Beranda Interview EXCLUSIVE INTERVIEW: Jon Simms Buka-Bukaan Seputar Rolls-Royce Ghost Terbaru (BAGIAN 1)

EXCLUSIVE INTERVIEW: Jon Simms Buka-Bukaan Seputar Rolls-Royce Ghost Terbaru (BAGIAN 1)

Jonathan Simms

JAKARTA, Carvaganza.com –  Rolls-Royce telah meluncurkan New Ghost kepada publik. Peluncuran itu dilakukan digital lewat channel Youtube Rolls-Royce Motor Cars dan website resmi www.rolls-roycemotorcars.com. Publisher dan Group Editor-in-Chief Oto Media Group Munawar Chalil diundang secara khusus untuk menonton peluncuran itu melalui layar lebar di Hotel Four Seasons Jakarta,

Sehari setelah itu, Oto Media Group mendapat kesempatan istimewa mewawancarai New Ghost Engineering Lead, Jonathan Simms. Wawancara dilakukan secara virtual, di mana penulis ada di Jakarta, sedangkan Jon ada di fasilitas pabrik Rolls-Royce di Goodwood, Inggris.

Kami berbincang banyak tentang RR Ghost teranyar ini, dari mulai Planar Suspension Sistem, Architecture of Luxury dan bahkan soal Post-Oppulence yang dipopulerkan oleh pabrikan Inggris ini. Hasil wawancara kami bagi ke dalam dua bagian.

Baca juga: Rolls-Royce Ghost Terbaru Pamer Wujud, Tercanggih dari Seluruh Line-Up

Jon adalah Project Leader untuk New Ghost di Rolls-Royce Motor Cars. Ia bertugas mengurus semua hal fungsional di dalam tim untuk peluncuran kendaraan super mewah ini. Ia adalah automotive enthusiast baik mobil dan motor. Dari yang modern sampai klasik.

Pada saat di wawancara, Jon sedang berada di sebuah ruang kerja tepat di mana timnya mempersiapkan mobil dari yang sangat awal dari sebuah langkah pengembangan. Di belakangnya terdapat

test car yang sudah dilengkapi dengan mobil terbuat dari material solid alumunium. Kendaraan ini sudah memiliki geometri yang sangat sempurna. Dengan model prototype ini, mobil akang dibangun secara lengkap.

Baca juga: Rolls-Royce Temukan Inovasi Baru Untuk Ghost, Illuminated Fascia

Berapa lama Anda menguji-coba mobil Rolls-Royce New Ghost yang sudah finish jadi sebelum diluncurkan ke public kemarin?

Prosesnya secara keseluruhan sampai selesai itu memakan waktu selama sekitar lima tahun. Saya bilang sekitar lima tahun karena New Ghost ini basis pengembangannya berdasarkan Architecture of Luxury pabrikan. Yang artinya beberapa hal penting di dalam pengembangan mobil sudah kami kembangkan jauh lebih lama sebelum itu.

Jadi proses ini saling berkesinambungan. Dan seperti Anda ketahui, kami kemarin baru melaunching New Ghost,  mulai sekarang kami membuat mobil klien yang pertama.

Baca juga: EXCLUSIVE INTERVIEW Dengan Dua Desainer Rolls-Royce Wraith Kryptos Rp 15 M (Bagian 1)

Baca juga: EXCLUSIVE INTERVIEW Dengan Dua Desainer Rolls-Royce Wraith Kryptos Seharga Rp 15 Milyar (Bagian 2)

HyperFocal: 0

Dikatakan bahwa arsitektur Rolls-Royce berdasarkan pada empat titik baku yang terletak di setiap sudut mobil. Nah sektor mana yang mendapatkan perubahan paling banyak?

Pada dasarnya berkat arsitektur yang kami pakai, hal yang paling mudah diingat adalah kami memiliki empat mounting point. Sangat mudah diidentifikasi di dalam sebuah rancang bangun yang begitu komplek. Keempat titik itu secara efektif memberikan titik mounting yang solid di setiap sudut kendaraan.

Lantas kami juga memiliki Double Skin Bulkhead di bagian depan sehingga kami bisa memiliki peredaman suara tingkat tinggi dan juga stiffness kendaraan. Dari sini kami secara efektif juga bisa merancang chassis yang presisi di antara as roda depan dan as roda belakang. Selain itu juga kami bisa mendapatkan lebar kendaraan secara tepat.

Memang kami mengakui mekanismenya sangat rumit. Tapi kami bisa mengintegrasikan lebar bodi kendaraan dengan space yang terdapat pada bagian dalam kendaraan. Kami juga mendapatkan ukuran ketinggian pada bagian penumpang di belakang. Dapat di konfigurasikan. Dengan keempat titik jangkar tadi kami mendapatkan titik mounting chassis di seputaran mobil.

Baca juga: Ini 3 Desainer Rolls-Royce Bespoke Yang Mengerjakan Wraith Kryptos

Anda tadi menyinggung soal suspensi. Saya tertarik pada istilah yang disebut oleh pabrikan sebagai Planar Suspension System?

Pertanyaan bagus. Terkadang selama proses pengembangan kami mencoba mencari nama untuk membantu tim fokus pada tujuan yang ingin kita capai. Sebenarnya ide dari Planar atau Plane secara geometri adalah sebuah bidang dengan permukaan datar sebagai titik referensi.

Yang kami cari adalah kami ingin membawa perilaku suspensi mobil pada level yang lebih tinggi lagi. Dan salah satu area kunci yang kami kerjakan adalah ketika kita mengendarai mobil pada permukaan yang secara optik atau menurut pandangan mata itu jalanan datar, seperti jalan tol atau jalan besar, mobil juga harus merasa jalanan itu datar.

Bagaimana caranya? Yang kami kembangkan untuk New Ghost adalah kami ingin memberikan ragam kelebihan pada sistem suspensi kendaraan. Dalam hal misalnya meredam bantingan skala medium atau besar. Meskipun bantingannya kuat, mobil tetap terasa diam. Karena kami juga melakukan peredaman suara secara signifikan, maka efek bantingan menjadi lebih kecil.

Baca juga: Begini Aplikasi Smartphone Orang Superkaya Pemilik Rolls-Royce

Jadi pada intinya, karena menurut pandangan kita jalanan itu datar, maka kita harus memberikan perasaan datar juga. Nah, itulah yang menjadi alasan kenapa kami menamakannya Planar Suspension System.

Sebenarnya, apa yang kami kerjakan pada sistem suspensi ini, teknik ini adalah teknik lama, old fashion. Tapi secara mekanis, justru merupakan pembaharuan yang menyegarkan di tengah-tengah kecanggihan teknologi seperti sekarang. Kami seperti kembali kepada teori lama lantas kita kembali mengerjakannya dan memanfaatkan teknik itu untuk produk baru. (Bersambung…)

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Bagaimana Teknologi Cerdasnya Bekerja? (Bagian 3)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sampai mana Nissan Kicks e-Power dengan satu tangki bahan bakarnya bisa melaju? Apakah fitur-fitur cerdasnya dapat membantu Crossover baru ini menjelajah...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...