Beranda EDITOR'S PICKS EXCLUSIVE INTERVIEW: Dengan Dua Desainer Rolls-Royce Wraith Kryptos Rp 15 M (Bagian...

EXCLUSIVE INTERVIEW: Dengan Dua Desainer Rolls-Royce Wraith Kryptos Rp 15 M (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com –  Tak lama setelah Rolls-Royce Wraith Kryptos Collection diluncurkan, OTO Group mendapatkan kesempatan wawancara eksklusif dengan dua orang desainer yang memimpin pembuatan mobil super premium itu.

Munawar Chalil selaku Publisher dan Group Editor-in-Chief OTO Group diundang untuk mewawancarai Gavin Hartley, Bespoke Design Manager dan Katrin Lehman, Bespoke Designer – Colour & Trim. Wawancara dilakukan via Skype antara Goodwood, Inggris, sebagai kantor pusat Rolls-Royce dengan Jakarta.

Kenapa Rolls-Royce Wraith yang dipilih untuk di-Bespoke menjadi Wraith Kryptos Collection?

Gavin: Kami memiliki sejumlah Collection Car yang terinspirasi oleh ragam hal. Jadi kami tidak hanya menghadirkan Collection Car yang basisnya Wraith. Kami memilih Wraith untuk dijadikann Kryptos Collection karena kendaraan ini memiliki platform yang tepat untuk kami Bespoke sebagai Wraith Kryptos Collection. Mengingat tipe pemilik Wraith adalah orang yang memiliki karakter berani untuk memimpin di depan dan berani untuk mengambil tantangan. Kendaraan Wraith menyuguhkan karakter sebagai driver’s car sehingga pemilik Wraith adalah orang-orang yang suka membawa sendiri mobil Rolls-Roycenya dan mereka adalah orang-orang yang suka dengan tantangan.

Tapi bukan berarti pemilik Rolls-Royce yang lain tidak seperti itu. Kami juga mempertimbangkan faktor karakter dinamis dari Wraith itu tepat untuk dijadikan Bespoke story telling dan kerumitan seperti ini. Karena alasan-alasan tersebut, menurut kami Wraith adalah sosok yang tepat untuk dijadikan Bespoke Wraith Kryptos Collection.

Gavin Hartley

Darimana ide pembuatan Wraith Kryptos ini datang?

Gavin: Mungkin nanti Katrin yang akan menjelaskan secara detail. Bagi kami inspirasi itu bisa datang dari mana saja. Kami tidak memiliki formula khusus untuk menangani proyek Collection Cars seperti ini. Formula yang kami cari untuk Collection Cars adalah keunikan dan kreativitas yang kami ciptakan sendiri yang tidak datang dari konsumen.

Jadi ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi para desainer seperti kami untuk memberikan sentuhan karakter yang berbeda kepada mobil. Menurut saya, itulah yang melatar-belakangi lahirnya Collection Cars. Bahwa inspirasi itu datang dari para desainer.

Atas latar belakang itu, ide Wraith Kryptos Collection sendiri murni lahir dari Katrin Lehman. Dia akan menjelaskan lebih detail bagaimana ide tersebut lahir.

Baca juga: Rolls-Royce Wraith Kryptos Collection, Coupe Mewah Penuh Kode Misteri

Katrin Lehman

Katrin: Terima kasih. Hal yang menarik dari kendaraan ini dari awal adalah, bagaimana kami bisa mengoneksikan platform kendaraan dengan sebuah cerita yang kami ingin kisahkan kepada konsumen.

Kami menggali ide yang disukai oleh konsumen, kami ingin konsumen melakukan sesuatu dengan mobilnya. Bagaimana pemilik mencari arti-arti tersembunyi dari kode-kode yang kami berikan, kemudian menceritakan kisah mereka di dalam mencari itu semua. Hal yang penting adalah mereka mau meluangkan waktunya untuk mencari itu semua.

Jadi kami menawarkan sesuatu yang baru bagi Collection Cars yang kami produksi.

Lantas bisa diceritakan apa yang membuat Anda hobi Kriptologi?

Katrin: Bagi saya, saya bukan sekadar menyenangi hal-hal atau benda-benda yang memiliki arti tersembunyi di dalamnya. Saya menyenangi sisi artistik dari kriptologi. Jadi kriptologi itu bukan sekadar sebuah program karakteristik, justru sesuatu yang berkaitan dengan seni.

