Beranda Updates Wow, Generasi Terbaru XC90 Bakal Dilengkapi Teknologi Canggih LiDar

Wow, Generasi Terbaru XC90 Bakal Dilengkapi Teknologi Canggih LiDar

JAKARTA, Carvaganza.comPabrikan Volvo dikenal sebagai pabrikan terdepan dalam hal concern terhadap keselamatan dan keamanan berkendara. Baik untuk pengemudi, penumpang dan pejalan kaki. Tak heran jika pabrikan ini menjadi kiblatnya keselamatan berkendara.

Sekarang ada kabar menggembirakan lagi dari pabrikan Swedia ini. Mereka sedang mengembangkan fitur canggih yang diciptakan masih dalam kerangka fitur autonomous driving. Padahal fitur autonomous driving bukan hal baru dalam dunia otomotif. Fitur berkendara mandiri tersebut merupakan salah satu highlight dari pengembangan teknologi otomotif pada paruh kedua dasawarsa yang lalu. Ditandai oleh kehadiran Tesla, sebagai brand high-end dan pabrikan mobil listrik.

Volvo sendiri sudah mengembangkan ide autonomous driving sejak 2016. Meskipun mendapat predikat sebagai produsen mobil teraman di dunia, self-driving dan safety adalah dua konsep yang berbeda.

Lantas fitur apa yang dikembangkan oleh Volvo tersebut? Pabrikan bekerjasama dengan Luminar untuk mengembangkan teknologi berkendara otonom untuk kendaraan Volvo di masa depan. Nama fiturnya LiDAR, singkatan dari Light Detection and Ranging. LiDAR tersebut nantinya akan diaplikasikan ke setiap mobil Volvo di masa depan.

Teknologi LiDAR

LiDAR adalah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur jarak suatu benda dengan benda lain – dalam hal ini mobil – dengan menggunakan pendaran cahaya laser. Teknologi tersebut akan mengukur jarak sebuah benda yang dihampiri maupun yang ditinggalkan (di depan maupun di belakang) lalu sensor akan berfungsi menghitung seberapa dekat benda itu dengan mobil.

Volvo secara spesifik menyebut model mobil yang bakal menggunakan fitur canggih tersebut. Adalah mobil Volvo generasi baru yang menggunakan arsitektur SPA 2 terbaru. Nah platform SPA 2 terbaru itu akan sudah siap ketika produksi dimulai tahun 2022 mendatang.

Luminar LiDAR tersebut rencananya bakal dipasang di bagian atap depan mobil. Jika teknologinya sudah siap, software akan diupdated untuk menyuport berkendara otonom jika memang konsumen menginginkannya.

Volvo XC90

Yang perlu kita ketahui adalah, Volvo sudah mengingatkan bahwa self-driving hanya bisa digunakan di jalan tol. Oleh karena itu akan didukung oleh fitur Highway Pilot jika alat tersebut sudah diverifikasi aman untuk dipakai dalam lokasi dan kondisi seperti apapun. Teknologi LiDar juga akan digunakan untuk menyempurnakan fitur Advanced Driver Assistance System yang dikembangkan Volvo.

Lalu model apa yang bakal mengadopsi fitur ini pertama kali? Diduga kuat adalah XC-90 generasi terbaru karena model ini adalah yang bakal pertama kali mengaplikasi SPA 2. Apalagi, versi crossover medium generasi ketiganya bakal diperkenalkan tahun 2022. Klop bukan?

Volvo XC90 sendiri sudah dipasarkan sejak 2002 dan sekarang baru memasuki generasi kedua. Generasi pertamanya diperkenalkan pada Detroit Motor Show 2002. Memakai platform Volvo P2, berbagi platform dengan Volvo S80 generasi pertama dan sejumlah kendaraan Volvo lainnya yang berbodi bongsor.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Mobil Toyota Paling Buas Muncul Di Trek Le Mans

SARTHE, Prancis, Carvaganza.com – Akhirnya hypercar hybrid Toyota GR Super Sport diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Padahal ini mobil sudah dijadikan bahan pemberitaan...

Velozity Chapter V – Kapur Gelar Kopdar Kemanusiaan Donor Darah

KARAWANG, Carvaganza.com -  Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sesama manusia harus meningkatkan saling kepedulian. Wabah Corona telah menimbulkan dampak terhadap ragam sektor...

Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan...

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...