Beranda Updates IIMS 2020 Resmi Batal, Digelar Februari Tahun Depan

IIMS 2020 Resmi Batal, Digelar Februari Tahun Depan

JAKARTA, Carvaganza.com – Pameran otomotif Tanah Air mencatat hal positif dan negatif selama pancemi corona (COVID-19). Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dihelat PT Dyandra Promosindo akhirnya dipastikan batal dilangsungkan tahun ini. Hal itu terkait belum pulihnya kondisi akibat pandemik COVID-19. Sebagai gantinya, penyelenggara akan menyiapkan IIMS 2021 yang berlangsung pada 18-28 Februari.

Dyandra mengatakan mencermati dinamika pandemi COVID-19 hari demi hari, dan prediksi resmi pemerintah kapan wabah ini berakhir, Dyandra Promosindo menyatakan IIMS tidak akan berlangsung di 2020.

“Keputusan tidak terselenggaranya IIMS 2020 bukan kebijakan populis, langkah ini kami ambil untuk mengutamakan kepentingan banyak pihak utamanya dari sisi kesehatan, sekaligus mendukung keputusan pemerintah untuk memutus penyebaran virus maha dahsyat ini,” kata Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, dalam siaran pers, Jumat (15/5/2020).

Sebelumnya, IIMS 2020 dijadwalkan berlangsung 9-19 April 2020. Pameran yang berlokasi di JIExpo Kemayoran itu menjadi salah satu pemaren otomotif akbar di Indonesia. Setelah menyatakan diundur, kini IIMS 2020 dipastikan tidak dilaksanakan.

Hal berbeda diumumkan pameran lainnya GIIAS 2020. Pameran di bawah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) itu memang tak jadi dilangsungkan di waktu awal yaitu 7-17 Agustus. Namun belakangan Gaikindo memustukan tetap dilangsungkan namun mundur menjadi 22 Oktober – 1 November 2020 di Indonesia Convention Exhibtion (ICE).

Baca juga: IIMS 2020 Seharusnya Dibuka Hari Ini, Kohen: Lega dan Nyesek

IIMS 2021

Kembali ke IIMS, Dyandra mengatakan batalnya pelaksanaan tahun ini banyak pertimbangan. Salah satunya adalah fokus perusahaan otomotif tahun ini bukanlah untuk berpameran, melainkan memulihkan pasar. Kemudian, juga melakukan efisiensi perusahaan.

“Namun komitmen IIMS untuk tetap mendukung program sales dan marcom APM dan aftermarket akan tetap bergema di tahun 2020,” kata Kohen, sapaan Hendra Noor Saleh.

Menurut data Gaikindo, Januari – Maret 2020, pasar otomotif mengalami penurunan sebesar 15,6 persen (219.361 unit) bila dibandingkan periode yang sama tahun 2019 (259.963 unit). Sementara Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) juga memperkirakan terjadinya penurunan antara 25 – 30 persen untuk penjualan roda dua, khususnya pasar domestik hingga akhir tahun 2020.

Dyandra kini fokus menyiapkan IIMS 2021 dengan wajah baru, salah satunya adalah konsep determinasi ganda dan “New Normal”. “Kami optimistis, sekaligus berharap COVID-19 segera berlalu. Kami percaya bahwa industri otomotif Indonesia akan segera bangkit dan IIMS adalah jembatan dinamis untuk membangkitkan kembali kejayaan dunia otomotif Tanah Air,” tutup dia.

Baca juga: GIIAS 2020: Tetap Jalan, Belum Ada APM Otomotif yang Mundur

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Jika kehadiran generasi keenam  Toyota Corolla ditandai munculnya Bubble Economy Jepang pada 1987, kelahiran generasi ketujuh justru ditandai dengan hancurnya Bubble...

Ekspor Meningkat, Suzuki Kapalkan 5.030 Kendaraan di Juli

JAKARTA, Carvaganza – Selain penjualan, tren peningkatan ekspor produk-produk Suzuki buatan Indonesia terus berlanjut ke semester kedua 2020. Selama bulan Juli lalu, PT Suzuki...

Tambah Line-Up, MG HS Siap Diluncurkan di Indonesia Besok

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah 4 bulan sejak peluncuran mobil perdananya di Indonesia akhir Maret lalu, MG siap memperkenalkan model keduanya di Indonesia. Manufaktur Inggris...

Ioniq akan Menjadi Sub-Merek Hyundai Khusus Mobil Listrik

SEOUL, Carvaganza.com – Selama ini kita mengenal Ioniq sebagai nama salah satu model mobil listrik lansiran Hyundai. Ke depannya, Hyundai akan menggunakan nama Ioniq...

Bayar Rp 3 Juta, Bisa Belajar Drifting Tanpa Punya Mobilnya

JAKARTA, Carvaganza – Kalau menyaksikan film yang berkaitan dengan mobil, atau setidaknya film action, kita sering melihat mobil yang melakukan drifting ketika di tikungan....