragam dan dengan aturan Balance of Performance (BoP yang ketat dari SRO Motorsport Group sebagai penyelenggara. Aturan ini membuat kompetisi semakin ketat, balapan menjadi semakin menarik untuk ditonton dan mencegah biaya balapan yang mahal yang disebabkan oleh persaingan antar pabrikan.

Mobil GT3 tersebut berbasiskan pada supercar yang diproduksi oleh pabrikan dan harus dilengkapi dengan fitur-fitur untuk memenuhi persyaratan homologasi. Mobil balap ini dilengkapi dengan splitter depan yang besar, spoiler belakang, diffuser, bodinya dibuat aerodinamis, mesin diseting balap sehingga menghasilkan tenaga 600 bhp serta dilengkapi ban slick Pirelli.

David dan Rio akan membalap memakai satu mobil Ferrari 488 GT3 secara bergantian.

Sistem balapan.
Pada setiap race weekend terdiri dari dua balapan dan pada setiap balapan akan bergantian pembalap pada saat pitstop wajib. Lama balapan setiap race 1 jam.

Pembalap
Ada dua tipe  pasangan pembalap yang berkompetisi yakni kombinasi pembalap professional dan amatir dan dua pembalap professional yang peringkatnya tak lebih tinggi dari Silver sesuai dengan ketentuan FIA dan harus mendapat persetujuan dari SRO.

Perubahan regulasi
Pada tahun 2019 ini balapan dibuat semakin menarik dengan peraturan baru.Penalti pada saat pertukaran driver di pit stop berupa penambahan waktu selama 15 detik,10 detik atau 5 detik untuk juara 1,2 dan 3 pada race seblumnya untuk diberlakukan pada race berikutnya. Tujuannya untuk mencegah dominasi seseorang.

Sistem Poin
Finish ke-1       25 poin
Finish ke-2       18 poin
Finish ke-3       15 poin
Finish ke-4       12 poin
Finish ke-5       10 poin
Finish ke-6       8 poin
Finish ke-7       6 poin
Finish ke-8       4 poin
Finish ke-9       2 poin
Finish ke-10     1 poin

EKA ZULKARNAIN