Haas F1 Rilis Mobil Balap Mick Schumacher untuk Musim 2021, Langsung Disamber Kontroversi

BANBURY, Carvaganza – Tim Uralkali Haas F1  akhirnya merilis mobil barunya VF-21 untuk melaju di Formula 1 musim 2021. Desain baru pada mobil Haas tampak kontras dari model sebelumnya yang didominasi warna gelap. Kini tampangnya jauh lebih cerah dengan corak merah putih biru, senada dengan bendera Rusia. Beberapa sponsor baru juga tampak menghiasi eksterior VF-21, salah satunya Uralkali, perusahaan kalium asal Rusia yang dimiliki oleh Dmitri Mazepin, ayah dari pembalap Haas Nikita Mazepin. 

Haas optimis tahun ini timnya akan mengambil poin yang cukup untuk membawanya ke posisi aman. Apalagi Haas kini diperkuat oleh dua pembalap muda berbakat Nikita Mazepin dan Mick Schumacher yang merupakan juara F2 musim lalu. Sementara Haas juga diketahui melakukan banyak peningkatan pada sumber mesin yang disokong oleh Ferrari. 

Uralkali Haas juga yakin hasil pengembangannya ini memberikan output yang positifi. Bahkan diketahui, Haas sudah memiliki divisi khusus di pusat pengembangan Ferrari di Maranello.

Haas VF 21 F1 2021

“Saya sangat senang menyambut Uralkali di Formula 1 sebagai partner utama untuk Haas F1 Team, semoga tim dan sponsor dapat melakukan yang terbaik pada musim 2021 ini. Namun fokus kami adalah mencetak beberapa poin kali ini dan menghasilkan kemenangan,” kata Gene Haas, Team Owner & Chairman HAAS.

Namun setelah momen peluncuran terdapat polemik baru mengenai corak pada liverynya yang diketahui merupakan bendera Rusia. Mengingat Badan Anti-Doping Dunia (WADA) Rusia tengah menjalani skors terkait skandal dopping sehingga para atletnya dilarang untuk menggunakan bendera Rusia saat berlaga di kompetisi dunia. 

Sejumlah asumsi pun tersiar hingga soal bahwa Haas akan mengganti Liverynya setelah kabar pelarangan berhembus. Namun, tim Haas angkat bicara, pihaknya mengklaim bahwa desain ini dibuat jauh sebelum ada pelarangan dari WADA dan ini bukan sebuah bendera melainkan corak warna yang kebetulan mirip dengan bendera Rusia.

Haas VF 21 F1 2021

Kami tidak mengelak tentang polemik ini, namun desain ini telah dibuat pada tahun lalu sebelum larangan dari WADA tentang bendera diumumkan. Sayangnya ini bukan bendera melainkan sebuah corak warna yang mirip dengan bendera Rusia. Dan harus diingat Haas merupakan tim Amerika bukan Rusia,” kata Gunther Steiner. 

Hingga saat ini tim Uralkali Haas merupakan tim kedelapan yang resmi merilis mobil terbarunya pada persiapan pramusim minggu depan di Bahrain. Selanjutnya tim Williams dan Ferrari yang kabarnya akan segera merilis jet darat terbarunya untuk musim ini. Tes pra musim sendiri akan dimulai pada 12-14 Maret mendatang sebelum Grand Prix pertama dimulai pada 28 Maret 2021 di Bahrain.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda