Hummer EV Edition 1 Resmi Dijual, Monster Offroad 1.000 Hp Pertama Bertenaga Listrik

General Motors (GM) masih ada. Ya di Indonesia memang salah satu anak perusahaanya, Chevrolet telah lama hengkang. Tapi di dunia nama GM tak bisa dianggap remeh. Buktinya pada 20 Oktober 2020, General Motors Truck Company (GMC) mengeluarkan produk terbarunya, Hummer EV Edition 1.

Kalau sekilas dilihat, mobil ini seperti mobil konsep. Desain futuristis dan penggerak elektrik yang biasanya hanya jadi angan belaka. Tapi tidak bagi GM, Hummer EV sudah resmi dijual. Hebatnya walaupun sekarang bertenaga listrik, karya produsen mobil militer Tentara Amerika Serikat ini tak kehilangan kemampuan offroad sejatinya.



“Tujuan kami hanya satu, menciptakan mobil yang paling dapat diandalkan,” ujar Al Oppenheiser, kepala desainer Hummer EV melalui keterangan persnya (20/10). “Mobil ini benar-benar monster offroad unik bersistem penggerak e4WD yang menyedikan kemampuan bermanuver tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Percaya atau tidak, Hummer EV dilengkapi fitur 4 Wheel Steer dengan CrabWalk. Fitur ini memungkinkan roda depan berbelok dengan sudut yang sama dengan roda depan saat melaju di kecepatan rendah. Fitur ini memungkinkan pengemudinya bermanuver keluar dari medan offroad menantang secara diagonal.



Adaptive Air Suspension memungkinkan Hummer EV meningkatkan ketinggian kendaraan sebanyak 6 inci atau 149 mm saat melewati genangan. Ban 35-inci Goodyear Wrangler Territory MT memberikan fleksibilitas optimal. Mobil ini dapat menyelam sedalam 60 cm. Bagian kolong kendaraan juga dilapisi pelindungi baja. Ini penting karena di bagian lantai kendaraan tertanam baterai yang menyimpan tenaga listrik.

Bagian bawah bodi Hummer EV juga dilengkapi kamera di sekeliling bagian kolong kendaraan yang gambarnya diproyeksikan secara live untuk pengamatan virtual. Fitur UltraVision inipun dilengkapi pelindung dan fungsi untuk membersihkan kamera sehingga tangkapan gambarnya selalu jelas. Ada 18 mode tampilan kamera yang bisa mengungkap kondisi area di sekitar kendaraan.



Informasi berkendara juga ditampilkan secara lengkap. Mulai dari status permukaan jalan yang sedang dilewati, posisi differential locker, tekanan ban, pitch and roll angles, drift gauges, friction circle sampai torque vectoring dan masih banyak lagi.

Performa Monster Listrik Buas Tapi Efisien

Menggunakan tenaga listrik, lantas bagaimana performanya di medan offroad ekstrim yang sulit. Tersedia tiga motor elektris yang menghasilkan tenaga setara 1.000 hp dengan torsi puncak 15.500 Nm. Catatan yang tidak main-main bukan?



Tak perlu khawatir energi listriknya boros. Karena GMC mengklaim mobil ini memiliki jarak tempuh sejauh lebih dari 560 km sampai energi baterainya habis. Itupun kalau habis, GM berhasil menciptakan inovasi teknologi pertama di industri otomotif untuk pengisian daya baterai.

Secara mekanis baterai yang dirangkai secara palalel dapat diubah menjadi seri saat menisi data. Hasilnya, pengisian menggunakan jaringan pengisian daya cepat 350 kW DC, Hummer EV cukup mengisi daya 10 menit saja untuk dipakai menempuh 160 km. Dua puluh empat modul baterai Ultium sistem propulsi yang dirangkai ganda menghasilkan perpaduan pas antara tenaga dan jarak tempuh.



Terakhir, mobil ini juga datang menawarkan kemudahan berkendara. Tersedia fitur Super Cruise. Fitur cruise control ini sudah semi otonom. Hummer EV mampu mengoreksi arah laju kendaraan dan bahkan mendahului kendaraan di depan dengan sempurna. Truk ringan bertenaga listrik ini dijual mulai harga US79.995 atau sekitar Rp 1,1 miliar kalau dikurskan ke Rupiah. Sayang kuota pemesanan Hummer EV Edition 1 sampai akhir tahun ini sudah penuh.
RIZKI SATRIA



Sumber: GMC

Baca juga: Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Bagian-1)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda