Beranda EDITOR'S PICKS EDITOR’S NOTE: Brand Cina Kian Mengkilat, yang Lain Harus Waspada

EDITOR’S NOTE: Brand Cina Kian Mengkilat, yang Lain Harus Waspada

GELARAN otomotif, Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, memang sudah selesai, satu pekan lalu. Selama 11 hari — mulai 25 April sampai 5 Mei — setiap hari saya datang ke JIExpo Kemayoran, Jakarta, untuk melakukan liputan dan menyaksikan semua aktifitas di pameran otomotif tahunan tersebut.

Ada 36 brand otomotif roda empat dan roda dua yang ikut serta. Di Hall D1 JIExpo hadir 6 brand premium roda empat seperti Audi, Volkswagen, BMW, MINI, Jeep, dan Mercedes-Benz. Sejumlah 13 exhibitor lainnya berada di Hall D dan A seperti Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Satu nama, sebut saja Brand X, adalah Daihatsu. Dari daftar ini ada 4 nama yang absen yaitu Isuzu, Kia, Proton, dan Renault.

Ada satu catatan menarik yang menurut saya perlu mendapat garis bawah di segmen kendaraan roda empat. Yaitu mengkilatnya brand-brand asal Cina seperti Wuling Motors dan DFSK Motors. Kedua merek ini mampu menyedot perhatian pengunjung. Walhasil, di akhir gelaran mereka juga meraih angka penjualan yang menggembirakan.

Penjualan

Wuling, misalnya berhasil membukukan 771 SPK (surat pemesanan kendaraan). Penjualan didominasi oleh SUV barunya, Almaz, dengan 380 unit, diikuti seri Confero dengan 182 unit dengan tipe yang paling dicari adalah Confero S, dan seri Cortez meraih 208 unit dengan varían yang paling diminati adalah Cortez CT, serta 1 unit kendaraan komersial Formo.

Wuling juga sukses meraih 3 penghargaan, mulai dari Best Booth kategori 500-999sqm, Best Outdoor Activity untuk area Wuling Exclusive Urban Drive dan Turbo Experience, serta Best MPV untuk varian terbaru medium MPV, Wuling Cortez CT.

“Antusiasme pengunjung di booth dan area test drive kami rasakan selama event ini. Selain dapat melihat unit kami di area booth, Pengunjung juga bisa merasakan pengalaman test drive yang berbeda di area khusus yang telah kami siapkan,” kata Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors.

Baca juga: Ini 4 Sukses Wuling di Ajang Telkomsel IIMS 2019
Baca juga: Wuling Bikin Area Test Drive Sendiri, Pengunjung Membludak

Model Baru

Sukses yang sama juga didapatkan DFSK. Selama 11 hari pameran, DFSK sukses mengumpulkan 1.487 unit SPK untuk seluruh model yang ditawarkan. Capaian ini sukses melampaui target yang dicanangkan di awal pameran dimana DFSK bisa mengumpulkan 1.000 SPK selama pameran berlangsung.

DFSK Glory 560 mendominasi 71% dari total SPK. Bahkan SPK untuk DFSK Glory 560 sudah cukup untuk menutupi target selama pameran berlangsung karena sudah terpesan 1.056 unit yang didominasi oleh varian tertinggi DFSK Glory 560 1.5 T L-Type.

“Pencapaian ini bisa menjadi pertanda bahwa kendaraan-kendaraan DFSK mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat, serta percaya akan kualitas dan teknologi yang diusung oleh kendaraan-kendaraan DFSK,” ungkap Managing Director of Sales Centre PT Sokonindo Automobile, Franz Wang dalam keterangannya.

Inovasi

Nah, pencapaian Wuling dan DFSK ini tentu menarik untuk disimak. Apa saja faktor pendukungnya?

Saya tidak sedang memuji keduanya. Ada beberapa point yang menurut saya membuat Wuling dan DFSK sukses menarik hati konsumen selama Telkomsel IIMS 2019. Pertama brand-brand Jepang yang selama ini mendominasi tak semuanya turun dengan kekuatan penuh. Toyota, Honda, dan Daihatsu hanya mengandalkan dealer. Padahal ini kesempatan untuk ‘jualan’. Buktinya, brand seperti Mitsubishi, Nissan, dan Suzuki yang hadir bersama APM-nya meraup sukses.

Kedua adalah model-model baru yang ditawarkan plus promo menarik selama Telkomsel IIMS 2019. Brand Jepang memang tak memiliki model baru yang menjadi andalan di IIMS kali ini. Hanya model-model lama dengan tambahan aksesoris.

Ketiga keseriusan. Harus diakui, baik Wuling maupun DFSK menggarap dengan serius kehadiran mereka. Wuling membangun sendiri arena test drive, bahkan dua sekaligus. Wuling Exclusive Urban Drive dihadirkan bagi pengunjung yang ingin menguji Confero S ACT, Cortez CT dan Almaz pada kondisi jalanan sehari-hari. Lalu, Wuling Turbo Experience yang memberikan pengalaman akselerasi dan deselerasi dengan turbocharged engine dan CVT menggunakan Almaz dan Cortez CT.

Baca juga: Glory 560 Banjir SPK, DFSK Lampaui Target
Baca juga: Agnez Mo Bikin Booth DFSK di Telkomsel IIMS 2019 Bergoyang

Promosi

Franz Wang mengatakan hal ini dilakukan agar konsumen benar-benar bisa merasakan performa dan kenyamanan mobil-mobil andalan Wuling secara utuh. Hasilnya mereka diganjar Best APM Outdoor Activity Telkomsel IIMS 2019.

Lain pula dengan DFSK. Selain menghadirkan model barunya Glory 560, yang menjadi penyumbang jualan terbanyak, brand ini menggeber kegiatan di booth. DFSK memboyong artis dan penyanyi Agnez Mo mengisi panggung mereka. Mantan penyanyi cilik itu memang didapuk sebagai brand ambassador DFSK.

Mendatangkan Agnez Mo bukan perkara gampang. Saya yakin DFSK harus merogoh kocek dalam-dalam karena sudah pasti bayaran sang artis sangat tinggi. Toh, kegiatan ini membuah hasil. Hall A, Sabtu (4/5) pecah dengan ratusan orang untuk menyaksikan Agnes Mo. DFSK kemudian menyabet penghargaan sebagai Best APM Indoor Activity Telkomsel IIMS 2019.

Raihan Wuling dan DFSK, jelas akan berpengaruh pasca IIMS 2019. Mereka akan memetik berbagai hal baik dari sisi penjualan maupun brand image, dua hal yang sangat dibutuhkan di tengah persaingan ketat saat ini.

Jika brand-brand lain berleha-leha dengan alasan lebih besar, rasanya tak perlu menunggu lama kedua brand asal Cina ini akan menyalip mereka. So, waspada, karena Wuling dan DFSk siap ngebut dan mengalahkan yang lain.

RAJU FEBRIAN



Last Updates

Komunitas Grand Livina Club Indonesia Gelar Kopdar Sekaligus Bakti Sosial

JAKARTA, 19 Mei 2019 – Bulan Suci Ramadhan menjadi bukan untuk berbagi dengan sesama. Nissan Grand Livina Club Indonesia atau...

KTB Siap Gempur Pasar dengan 7 Varian Baru Fighter di GIIAS 2019

JAKARTA, 19 Mei 2019 – Kembali menguasai segmen komersial membuat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyiapkan langkah baru....

Geber Perkenalan, Wuling Hadirkan Cortez CT dan Confero S ACT di Bali

DENPASAR, 19 Mei 2019 – Wuling Motors (Wuling) terus mengegeber perkenalan dua MPV barunya di berbagai kota di Indonesia. Yang terkini,...

HASCAR Group Buka Dealer Jeep di Bintaro

JAKARTA, 19 Mei 2019 – HASCAR Group, selaku Agen Pemegang Merek (APM) merek FCA (Fiat Chrysler Automobile) khususnya Jeep di...
video

VIDEO: Sportscar Mewah BMW Seri 8 Coupe Meluncur di Indonesia

JAKARTA, 18 Mei 2019 – Belum sampai setahun sejak peluncuran globalnya di Le Mans 24 Hour 2018, BMW Seri 8...