Beranda Updates F1: Hamilton Rebut Pole GP Hongaria 2020, Mercedes Dominasi 1-2

F1: Hamilton Rebut Pole GP Hongaria 2020, Mercedes Dominasi 1-2

BUDAPEST, Carvaganza.com – Mercedes Kembali menguasai sesi kualifikasi Formula 1 musim ini. Untuk kali ketiga berturut-turut, pole position menjadi milik Mercedes, bahkan dua posisi terdepan. Pada seri F1 Grand Prix Hongaria 2020, Lewis Hamilton merebut pole position di depan Valtteri Bottas. Sejumlah hal menarik mewarnai jalannya kualifikasi hari Sabtu (18/7/2020).

Melanjutkan momentum baik sejak tes pra musim dan dua seri pembuka di Austria, Mercedes tidak terbendung tampil tercepat di kualifikasi. Hamilton mencatat waktu terbaik 1:13,447 menit mengitati Hungaroring, sirkuit di dekat ibukota Budapest. Pole diraih Hamilton dengan unggul 0,107 detik di depan Bottas, rekan setimnya.

Kualifikasi Terbaik Racing Point, Ferrari & Williams

Hungaroring yang memiliki karakter berliku dan pelan ini menyajikan sejumlah kejutan, termasuk di posisi sepuluh besar. Kualifikasi kali ini menjadi yang terbaik untuk tim Racing Point, yang berhasil mengunci baris kedua posisi start.

Lance Stroll berhasil unggul dari Sergio Perez untuk meraih posisi ketiga. Dengan menempatkan kedua mobil di posisi empat besar, ini menjadi pencapaian terbaik Racing Point di F1. Bahkan sejak tim masih bernama Force India. Hasil ini semakin menegaskan performa apik mobil RP02 yang dijuluki sebagai “Pink Mercedes”.

Selain Racing Point, kualifikasi kali ini juga menjadi yang terbaik untuk Ferrari. Dengan Sebastian Vettel di posisi kelima dan Charles Leclerc keenam, merupakan hasil terbaik yang dicatat Ferrari pada musim 2020. Ini juga pertama kalinya musim ini kedua pembalap Ferrari berhasil lolos ke Q3, berada di posisi sepuluh besar.

Satu tim yang juga patut bergembira pada hasil kualifikasi adalah Williams. Setelah konsisten menghuni posisi terbelakang sejak tahun 2019, Williams justru berhasil mengantarkan kedua mobilnya ke sesi Q2. George Russel kembali tampil kencang meraih posisi ke-12, disusul Nicholas Latifi yang akan start dari posisi ke-15.

Russell dan Latifi yang baru saja dipastikan akan bertahan di Williams tahun depan, mecnetak hasil kualifikasi terbaik tim sejak 2018. Ini menjadi kali pertama dua mobil Williams lolos ke Q2, sejak seri Italia 2018.

Red Bull Kesulitan

Sempat difavoritkan akan unggul dengan karakteristik handling dan aerodinamikanya di Hungaroring, Red Bull justru gagal bersinar. Hasil terbaik ditunjukkan oleh Max Verstappen yang harus puas sudahi kualifikasi di posisi ketujuh.

Sepanjang sesi Q3, Verstappen mengeluhkan performa mesin Honda yang tidak maksimal dan sulit digeber. Setelah percobaan pertamanya di Q3, Verstappen bahkan sudah merasa tidak yakin akan bisa memperbaiki posisi. Namun meski begitu, Verstappen masih unggul di depan duo McLaren, Lando Norris dan Carlos Sainz.

Sementara Alex Albon, bahkan harus menelam pil pahit gagal lolos dari sesi Q2. Salah pemilihan waktu masuk ke lintasan oleh tim membuat Albon sempat terhalang mobil lain saat hot lap. Keputusan tersebut dikeluhkan Albon begitu dirinya begitu mengetahui hanya meraih posisi ke-13.

Tim kedua Red Bull juga mengalami kesulitan. Di saat Pierre Gasly berhasil mengamankan posisi ke-10, situasi sebaliknya justru dialami Daniil Kvyat. Pembalap asal Rusia itu menjadi satu-satunya selain dri Haas dan Alfa Romeo yang gugur di sesi Q1. Kvyat akan memulai balapan dari posisi ke-17.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...
video

VIDEO: Duel Maut McLaren 720S Spider Versus Porsche Taycan Turbo S

LONDON, Carvaganza.com - McLaren 720S lawan Porsche Taycan di lintasan drag? Ini duel yang seru. Dan mungkin banyak yang underestimate Taycan karena bentuknya. Taycan...