Beranda Updates F1: Duel Red Bull Beri Kemenangan Pertama Hamilton dan Mercedes

F1: Duel Red Bull Beri Kemenangan Pertama Hamilton dan Mercedes

BAKU, 30 April 2018 – Seri keempat Formula 1 2018, Azerbaijan Grand Prix, di luar dugaan dimenangkan oleh Lewis Hamilton yang berhasil bertahan dan memanfaatkan rangakain drama sepanjang balapan. Di sisi lain, duo Red Bull menjadi pusat perhatian atas duel sengit keduanya.

Balapan pada hari Minggu (29/4/2018) di sirkuit jalan raya Baku itu dipimpin oleh Sebastian Vettel dari pole position. Belum sampai satu lap, terjadi dua insiden tabrakan di tikungan 2 dan 3, masing-masing antara Sergey Sirotkin dan Serio Perez di tikungan 2, lalu Kimi Raikkonen dan Esteban Ocon di tikungan 3.

Baik Sirotkin dan Ocon mengalami kerusakan pada mobilnya akibat tabrakannya masing-masing, memaksa mereka meninggalkan balapan saat itu juga. Raikkonen harus mengganti sayap depannya, sementara safey car harus masuk ke sirkuit untuk menetralisir trek dari serpihan mobil yang bertabrakan.

Setelah beberapa lap di lintasan, periode safety car akhirnya usai di lap 6, dan Vettel berhasil tetap memimpin di depan Hamilton dan Valtteri Bottas. Di belakangnya, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen mulai berduel memperebutkan posisi keempat, yang tarjadi hingga lewati separuh balapan sepanjang 51 lap.

Vettel sukses memimpin dan menciptakan jarak hingga 8 detik dari Hamilton yang tampak kesulitan temukan grip terbaik di Baku. Hamilton masuk pit pertama, yang kemudian diikuti oleh Vettel beberapa lap berikutnya.

Bottas menunjukkan tanda-tanda akan meraih kemenangan saat berhasil dengan tenangnya menjaga ban, bahkan masih sanggup mencetak fastest lap setelah lap 33, dengan ban supersoft yang dipakai sejak start. Bottas semakin pasti untuk merebut kemenangan menyusul tabrakan antara Ricciardo dan Verstappen di lap 40, berbuah safety car kembali masuk lintasan.

https://twitter.com/F1/status/990635790660263936

Mercedes langsung panggil Bottas untuk pitstop saat itu juga untuk berganti ban ke ultrasoft, yang lalu diikuti oleh sebagian besar pembalap lain termasuk Vettel. Bottas pun berhasil pertahankan posisinya di depan Vettel saat keluar pit.

Di tengah periode safety car, kejadian aneh dialami Romain Grosjean yang mendadak melintir dan menabrak tembok saat berusaha memanaskan bannya. Safety car pun harus lebih lama berada di sirkuit.

Balapan restart di lap 48 dipimpin oleh Bottas, yang langsung diserang oleh Vettel saat pengereman menuju tikungan 1. Vettel mengunci ban depannya dan gagal menyalip, lalu kehilangan dua posisi disalip oleh Hamilton dan Raikkonen.

Pada lap berikutnya, keberuntungan Bottas berakhir karena melindas serpihan di trek yang membuat ban belakangnya pecah, memaksanya mundur dari balapan. Hamilton ambil alih posisi pertama dan menuju kemenangan pertamanya dan Mercedes musim ini.

Hamilton finish 2,460 detik di depan Raikkonen, sementara Perez mempersembahkan podium untuk Force India dengan finish ketiga setelah menyalip Vettel. Rookie dari tim Alfa Romeo Sauber, Charles Leclerc, tanpa diduga berhasil finish keenam, memaksimalkan berbagai insiden yang terjadi.

Posisi puncak klasemen pembalap sementara dipimpin oleh Hamilton dengan 70 poin, menyalip Vettel dengan jarak 4 poin, sementara Raikkonen naik ke posisi ketiga dengan 48 poin. Ferrari merebut kembali pimpinan klasemen konstruktor dengan 114 poin, unggul 4 poin dari Mercedes.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...