Debut Menjanjikan, Sean Gelael Rebut Podium Seri 1 ALMS 2021

DUBAI, CARVAGANZA – Akhir pekan lalu menandai debut Sean Gelael bersama tim JOTA Sport di ajang Asian Le Mans Series (ALMS), sebagai rangkaian kampanye World Endurance Championship (WEC) musim ini. Awal musim yang menjanjikan ditunjukkan oleh tim JOTA, pada seri pembuka di Dubai Autodrome. Salah satunya adalah denga berhasil meraih podium.

Di tim JOTA Sport, Sean turun di kelas LMP2 dan berduet dengan salah satu dari dua rekan setimnya, yaitu Stoffel Vandoorne. Dalam balapan yang digelar sebanyak dua kali dalam satu akhir pekan, hanya dua pembalap diturunkan oleh tim. Sedangkan, Tom Blomqvist tidak turun dan menonton dari garasi pada kesempatan ini.

Race 1

KFC Sean Gelael

Pada race 1 di hari Sabtu (13/2/2021), JOTA Sport berhasil meraih podium lewat finish di posisi kedua. Duet Sean dan Vandoorne finish di belakang tim G-Drive Racing yang memenangkan balapan pertama musim ini, yang meraih poin maksimal. Padahal, saat start balapan, posisi pertama sempat dicuri oleh skuad JOTA Sport menuju tikungan pertama Dubai Autodrome.

Posisi kedua dihuni oleh JOTA Sport selama sebagian besar durasi balapan yang berlangsung selama 4 jam ini. Momen paling mencuri perhatian adalah saat Sean mengalami insiden bersenggolan pada upayanya menyalip Simon Trummer dari tim Phoenix Racing. Insiden ini membuahkan penalti drive-through untuk tim JOTA Sport dan melonggarakan peluang mengejar posisi pertama kembali.

KFC Sean Gelael

Sampai balapan berakhir, JOTA berhasil mengamankan posisi kedua pada debut Sean dan Vandoorne di tim asal Inggris ini. Finish di race 1 berjarak 1 lap antara JOTA dengan G-Drive yang memenangkan balapan. Sementara posisi ketiga diraih oleh Phoenix dan mobil kedua tim G-Drive finish keempat. Di ALMS, selain LMP2 juga melombakan kelas LMP3 dan GT.

Race 2

Untuk race 2 ALMS 2021 seri Dubai, hasil yang diraih tidak semaksimal seperti race pertama. Menjadi pembalap yang mendapat giliran pertama, Sean memilih strategi untuk tidak langsung menyerang sejak awal. Mantan pembalap Formula 2 itu memilih lebih berhati-hati, salah satunya demi menghindari insiden seperti di balapan pertama.

KFC Sean Gelael

Start dari posisi ketiga, bahkan Sean sempat turun ke posisi keempat. Namun situasi ini membuatnya bisa memperhatikan pergerakan lawan di depannya satu per satu. Lalu dua pembalap di depannya, John Falb dan Trummer secara bertahap berhasil disalip untuk meraih posisi kedua.

Momen bagus didapatkan saat berhasil melakukan overtake terhadap Rene Binder di lap 14, yang berbuah posisi pertama. Untuk pertama kalinya di akhir pekan debut, Sean memimpin balap ALMS 2021. Namun hanya berlangsung satu lap, posisi tersebut harus lepas karena terjadi insiden tabrakan dengan Jan Erik Slooten dari kelas LMP3.

Kerusakan mobil terjadi dan memaksa JOTA melakukan pit stop perbaikan lebih dari yang direncanakan. Perbaikan mobil memakan waktu 5 menit lebih, yang berakibat hilangnya beberapa posisi. Saat keluar pit setelah perbaikan, Sean bergabung ke balapan di posisi ke-29 keseluruhan. Sebelum bergantian dengan Vandoorne, posisi telah berhasil diperbaiki menjadi posisi kelima.

KFC Sean Gelael

Saat giliran Vandoorne, mobil kembali mengalami masalah yang memaksa pit stop tambahan. Masalah ini terjadi ketika durasi balapan tersisa 1 jam 44 menit. Butuh waktu 10 menit untuk melakukan perbaikan ini sebelum Vandoorne kembali ke lintasan.

Saat kembali ke balapan, JOTA memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk perbaiki posisi. Alhasil, balapan diakhiri JOTA Sport menduduki posisi keenam dan berbuah 8 poin tambahan untuk seri pertama. Sean mendapat kesempatan untuk mengemudikan mobil sampai finish, pada 50 menit terakhir.

Dari seri pertama ini, secara total poin yang diraih JOTA Sport adalah 26 poin. Saat ini di klasemen sementara JOTA menduduki posisi keempat, selisih 24 poin di bawah G-Drive yang memimpin sementara. WAHYU HARIANTONO / RS

Sumber foto: Team Jagonya Ayam

Artikel yang direkomendasikan untuk anda