Beranda EDITOR'S PICKS EDITOR’S NOTE: Sepeda Motor Masuk Tol? Kenapa Tidak

EDITOR’S NOTE: Sepeda Motor Masuk Tol? Kenapa Tidak

Foto: ecleciaalphakhairi.wordpress.com

JAKARTA, 29 Januari 2019 – Pembicaraan tentang sepeda motor masuk tol kembali mengemuka setelah Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengusulkan agar pengendara sepeda motor diperbolehkan melewati jalan tol. Menurutnya, pengendara motor memiliki hak yang sama dengan para pengemudi mobil, sehingga, seharusnya pemerintah mengizinkan kendaraan bermotor roda dua masuk ke jalur bebas hambatan.

Pandangan tersebut menurut Carvaganza sangat baik. Seorang anggota DPR yang merupakan perwakilan dari rakyat memikirkan hal tersebut. Justru kita membutuhkan solusi-solusi transportasi seperti ini. Pasalnya, di negara-negara lain sepeda motor boleh masuk tol. Contohnya yang paling dekat adalah Malaysia di mana pengendara sepeda motor di sana boleh lewat jalan tol dengan mengambil sisi paling kiri jalan.

Di negara-negara Eropa pun demikian. Bahkan semua lajur di tol boleh dilewati sepeda motor baik di kiri, tengah maupun kanan. Kenapa di kita tidak boleh? Pemikiran ini harus dicarikan solusinya. Memang banyak yang mengkhawatirkan jika para pengendara motor diperbolehkan masuk tol, akan sangat membahayakan pengguna jalan.

Umumnya concern publik yang tidak ingin sepeda motor masuk tol adalah karena attitude pengendara sepeda motor dan mobil di Indonesia belum setertib di negara-negara yang sudah memperbolehkan. Dan Carvaganza sepakat dengan pandangan soal attitude tersebut.

Jika attitude buruk yang menjadi concern, dibuatkan saja lajur khusus untuk sepeda motor yang terpisah dengan lajur kendaraan roda empat ke atas sehingga tidak bercampur. Pemisahan itu bisa berupa pemisahan dengan armco barrier atau beton di sisi paling kiri dan paling kanan jalan tol sehingga sepeda motor tidak mengganggu lalu lintas kendaraan roda empat dan selebihnya.

Toh dengan populasi motor yang begitu banyak, pengelola tol dan negara akan mendapatkan tambahan income dari tol yang tidak hanya dilewati oleh kendaraan roda dua ke atas. Hal ini kan sudah dilakukan di Tol Mandara, Bali.

Sembari kita membuat lajur khusus sepeda motor di tol, para penegak hukum dan pemangku pemerintahan harus bekerja keras untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap tata tertib berlalu lintas.

EKA ZULKARNAIN

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza