Video: Mengenang Duel Epic Kimi VS Hamilton di Spa 2008

SPA-FRANCORCHAMPS, 25 Agustus 2016 – Spa-Francorchamps adalah salah satu sirkuit klasik F1 dan paling disukai oleh pembalap maupun fans karena layoutnya. Di sini kerap kali terjadi aksi-aksi menegangkan antar pembalap yang membuat balapan menjadi semakin spektakuler.

Salah satunya adalah duel epic antara pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, dengan Kimi Raikkonen dari Ferrari pada GP Belgia 2008. Pada saat itu, Kimi sedang mengincar podium finis pertama sekaligus mengincar kemenangan di Spa empat kali berturut-turut tanpa terkalahkan.

Dua lap menjelang akhir Kimi memimpin balapan karena Lewis Hamilton sempat tergelincir. Tapi Lewis tak menyerah, ia menempel balik pembalap Finlandia di menit-menit terakhir ketika hujan mulai turun. Kimi akhirnya melakukan kesalahan dan berhasil disalip oleh Lewis yang akhirnya menyambut chequered flag. Sedangkan Kimi bernasib sial, setelah disalip Lewis, ia tampaknya sulit mengendalikan diri, mobilnya menghantam tembok pembatas dan tidak finis.

Setelah sempat menikmati podium kemenangan, posisi finish Hamilton turun menjadi ketiga karena dijatuhi hukuman pengurangan waktu 25 detik karena Ia menyalip Kimi dari luar trek ketika ia terlincir di chicane Bus Stop.

Wah…

EKA ZULKARNAIN