Ganti Baju, Ini Tunggangan Baru Vettel Bersama Aston Martin F1 2021

SILVERSTONE, Carvaganza – Nama Aston martin sebagai pabrikan telah resmi kembali ke Formula 1 dan ditandai dengan diluncurkannya mobil Aston Martin AMR21. Mobil ini yang akan dikendarai oleh Sebastian Vettel pada fase baru karir balapnya di F1. Warna hijau khas mobil balap Inggris dipakai oleh tim Aston Martin.

Tim yang bermarkas di Silverstone, Inggris ini berganti identitas dari Racing Point setelah tahun lalu diakuisisi oleh Lawrence Stroll yang juga memiliki saham Aston Martin. Kini, Aston Martin telah kembali ke F1 setelah absen selama 61 tahun. Selain Vettel, AMR21 juga akan digunakan oleh Lance Stroll pembalap muda berbakat yang juga anak dari Lawrence.

Peluincuran mobil pada hari Rabu (3/3/2021) lalu itu juga menjadi penampilan perdana Vettel berseragam hijau, setelah enam tahun membela Ferrari. Bersama Aston Martin, Vettel ingin memulai awal yang baru, menerima proyek jangka panjang yang berhasil menarik minatnya. Apalagi berbekal basis chassis Racing Point RP20 yang adalah ‘fotokopi’ Mercedes 2019, mobil AMR21 punya bekal yang kompetitif seperti ditunjukkan tahun lalu.

Aston Martin AMR21 F1

Disampaikan oleh pimpinan tim Aston Martin, Otmar Szafnauer, target untuk tahun ini adalah melanjutkan performa apik pada akhir musim lalu. Selain itu, konsistensi performa juga menjadi hal yang ingin dicapai di tahun pertama Aston Martin. Tahun lalu, Racing Point berhasil memetik satu kemenangan balapan di seri Sakhir, melalui Sergio Perez.

Sementara Andy Green sebagai technical director, menargetkan pengembangan mobil AMR21 untuk bisa mendapatkan kembali downforce yang hilang akibat penyesuaian regulasi. Untuk musim 2021, perubahan regulasi diterapkan untuk mengurangi tingkat downforce dengan mengurangi area lantai mobil. Defisit dari bagian itulah yang ingin didapatkan lagi oleh tim dengan mengembangkan komponen aerodiamika lainnya.

Rangkaian sesi acara peluncuran turut diramaikan oleh sejumlah selebritas dunia seperti Tom Brady, bahkan Daniel Craig dan Gemma Arterton yang pernah diduetkan pada salah satu sekuel James Bond. Vettel bahkan mengaku tidak sabar menunggu untuk bisa memacu AMR21 sesegera mungkin.

Aston Martin AMR21 F1

“Tentu kami telah melalui banyak sekali detail, detail teknis – apa saja perbedaannya, apa saja tantangannya?” kata Vettel, juara dunia empat kali.

“Tapi kami belum mengendarai mobilnya jadi saya sangat menantikan besok saat kami akan berada di mobil untuk pertama kalinya dan tentu pekan-pekan setelahnya saat musim akhirnya dimulai, jadi mungkin lebih baik tanyakan setelah kami sudah di mobil, tapi menurut saya saat ini mobil tampak luar biasa.”

Dengan antusiasme dan optimisme yang sama, Stroll yang akan menjadi pembalap ‘senior’ di tim mengungkapkan targetnya. Untuk tahun ini, Stroll ingin berkontribusi dalam membawa tim meraih posisi tiga besar di klasemen konstruktor. Tahun lalu, Racing Point merampungkan musim meraih posisi keempat klasemen konstruktor, dikalahkan oleh McLaren.

Bergantinya identitas tim Aston Martin sekaligus mengungkap target jangka panjangnya di F1. Dalam lima tahun ke depan, diharapkan Aston Martin bisa bertarung dan meraih gelar juara dunia konstruktor di F1. Perubahan besar pada regulasi tahun 2022 diharapkan Aston Martin bisa memberikan momentum bagus dalam mencpai target tersebut.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Formula 1, Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda