Beranda Updates Ini 9 Tips Merawat Mobil yang Ditinggal Mudik

Ini 9 Tips Merawat Mobil yang Ditinggal Mudik

JAKARTA, 3 Juni 2019 – Beberapa pemudik memilih tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung di musim libur Lebaran 2019. Mereka memilih menggunakan transportasi umum dan meninggalkan kendaraan mereka di rumah.

Meski mobil Anda tidak digunakan selama mudik dan hanya dipakirkan di rumah bukan berarti tak perlu perhatian khusus. Mobil yang ditinggal berhari-hari, mungkin juga berminggu-minggu, harus diperhatikan agar tidak mengalami masalah dan siap digunakan kembali sepulang mudik. Hal yang tentunya tidak Anda inginkan bukan?

Menurut Adit Kurniawan, pemilik bengkel Kurnia di Bintaro, jika mobil ditinggalkan kurang dari 1 pekan tidak masalah. “Mobil tidak akan mengalami kendala jika hanya ditinggalkan beberapa hari saja. Semua masih bisa berfungsi normal,” kata dia. Bagaimana dengan yang lebih satu pekan atau bahkan berminggu-minggu?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Aki atau betterai

Mobil yang ditinggal kurang dari sepekan tidak akan masalah saat dinyalakan kembali. Kabel aki mobil juga tidak harus dicabut. Jika meninggalkan mobil lebih dari dua pekan atau satu bulan dan mengunakan aki kering cabut kabel aki. Jika menggunakan aki basah sebaiknya isi ulang aki agar usia aki atau ampere hour lebih stabil saat digunakan kembali.

2. Oli mesin

Jika oli mobil yang dipakai berjenis oli mineral, mesin akan terasa lebih berat saat nanti digunakan kembali. Meski hal tersebut tidak masalah. Anda yang sering meninggalkan mobil dalam waktu cukup lama sebaiknya menggunakan oli sintetis. Oh ya, pastikan juga tangki bahan bakar dalam kondisi penuh.

3. Tekanan angin ban

Yang tak kalah penting adalah perhatikan tekanan angin pada ban. Kondisi mobil yang diam dalam waktu lama akan mengurangi angin di dalam ban itu. Tak ada salahnya mengecek apakah kondisi angin ban sudah sesuai rekomendasi saat akan digunakan kembali. Usahakan juga ban berada di lantai yang datar.

4. Matikan lampu

Matikan seluruh lampu yang ada di kendaraan baik headlamp maupun lampu di dalam kabin. Hal ini untuk memastikan aki tidak tekor.

5. Rem tangan

Anda juga perlu memperhatikan rem tangan. Penggunaan rem tangan dalam waktu lama berpotensi merusak piringan cakram. Rem tangan yang dipakai dalam waktu lama dapat menimbulkan kelengketan antara minyak dengan piringan rem, apalagi jika pemilik kendaraan tidak rajin memeriksa rem kendaraan. Karena itu perhatikan kondisi minyak rem Anda apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

6. Kebersihan kaca

Sebaiknya cuci dan bersihkan bagian eksterior dan kaca mobil agar agar terhindar dari kotoran yang menyebabkan jamur. Jika memungkinkan tutup mobil dengan pelindung.

7. Kebersihan interior

Jangan melupakan bagian interior jika ruang kabin mobil kotor. Ruang kabin yang kotor akan menjadi tempat serangga bersarang dan mengganggu Anda dalam perjalanan berikutnya. Periksa seluruh kompartemen mobil, jangan sampai ada barang berharga yang ketinggalan.

8. Pilihan tempat parkir tertutup

Usahakan untuk meninggalkan kendaraan di tempat tertutup. Jangan meninggalkan kendaraan di tempat terbuka. Selain akan membuat cat mobil cepat kusam juga berpotensi sasaran kejahatan.

9. Tutup bagian terbuka

Mobil yang ditinggal lama akan membuka kesempatan binatang untuk masuk. Jika memungkinkan tutup bagian atau celah terbuka di mobil.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza