Beranda EDITOR'S PICKS EXCLUSIVE INTERVIEW: Dengan Dua Desainer Rolls-Royce Wraith Kryptos Seharga Rp 15 Milyar...

EXCLUSIVE INTERVIEW: Dengan Dua Desainer Rolls-Royce Wraith Kryptos Seharga Rp 15 Milyar (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com Rolls-Royce Wraith Kryptos Collections bukan kali ini saja memproduksi kendaraan kategori Collection Cars. Sudah beberapa kali, di antaranya Luminary Collection. Pabrikan sudah memiliki resep bagaimana membuat Collection Cars agar diminati oleh konsumen elit yang jumlahnya  sedikit sekali.

Di dalam Wraith Kryptos tersimpan ragam kode rahasia untuk memecahkan misteri yang diciptakan oleh tim desainer. Namun, pabrikan tidak bersedia untuk membuka kepada publik, rahasia seperti apa yang tersimpan di kendaraan. Jangankan kode rahasia, clue-nya saja tidak mau diberikan.

Lantas di mana saja kode-kode itu disimpan. Berikut hasil wawancara kami bagian kedua?

Apakah Anda memberikan petunjuk-petunjuk kepada pembeli bagaimana memecahkan puzzle-puzzle yang terpasang di mobil tersebut?

Gavin: Sampai sekarang ini kami belum punya rencana untuk memberikan clue kepada publik. Mungkin kalau sudah waktunya nanti bisa kami berikan clues-nya dan bisa menjawab pertanyaan Anda yang  berkaitan dengan clues ini. Hanya waktu yang nanti bisa membuktikannya.

Tapi tentunya untuk pembeli, kami memberikan clues tersebut. Ada beberapa elemen tertentu yang bisa dijadikan sebagai titik awal untuk memecahkan puzzle-puzzle tersebut. Ada beberapa bagian mobil yang menjadi tempat penyimpanan kode dan bisa yang bisa dipecahkan. Dari situ, konsumen bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

Kalau kita tidak menelaah sekeliling mobil, memang agak sulit untuk memecahkannya. Di situlah letak daya tarik dan kesenangannya. Konsumen bisa meluangkan lebih banyak waktu dengan mobil sekaligus mengenal kendaraannya. Sisi permainan inilah yang harus dinikmati karena memberikan experience berbeda kepada pemilik mobil.

Baca juga: EXCLUSIVE INTERVIEW: Dengan Dua Desainer Rolls-Royce Wraith Kryptos Rp 15 M (Bagian 1)

Apakah ada tipe kode rahasia yang harus dipecahkan. Apakah tipenya dari sisi historiskah? Seni kah?, Atau yang lain?

Gavin: Hahaha…pertanyaan ini sebetulnya hampir mirip dengan pertanyaan soal clues. Anda bisa saja mengorek-ngoreknya ya hahaha. Kami sampai saat ini belum bisa memberitahukan dan mohon maaf belum bisa menjawab pertanyaan ini. Kami saat ini ingin merahasiakan tantangan yang diberikan serapat mungkin.

Ya, saya mengerti. Tapi orang pasti ingin tahu, dalam hal ini konsumen, buat apa saya harus membayar lebih untuk kendaraan Rolls-Royce semahal ini?

Gavin: Kalau tidak ada hal yang berkaitan dengan Kryptografi, kendaraan ini memang dirancang untuk memberikan kesenangan tertinggi kepada pemiliknya. Baik dari sisi desain eksterior, interior, fitur seperti startlight headliner, dan lain-lain. Jadi tanpa atau dengan puzzle, kendaraan ini memang untuk memberikan enjoyment kepada pemiliknya.

Namun, jika pemiliknya ingin memulai sebuah journey mendapatkan pengalaman baru lewat pemecahan kode, itu adalah enjoyment lain yang kami tawarkan. Jadi pada akhirnya, dengan atau tanpa kode misteri, Wraith adalah kendaraan yang memang memberikan kesenangan paripurna kepada pemiliknya.

Katrin: Kode-kode misteri itu merupakan paket plus yang diberikan pabrikan pada kendaraan yang dapat dinikmati oleh pemiliknya. Dengan melakukan journey yang ditawarkan, Anda mendapatkan sesuatu dan bisa mendapatkan experience dari sesuatu yang baru. Dengan melakukan journey pemecahan kode, Anda bisa mendapatkan sebuah keindahan lain dari Wraith Kryptos.

Baca juga: Ini 3 Desainer Rolls-Royce Bespoke Yang Mengerjakan Wraith Kryptos

Kalau melihat latar belakang konsumen Rolls-Royce selama ini, apa yang membuat Anda yakin mereka akan tertarik pada permainan puzzle? Apa Anda membuat riset khusus untuk ini?

Gavin: kalau melihat dari apa yang kami sudah kerjakan selama ini, karena kami juga mengerjakan Bespoke sesuai pesanan konsumen, yang kerumitannya jauh melampaui Collection Cars, kami memahami keinginan konsumen. Kami mengetahui passion dan kemauan mereka. Jadi kami mengetahui keinginan dan kemauan secara khusus mereka terhadap kendaraan Rolls-Royce.

Memang sebelumnya kami belum pernah merilis Collection Cars seperti ini, namun elemen-elemen yang dimiliki oleh Wraith Kryptos diminati oleh kalangan konsumen kami.

Kalau ada konsumen yang membeli Bespoke Wraith Kryptos Collection, apakah mereka juga bisa mempersonalisasi lagi mobil Kryptos tersebut?

Katrin: Kami juga menawarkan Wraith Kryptos dalam bentuk extended package. Konsumen bisa menambahi beberapa detail lagi pada mobilnya sesuai selera mereka. Kami selalu membuka opsi untuk Bespoke lanjutan bagi Wraith Kryptos yang dibeli konsumen.

Tapi memang ada sejumlah area tertentu yang tidak bisa di-Bespoke lagi oleh konsumen. Seperti area-area koding yang sudah disiapkan oleh pabrikan.

Gavin: Namun kami menyarankan bahwa konsumen yang membeli Wraith Kryptos Collection adalah bagian dari kelompok eksklusif Wraith Kryptos. Jadi kalau ada konsumen yang melakukan Bespoke lagi, mereka tak lagi menjadi bagian dari grup kecil yang eksklusif itu.

Kami sih menyarankan untuk tidak lagi melakukan Bespoke pada Wraith Kryptos yang mereka sudah beli. Karena itu sudah menjadi karakter dari Collection Car.

Baca juga: Rolls-Royce Wraith Kryptos Collection, Coupe Mewah Penuh Kode Misteri

Lalu apakah setiap Wraith Kryptos memiliki kode maupun puzzle yang berbeda-beda untuk dipecahkan?

Katrin: Tidak. Semuanya sama. Sistem coding rahasia ke-50 mobil itu sama.

Apakah konsumen bisa mengganti kode-kode yang tertanam sesuai selera mereka?

Katrin: Tidak bisa. Untuk saat ini tidak bisa.

Berapa banyak kode yang harus dipecahkan? Ini kan semacam puzzle dan sepertinya bersifat teknikal…

Gavin: (sambil tertawa)…hmm ada beberapa lapis.

Katrin: Sistem kode itu semacam perjalanan yang saling berkait satu sama lain.

Kalau Ada konsumen yang berhasil memecahkan kode-kode itu sampai lapis terakhir, apa yang mereka dapatkan?

Gavin: Kesuksesan di dalam memecahkan kode tersebut merupakan kepuasan tersendiri atas tantangan yang sudah diberikan. Bisa memecahkan kode-kode misteri itu akan menjadi kebanggaan bagi konsumen. Itulah reward yang sekarang ini dapat mereka rasakan. Jadi reward yang dirasakan bersifat personal, seperti karakter kendaraan itu sendiri. Dan journey untuk memecahkan kode itu juga bersifat sangat Pribadi.

Katrin: Reward yang didapatkan oleh pemilik mobil sebetulnya terinspirasi juga oleh tradisi di dunia Kriptologi. Yakni kepuasan yang didapatkan pada saat terlibat di dalam permainan ini. Mungkin itulah selebrasi yang mereka dapatkan apabila mampu memecahkan kode-kode itu.

Gavin: Sisi menarik lainnya adalah mungkin juga pemilik Wraith Kryptos dapat mengajak orang lain untuk memecahkan kode-kode itu. Setiap produk Collection Cars memberikan enjoyment kepada pemiliknya, dan bahkan juga orang lain yang diajak untuk menikmati kesenangan yang sama oleh pemilik.

Jadi di dalam memecahkan kode, pemilik kendaraan juga bisa mengajak orang lain untuk sama-sama menikmati journey pemecahan kode misteri. Ada keterlibatan social experiences di dalam permainan ini.

Baca juga: Rolls-Royce Bikin Game Online, Terbuka Untuk Dimainkan Publik

EKA ZULKARNAIN | MUNAWAR CHALIL

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

F1: Adu Strategi, Verstappen Taklukkan Mercedes di Silverstone

SILVERSTONE, Carvaganza,com – Butuh lima seri setidaknya musim ini untuk Formula 1 mendapatkan pemenang balap selain Mercedes. Berjaya lewat strategi jitu, Max Verstappen finish...

Mercedes-Benz Indonesia Kembali Beri Bantuan untuk Warga di Wanaherang

JAKARTA, Carvaganza – Guna membantu meringankan beban warga akibat dari pandemi COVID-19, karyawan Mercedes-Benz Indonesia kembali mengulurkan tangan mengadakan aksi sosial program donasi. Melalui...

Tambah Jaringan, Resmi Dibuka Wuling Arista Cimahi

CIMAHI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 memberikan pukulan yang cukup berat bagi semua sektor dan ekonomi nasional. Salah satunya adalah sektor otomotif yang sangat terdampak...

Top 20 Desain Terbaik Honda Brio Virtual Modification #3

JAKARTA, Carvaganza – Ajang modifikasi Honda Brio Virtual Modification #3 mampu menarik perhatian para desainer dan modifikator Tanah Air. Sejak dibuka 11 Mei lalu...

BMW E30 1989 Custom, Modifikasi Suka-Suka a la Marenno

JAKARTA, Carvaganza – Modifikasi mobil ibarat refleksi diri. Seperti apa ubahan yang dilakukan pada mobil seperti itulah gaya si pemilik. Hal itulah yang dilakukan...