Beranda Updates Hyundai Rebut Kemenangan WRC Monte Carlo 2020 dari Toyota

Hyundai Rebut Kemenangan WRC Monte Carlo 2020 dari Toyota

MONTE CARLO, Carvaganza.com – Hyundai berhasil mengawali musim baru World Rally Championship (WRC) 2020 lewat kemenangan di seri Monte Carlo, melalui Thierry Neuville. Kemenangan diraih dengan menaklukkan duo pereli baru tim Toyota yang sempat menguasai posisi terdepan.

Neuville, runner up klasemen pereli tahun lalu, meraih kemenangan Rallye Monte Carlo 2020 setelah mengambil alih pimpinan pada hari terakhir, Minggu (26/1/2020) kemarin. Sebelumnya, dua posisi teratas dikuasai oleh Toyota melalui Elfyn Evans dan Sebastien Ogier.

Dari 16 stage yang dilombakan, Neuville medominasi kemenangan stage pada hari Sabtu dan Minggu. Dengan dua stage tersisa di hari Minggu, Neuville merebut posisi pertama, untuk kemudian unggul di Power Stage dan memenangkan reli keseluruhan.

Kemenangan perdana Hyundai di Monte Carlo diraih Neuville dengan unggul 12,6 detik di depan Evans, serta 14,3 detik dari Ogier sebagai mantan juara dunia enam kali. Pemilihan ban pada kondisi cuaca yang dingin di akhir reli menentukan perubahan posisi di depan antara Hyundai dan Toyota.

Kejutan datang dari rising star baru Finlandia, Teemu Sunninen, yang berhasil memimpin sementara Power Stage. Pereli dengan mobil M-Sport Ford Fiesta memimpin sebelum akhirnya dikalahkan Neuville, dan meraih finish ke-8 secara keseluruhan.

Keunggulan dan kecepatan Neuville di seri pembuka ini gagal disamai oleh para rekan setimnya, seperti Sebastien Loeb. Pereli ‘part time’ untuk Hyundai itu gagal menembus tiga besar sepanjang akhir pekan, serta sempat melintir di stage akhir.

https://www.instagram.com/p/B7tqmGfI1or/?utm_source=ig_web_copy_link

Begitu juga dengan juara dunia bertahan yang bergabung ke Hyundai, Ott Tanak, harus tersingkir sejak awal reli berlangsung. Kesalahan kecil pada stage 4 saat melaju 170 km/jam mengakibatkan Tanak keluar lintasan, membuat mobilnya terlempar dan terguling hingga rusak parah.

Beruntung Tanak dan co-driver Martin Jarveoja tidak mengalamai cedera sedikitpun, meski harus dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Kerusakan parah pada mobil i20 WRC memaksa Tanak dan Jarveoja harus sudahi perjuangannya di Monte Carlo.

Hyundai Pimpin Klasemen

Dengan hasil seri pertama ini, Hyundai kini memimpin klasemen sementara, baik untuk konstruktor maupun pereli. Neuville kini memimpin klasemen pereli sementara dengan total 30 poin dari seri pertama.

25 poin untuk kemenangan seri keseluruhan, serta 5 poin tambahan untuk Neuville berkat kemenangannya di power stage. Posisi kedua dihuni oleh Ogier yang selisih 8 poin dari Neuville, alias 22 poin.

Seperti posisi finish, Evans menempati posisi kedua klasemen saat ini dengan raihan 17 poin. Klasemen yang sama berlaku untuk masing-masing co-driver atau navigator, dengan jumlah poin sama.

Untuk klasemen konstruktor, Hyundai berhasil memimpin dengan 35 poin meski para perelinya gagal mencapai tiga besar kecuali Neuville, Hyundai unggul 2 poin dari Toyota di posisi kedua, diikuti dengan M-Sport Ford di posisi ketiga dengan 20 poin.

Seri berikutnya, WRC akan digelar di Swedia pada tanggal 13-16 Februari 2020, yang memberi tantangan medan salju untuk para pereli terbaik di dunia.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...

Supercar BAC Mono Bakal Dijual TDA Luxury Toys, Harga Hampir Rp 3 Miliar

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 boleh jadi masih mewabah di Tanah Air. Namun industri otomotif terus bergerak. Seperti halnya TDA Luxury Toys yang akan...

Eksklusif dengan Atap Terbuka, MINI Cabrio Sidewalk Edition Meluncur

JAKARTA, Carvaganza.com – Tidak bosannya MINI Indonesia merilis rangkaian model edisi terbatas sepanjang tahun ini. Di penghujung bulan September 2020, MINI kembali merilis model...