Sisi artistik itulah yang justru menggugah diri saya dan menjadi bagian dari sebuah aktualisasi diri. Itulah yang kami reflesikan pada Kryptos Collection ini.

Gavin: Jadi hal penting dari inspirasi Wraith Collection Cars adalah bahwa kami tidak ingin setiap detail dari Collection Cars bisa cepat dipahami oleh konsumen. Dengan demikian hal-hal misteri atau tebakan tidak mudah ditebak dan membutuhkan waktu lama untuk memecahkannya. Pembeli akan terus merasa tertantang untuk memecahkan puzzle yang ada di dalam mobil miliknya.

Baca juga: Ini 3 Desainer Rolls-Royce Bespoke Yang Mengerjakan Wraith Kryptos

Wraith Kryptos hanya diproduksi 50 unit, apakah ada perbedaan antara Bespoke Wraith Kryptos dengan Bespoke Collection Cars lainnya? Di luar persoalan puzzle, kode dan hal-hal misteri yang ada di Kryptos.

Gavin: Memang betul, kami hanya memproduksi 50 unit unik  Wraith Kryptos Collection untuk ditawarkan kepada sejumlah pembeli potensial. Sisi inilah yang justru menarik bagi pembeli potensial. Ini adalah sebuah kesempatan untuk membeli sebuah experience yang unik yang ditawarkan oleh Rolls-Royce.

Memang ada persamaan antara Collection Cars satu dengan lainnya, misalnya dalam hal sentuhan starlight headliner. Namun Katrin membawa starlight ke level yang lebih tinggi lagi. Dengan memakai grafis dan sejumlah elemen tertentu, starlight headliner di Wraith Kryptos menjadi fitur yang sangat ikonik.

Seberapa rumitkah puzzle atau pengkodean yang dipasang di Wraith Kryptos? Kalau kita nonton film Davinci Code, atau Indiana Jones, membutuhkan usaha yang besar untuk memecahkan puzzle?

Katrin: Puzzle yang kami buatkan untuk Kryptos tidak sedetail itu. Kami hanya ingin menggambarkan Kryptos sebagai sebuah perjalanan Kriptologi. Kami memberikan sejumlah petunjuk kepada pembeli untuk memecahkan kode-kode yang diberikan. Memang banyak ragam petunjuk yang diberikan tapi tidak serumit bayangan kita. Tidak terlalu sulit untuk dipecahkan dan menjadi bagian dari kendaraan itu sendiri. Setiap masuk ke level baru, tingkat kerumitannya juga berbeda.

Lantas dimana Anda menyimpan kode-kode tersebut? Di simpan di berapa tempat kode-kode itu?

Gavin: Kami tidak bisa memberitahu di mana saja kami menyimpan kode-kode itu. Mohon maaf kami tidak bisa memberikan keterangan lebih detail tentang challenge yang kami berikan. Masih sangat dini sekali. Kami merahasiakan berapa kode, puzzle yang dibuat dan an tempat-tempat kami menyimpan hal-hal misteri yang perlu dipecahkan.

MUNAWAR CHALIL

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Bunga 0% dan Cicilan Ringan Kalau Beli Mitsubishi Agustus Ini

JAKARTA, Carvaganza – Mitsubishi Motors bersiap memeriahkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan...

F1: Adu Strategi, Verstappen Taklukkan Mercedes di Silverstone

SILVERSTONE, Carvaganza,com – Butuh lima seri setidaknya musim ini untuk Formula 1 mendapatkan pemenang balap selain Mercedes. Berjaya lewat strategi jitu, Max Verstappen finish...

Mercedes-Benz Indonesia Kembali Beri Bantuan untuk Warga di Wanaherang

JAKARTA, Carvaganza – Guna membantu meringankan beban warga akibat dari pandemi COVID-19, karyawan Mercedes-Benz Indonesia kembali mengulurkan tangan mengadakan aksi sosial program donasi. Melalui...

Tambah Jaringan, Resmi Dibuka Wuling Arista Cimahi

CIMAHI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 memberikan pukulan yang cukup berat bagi semua sektor dan ekonomi nasional. Salah satunya adalah sektor otomotif yang sangat terdampak...

Top 20 Desain Terbaik Honda Brio Virtual Modification #3

JAKARTA, Carvaganza – Ajang modifikasi Honda Brio Virtual Modification #3 mampu menarik perhatian para desainer dan modifikator Tanah Air. Sejak dibuka 11 Mei lalu...