Beranda Updates IIMS 2020 Seharusnya Dibuka Hari Ini, Kohen: Lega dan Nyesek

IIMS 2020 Seharusnya Dibuka Hari Ini, Kohen: Lega dan Nyesek

JAKARTA, Carvaganza.comPameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 sedianya dibuka hari ini, Kamis (9/4/2020). Ajang yang diinisiasi Dyandra Promosindo itu tadinya dijadwalkan berlangsung 9-19 April 2020 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Namun mewabahnya virus COVID-19 membuat hajatan ini urung dilakukan.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo mengatakan tak jadinya IIMS 2020 membuat perasaannya campur aduk. “Ada perasaan lega dan nyesek. Lega karena keputusan untuk postponed tanpa ada tekanan pihak manapun ternyata adalah keputusan terbaik. Pandemi COVID-19 ternyata sangat panjang dan menakutkan semua orang,” kata dia ketika siang ini.

Meski demikian pria yang akrab disapa Kohen ini mengaku sedih karena banyak pihak yang terlibat di IIMS 2020. “Tapi ada rasa sesak, karena kita sama-sama tahu, dampak COVID-19 merontokkan sendi-sendi bisnis otomotif dan semua sektor lainnya. Hajat hidup orang banyak jadi terganggu,” tambah dia.

Menurut Kohen seberapapun kecilnya kontribusi Dyandra, peran dan porsi IIMS dengan segala macam network dan trickle down effect tidak bisa berjalan di tahun 2020. Padahal di ajang tahunan itu melibatkan salesman, SPG, pekerja pabrik otomotif, kontraktor pameran, komunitas otomotif, pemain aftermarket dan rantai bisnis lainnya otomatis tersendat dan bahkan tidak berjalan. “Sedih rasanya harus membayangkan dampaknya,” kata dia.

Baca juga: Gara-Gara Virus Corona, IIMS 2020 Terpaksa Ditunda

Persiapan Sudah 95%

Dyandra memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan IIMS sekitar 3 minggu menjelang dibuka. Padahal persiapan pameran sudah mencapai 95% dan tinggal persiapan teknis akhir. Kohen mengatakan sejumlah APM (Agen Pemegang Merek) dan brand baru hadir, baik mobil maupun motor.

“Antusiasme industri aftermarket dan aksesoris meningkat tajam. Kalo dipresentasikan, sekitar 120% dibanding IIMS 2019. Acara yang kami siapkan super-gahar, ada Infinite Live (konser musik), parade mobil listrik, kehadiran transportasi maritim yang lebih solid, kompetisi 5 asosiasi audio, dan enggagement pengunjung yang belum pernah ada di Indonesia,” kata Kohen.

Sebelumnya IIMS 2020 akan diikuti lebih dari 20 brand. Di segmen roda empat ada nama BMW, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, MINI, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, Wuling dan Brand X yang diprediksi milik Daihatsu. Lalu untuk kategori sepeda motor, nama-nama seperti Honda (AHM), Kawasaki, Kymco, Royal Enfield, Viar dan Benelli kembali jadi pengisi tetap. Selain itu terdapat peserta baru yaitu Yamaha dan Electro (sepeda motor listrik).

Baca juga: Penjualan Anjlok Dihantam COVID-19, Toyota Siapkan 4 Model Baru

Potensi Diundur

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan IIMS 2020 diundur pelaksanaannya, Kohen mengatakan masih melihat situasi dan kondisi dampak COVID-19. Ia mengakui jika perhitungan rugi laba dalam situasi sekarang ada, meski tak jadi perhatian pertama pihaknya. Keselamatan dan kesehatan para stakeholders dan pengunjung IIMS, kata dia, jadi nomor satu dan utama.

Ia mengatakan takkan memaksakan pelaksanaan IIMS di tahun ini. “Artinya kami bersiap dengan kondisi terpahit, tahun 2020 tanpa IIMS,” kata dia. “Sebagai pelaksana pameran yg sudah berusia 26 tahun, insya Allah kami cukup matang menghadapi ujian berat.”

Kohen berharap badai COVID-19 ini segera berlalu. Banyak orang menggantungkan periuk nasi dari industri otomotif. “Kami juga berharap pemerintah mengulurkan tangan membantu industri otomotif yang pasti menderita di titik paling nadir. Please jangan menganggap industri otomotif dengan label mewah. Jutaan orang kecil bekerja dan mendapatkan nafkah dari sektor otomotif,” tutup dia.

Baca juga: Dampak COVID-19 Meluas, Toyota dan Daihatsu Stop Sementara Produksi

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Volkswagen ID.4 Meluncur, SUV Listrik Perdana Kaya Teknologi

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Volkswagen resmi memperkenalkan model SUV full elektric pertamanya yang bernama Volkswagen (VW) ID.4. Line up mobil listrik VW pun kini semakin...

Hyundai World Premiere Sportscar Listrik RM20e di Auto China Show 2020

BEIJING, Carvaganza.com – Pabrikan Beijing Hyundai Motor Company memanfaatkan pameran Beijing International Automotive Exhibition 2020 untuk membagikan visi elektrifikasi di masa depan. Sebagai bagian...

Cina Sudah Normal lagi, Gelar Pameran Otomotif Di Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Kehidupan di Cina sepertinya sudah normal kembali sejak dihantam pandemic COVID-19. Yang terbaru adalah untuk pertama kalinya digelar pameran otomotif di...

Honda CR-V PHEV Telah Meluncur di Cina, Ini Kelebihannya

BEIJING, Carvaganza.com – Honda CR-V Plug-in Hybrid (CR-V PHEV) telah mendebut global di Beijing International Automotive Exhibition 2020 di kota Beijing, China. Pembukaan selubung...

Harga Rp 829 Juta, Ini Kelebihan New Mercedes Benz GLB

JAKARTA, carvaganza.com – Peluncuran New Mercedes-Benz GLB dilakukan bersamaan dengan GLA 200 Progressive Line. Kedua model ini bermain di segmen yang sama yakni SUV/Crossover...