Beranda Features Evolusi Roda Kemudi Peugeot, dari Tuas Kayu Hingga Futuristik

Evolusi Roda Kemudi Peugeot, dari Tuas Kayu Hingga Futuristik

JAKARTA, Carvaganza.com – Roda kemudi, setir, steering wheel atau apapun namanya ada sama tuanya dengan mobil itu sendiri. Meski, percaya atau tidak, mobil pertama tidak digerakkan lewat roda kemudi tapi menggunakan tuas. Sejarah kemudi mungkin lebih menarik dari yang Anda bayangkan.

Sebagian dari kita mungkin tahunya kemudi adalah alat untuk menggerakkan roda kendaraan. Kemudi menjadi bagian vital dari kendaraan, dialah yang mengarahkan ke kiri atau ke kanan. Roda kemudi sendiri berevolusi mengikuti perkembangan baik dari bentuk maupun fungsinya. Bila semula hanya berfungsi sebagai kontrol arah kendaraan hingga disematkannya berbagai fungsi lain seperti tombol klakson, kontrol audio, airbag, cruise control, dan lainnya.

Menarik ke belakang, roda kemudi pertama muncul 126 tahun yang lalu tepatnya pada 1894. Ketika itu Alfred Vecharon menggunakan alat berbentuk lingkaran untuk mengatur roda mobil bertenaga 4 tenaga kuda, Panhard yang digunakan pada balapan Paris-Rouen. Umumnya, pada zaman ini, mobil lain masih menggunakan batang pengatur arah. Lomba balap Paris-Rouen kala itu tidak hanya dikenal sebagai balap semata namun juga ajang publikasi teknologi kendaraan yang diikuti lebih dari 100 mobil.

Memang pada ajang tersebut, Panhard menempati posisi juara keempat namun publikasi mengenai inovasi roda kemudi menjadi tersebar luas. Pelan tapi pasti, penggunaan roda kemudi mulai menggantikan batang pengatur arah sebagai alat untuk mengendalikan arah roda.

Barulah pada 1989, roda kemudi menjadi fitur standar pada kendaraan. Hingga dua generasi kemudi masih berbentuk sederhana, kayu bulat yang dihubunkan langsung dengan as roda.

Baca juga: Astra Peugeot Lengkapi Layanan Purna Jual dengan Asuransi Kendaraan

Peugeot

Peugeot langsung merespons. Peugeot mulai menerapkan sistem roda kemudi pertama pada Peugeot Type 36 di tahun 1901, dilengkapi dua buah inovasi yaitu roda kemudi dan kap mesin yang merupakan hal baru pada masanya.

Evolusi terus berjalan seiring jaman. Berbagai inovasi terhadap roda kemudi pun semakin marak dilakukan. Mulai dari perubahan bahan dasar, bahan pembungkus, bentuk, dan juga penyematan berbagai teknologi dan fungsi pada roda kemudi itu sendiri. Pada awal 1990, penggunaan airbag, klakson, dan power steering pada roda kemudi semakin umum. Hal ini mengubah paradigma dari roda kemudi yang semula hanya memiliki fungsi untuk bermanuver kendaraan, menjadi lebih multifungsi.

Baca juga: Bengkel Astra Peugeot Tetap Siaga di Tengah COVID-19

Balap Mobil

Kemudi juga menjadi bagian penting dalam lomba balap. Bahkan bisa disebut memiliki peran penting dalam perkembangan inovasi bentuk dan fungsi dari roda kemudi itu sendiri. Pada mobil balap Peugeot 908, seluruh kontrol kendaraan disematkan pada sistem roda kemudinya. Kemudian inovasi ini diadopsi pada roda kemudi Peugeot harian terkini, dengan menyematkan berbagai teknologi dan fungsi.  Misalnya, fungsi audi control, hingga cruise control.

Hingga pada tahun 2012, Peugeot 208 memperkenalkan inovasi besar pada posisi pengemudi dengan meluncurkan PEUGEOT i-Cockpit®. Inovasi tersebut tidak lepas dari roda kemudi yang didesain sedemikian rupa sehingga menjadi sangat kompak dan ergonomis. Didesain ulang untuk memberikan genggaman yang semakin baik. Tidak hanya itu, desain ini  memberikan sang pengemudi pandangan yang lebih jelas terhadap instrumen kendaraan serta jarak pandang jalan.

Baca juga: Beli Peugeot 3008 Alure Plus, Bisa Gratis Cicilan 6 Bulan atau Bunga 0%

Peugeot i-Cockpit

Kini Peugeot memiliki i-Cockpit yang sampai kini terus berevolusi dan menjadi basis standar pada generasi model-model Peugeot setelahnya. Sampai kini, lebih dari 6 juta penggendara yang telah memiliki dan menggunakan Peugeot berteknologi i-Cockpit di seluruh dunia. Teknologi yang sangat unik di dunia otomotif dan telah menjadi DNA Brand Peugeot. Bahkan konsep ini juga dihadirkan pada mobil konsep terbaru, Peugeot e-Legend.

Ini merupakan salah satu bagian dari ambisi sederhana Peugeot yaitu memberikan respon akurat dengan desain interior stylish dan berteknologi tinggi juga sangat aman bagi para pengendaranya. Peugeot 3008 SUV dan 5008 SUV yang dijual di Indonesia juga telah mengadopsi teknologi roda kemudi sangat canggih ini.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...

100 Mobil Meriahkan Ultah Ke-2 Jakarta All New Corolla (JANC) Senayan

JAKARTA, Carvaganza – Perayaan ulang tahun merupakan hal yang ditunggu komunitas mobil. Seperti pecinta Toyota Corolla Generasi ke-8 (1996 – 2001) yang tergabung dalam...