Beranda Updates Ganjil-Genap dan Razia Ditiadakan Sampai 19 April 2020

Ganjil-Genap dan Razia Ditiadakan Sampai 19 April 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait wabah virus corona (COVID-19) diterapkan pemerintah DKI Jakarta mulai 10 April kemarin. Aturan yang berlaku selama 2 pekan ini membuat banyak kegiatan warga terganggu termasuk mobilitas. Sebagai informasi, di saat yang sama sistem pembatasan kendaraan bermotor dengan ganjil genap di Jakarta ditiadakan hingga 19 April 2020.

Semula aturan ini hanya diberlakukan sejak 15 Maret kemudian diperpanjang dua kali. “Sistem pembatasan kendaraan bermotor dengan ganjil genap yang semula ditiadakan sampai dengan 5 April 2020, akan diperpanjang sampai 19 April 2020,” kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar dikutip dari liputan6.

Polisi akan mengevaluasi kembali kebijakan ganjil-genap ini setelah 19 April. Perkembangan situasi dan kondisi di tengah pandemi COVID-19 menjadi pertimbangan polisi. “Setelah tanggal 19 April nanti akan kita evaluasi kembali dengan melihat perkembangan situasi terkait Covid-19 ini,” tuturnya.

Walupun sistem itu ditiadakan sementara, ia tetap mengimbau agar pengendara mematuhi aturan. Menurutnya, dengan ditiadakannya sistem itu berimbas berkurangnya arus lalu lintas karena bersamaan dengan kebijakan libur anak sekolah.

Razia dan Tilang

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, selain meniadakan ganjil-genap, ia juga memerintahkan jajarannya untuk tidak melakukan razia dan tilang. Namun, pelanggaran lalu lintas yang sifatnya berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas tetap akan ditindak. “Itu pun dengan memaksimalkan tilang e-TLE,” kata Sambodo.

Sambodo mengatakan, hal ini dilakukan rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan protokol COVID-19 untuk melakukan social distancing. Meski sebagian besar penduduk menerapkan work from home (WFH) selama masa tanggap darurat bencana virus Corona.

Meski demikian, pelayanan seperti permohonan SIM baru dan perpanjangan tetap dibuka. Begitu juga pelayanan Samsar tetap beroperasi.

Soal Angkutan Umum

Sebelumnya, peniadaan kebijakan ganjil genap selama dua pekan sudah berlaku sejak Senin 15 Maret 2020 lalu. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemudian memperpanjang masa peniadaan ganjil genap karena Jakarta sudah masuk dalam status tanggap darurat. Kalaupun harus beraktifitas diminta menggunakan kendaraan pribadi.

“Kita menghapuskan dan mencabut kebijakan ganjil genap di seluruh kawasan Jakarta sehingga masyarakat bisa memilih moda transportasi yang minim menularkan (COVID-19). Kita cabut sementara serta akan kembali diberlakukan ketika kondisi sudah dalam kontrol kita,” kata Anies.

Walaupun demikian, Pemprov DKI Jakarta juga meminta masyarakat untuk tidak menggunakan transportasi umum dan menganjurkan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi saat COVID-19. Masyarakat tetap dapat menggunakan transportasi umum yang tersedia, namun diharapkan tetap meningkatkan kewaspadaan.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...

Pemilik Jeep Wrangler Yang Nyangkut Di Bibir Jurang Buka Suara

CALIFORNIA, carvaganza.com – Masih ingat kan empat hari lalu Carvaganza menurunkan tulisan soal Jeep Wrangler nyangkut di bibir jurang di trek motor trail? Kejadiannya...

CSR Mitsubishi, Buka Perpustakaan dan Balai Pertemuan di Ternate

Ternate, Carvaganza - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengadakan seremoni pembukaan perpustakaan dan balai pertemuan anak di Ternate, Maluku Utara. Bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat...