Rolls-Royce Temukan Inovasi Baru Untuk Ghost, Illuminated Fascia

GOODWOOD, Carvaganza.com -  Untuk memperkuat identitasnya sebagai mobil paling glamor di muka bumi, pabrikan Rolls-Royce telah menemukan cara baru untuk menerjemahkan kemewahan. Terobosan ini merupakan hasil kerja keras Home of Rolls-Royce di Goodwood, Inggris, untuk menonjolkan visi Bespoke pabrikan.

Pabrikan mengklaim bahwa pengembangan inovasi teknologi canggih dan modern ini memakan waktu pengembangan selama 2 tahun dan lebih dari 10.000 jam kolektif. Goodwood menamakannya sebagai Illuminated Fascia. Yakni inovasi pendaran sinar gugusan bintang di sebuah pelat dashboard Rolls-Royce Ghost, mirip dengan Starlihgt Headliner.

Bedanya kalau Starlight Headliner adanya di bagian atap, sementara Illuminated Fascia adanya di plat dashboard di bagian penumpang. Nah, plat tersebut memancarkan  cahaya halus dari 850 ‘titik bintang’ sehingga memberikan sinar pada interior. Pabrikan mengklaim bahwa kehadiran Illuminated Fascia ini memperkuat gaung Starlight Headliner, yang telah menjadi ikon Rolls-Royce. Sama seperti Spirit of Ecstasy, Pantheon Grille dan monogram ‘Double R’.

Illuminated Fascia


Baca juga: Rolls-Royce Wraith Kryptos Collection, Coupe Mewah Penuh Kode Misteri

Lantas kenapa Illuminated Fascia? Jadi, inovasi ini merupakan keputusan pabrikan untuk mengikuti arahan desain Post Opulent yang dikerjakan untuk Rolls-Royce Ghost terbaru. Nah, inovasi ini juga berdasarkan feedback serta saran dari pelanggan Ghost. Bespoke Collective kemudian memilih teknologi rumit dan canggih untuk mendapatkan efek yang diharapkan. Tujuannya agar inovasi kemewahan yang didapat betul-betul otentik.

Iluminasi itu sendiri berasal dari 152 LED yang dipasang di atas dan di bawah fascia dashboard. Agar terlihat mewah dan elegan, maka warnanya dibuat serasi dengan jam kabin dan pencahayaan tombol instrumen. Untuk membuat grafik Ghost menyala secara merata, digunakan panduan cahaya setebal 2 mm sehingga bisa menampilkan lebih dari 90.000 titik laser di seluruh permukaan.

Baca juga: Ini 3 Desainer Rolls-Royce Bespoke Yang Mengerjakan Wraith Kryptos

Starlight Headliner


Inovasi teknologi ini tak hanya menyebarkan cahaya secara homogen, tapi juga menciptakan efek kelap-kelip pada saat mata melihatnya. Jadi memperkuat kilauan halus cahaya Starlight Headliner. Nah Illuminated Fascia ini akan menyala kalau mobil menyala, kalau kondisi mati, tidak akan mengeluarkan cahaya.

Pada saat mobil tidak menyala, fitur ini sama sekali tidak beroperasi. Biar efek itu tidak terlihat, pabrikan menggunakan tiga lapisan material komposit. Lapisan pertama adalah substrat Piano Black, yang diukir laser untuk menghilangkan pewarnaan hitam dan cahaya bisa bersinar menembus kata Ghost serta gugusan bintang. Setelah itu dilapisi oleh lapisan pernis berwarna gelap yang berfungsi menyembunyikan tulisan saat tidak digunakan. Yang terakhir fascia ditutup dengan lapisan pernis dengan warna halus sebelum dipoles dengan tangan untuk mendapatkan hasil akhir kilap-tinggi setebal 0,5 mm yang seragam. Sehingga serasi dengan aksen glossy di interior.

Baca juga: Wow, Mobil Klasik Rolls-Royce Phantom V 1961 Diubah Jadi Mobil Listrik

Kepala Desainer Bespoke, Michael Bryden, mengatakan, “Illuminated Fascia sangat selaras dengan arah desain Post Opulent yang kami kejar lewat Ghost baru. Nilai Estetika yang elegan dan minimalis ini merupakan respon terhadap klien terhadap Ghost. Baik Pria maupun wanita yang sama-sama menginginkan ekspresi bersih dan apik dari Rolls-Royce. Seperti desain progresif mobil lainnya, fitur tersembunyi-menyala ini merepresentasikan kerumitan yang dibutuhkan dalam menciptakan kemewahan hakiki melalui dekorasi yang simpel.”

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda