Edisi 2021, Jaguar F-Pace SVR Dapat Penyempurnaan Menyeluruh

COVENTRY, Carvaganza.com – Dua tahun kiranya setelah debut perdana untuk versi produksi, Jaguar F-Pace SVR kini telah mengalami pembaruan. SUV dengan performa kencang ini diberikan peningkatan baik dari sisi performa, kenyamanan, maupun kemewahan. Tentunya untuk semakin memanjakan para penghuni konsumen segmen SUV kencang yang semakin populer belakangan ini.

Ini menjadi penyegaran pertama untuk F-Pace varian SVR, alias varian paling kencang dari seluruh line up. Jaguar ingin membuatnya agar semakin kompetitif di hadapan BMW X3 M dan Mercedes-AMG GLC 63. Bahkan beberapa ubahan yang dibawa oleh Jag’ tidak main-main untuk sebuah mobil berdimensi bongsor ini.

Menu utama pada F-Pace SVR edisi 2021 ini adalah transmisi tomatis torque converter baru, yang diadopsi dari sedan sport XE SV Project 8. Gearbox ini dikawinkan ke mesin V8 5,0 liter supercharged bertenaga 549 hp dan torsi lebih tinggi, yaitu 699 Nm. Angka output torsi kini 20 Nm meningkat dibandingkan F-Pace SVR versi awal.

Alhasil, kemampuan F-Pace SVR kini bisa berakselerasi 0-100 km/jam lebih singkat 0,3 detik dari sebelumnya, yaitu menjadi 3,8 detik. Namun di saat mesin dapat peningkatan output, Jaguar juga telah berhasil menurunkan kadar emisi CO2 menjadi 6 g/km lebih rendah, begitu juga dengan konsumsi bahan bakarnya.

Tidak hanya mesin, peningkatan performa juga datang dari sektor handling. Bagian kemudi mendapatkan steering rack baru, untuk memberikan feel lebih nyata ke permukaan jalan. Kemudian pengereman mengadopsi booster baru, agar jarak injak pedal rem menjadi lebih pendek dan lebih responsif.

Bagian kaki-kaki, suspensi diberikan shockbreaker adaptif dan chassis kini disetel agar memberikan “duality of purpose”. Pada mode Dynamic, karakter F-Pace SVR lebih terfokus untuk performa galak. Pengaturan software kini diperbarui pada generasi baru arsitektur elektroniknya. Mesin bisa berikan respons lebih tajam pada throttle, bobot setir lebih baik dan hasilkan knalpot bersuara lebih merdu.

Sementara di mode normal, kini diklaim memberikan kenyamanan lebih baik dari sebelumnya. Sistem suspensi disebut mampu sediakan peredaman yang otomatis sesuaikan pergerakan body dan inpu pengemudi, dengan pengukuran yang terjadi secara konstan.

Soal visual, tidak banyak yang terjadi ubahan untuk F-Pace SVR baru ini. Fascia depan eksterior menampilkan intake lebih besar dengan bilah berbentuk X. Bonnet juga lebih panjang yang disertai pahatan untuk ciptakan kesan berotot di samping. Tidak hanya estetik, ubahan ini juga demi tingkatkan aerodinamika. Lampu utama LED punya grafis baru, yang tersedia dalam opsi berteknologi lixel LED. Sementara velg 22 inci melengkapi upgrade tampilan eksterior.

Untuk interior cukup signifikan ubahan yang dibawah oleh Jaguar. Selain trim material pelapis, F-Pace kini punya sistem infotainment yang semakin advance. Di tengah dashboard terpasang layar sentuh 11,4 inci dengan sistem Pivi Pro. Sedangkan di panel instrumen, kini andalkan layar 12,3 inci yang tampilkan grafis sporty khas SVR.

Akan beredar sebagai model year 2021, F-Pace SVR facelift akan tersedia dengan harga mulai £ 77.595 atau sebanding dengan Rp 1,471 miliaran. Banderol tersebut naik £ 2.000 dari edisi sebelumnya, alias Rp 37 jutaan lebih mahal.

Sumber: Autocar



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda