Untuk Gran Turismo, Konsep Virtual Jaguar Ini Punya Tenaga Sampai 1.877 Hp

COVENTRY, Carvaganza.com – Sekuel terbaru dari video game Gran Turismo akan dirilis tahun depan. Jelang peluncuran, pabrikan otomotif mulai kembali membuat mobil konsep yang nantinya bisa digeber di game tersebut. Yang pertama resmi merilis konsepnya untuk Gran Turismo 7 adalah Jaguar, lewat konsep virtual bernama Jaguar Vision Gran Turismo SV.

Sebelumnya saat versi Gran Turismo 6 beredar, banyak pabrikan dunia yang merilis konsep VGT (Vision Gran Turismo). Sepertinya tren tersebut akan berlaku lagi saat Gran Turismo 7 sudah tersedia untui dimainkan di konsol PlayStation 5 (PS5). Untuk versi baru ini, Jaguar mengambil pendekatan desain ke arah mobil balap prototipe endurance. Sebelumnya Jaguar juga pernah merilis konsep serupa, melalui Vision Gran Turismo Coupe.

Secara teori, karena merupakan konsep virtual, Vision Gran Turismo SV adalah mobil balap bertenaga listrik. Mengandalkan empat unit motor listrik, total output yang dihasilkannya adalah tenaga 1.877 hp dan torsi 3.360 Nm. Dari angka output sebesar itu, diklaim kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapainya dalam 1,65 detik saja. Sementara top speed yang akan disentuh adalah 410 km/jam.

Desain yang sangat streamline diterapkan pada mobil ini, melalui bonnet panjang dan atap rendah, yang bahkan nyaris segaris dengan tinggi fender depan. Fascia depan menunjukkan grille tertutup sebagai rumah logo Jaguar, karena berpenggerak listrk. Lalu di bawahnya terpasang splitter Panjang dan lebar, yang terpotong di bagian tengahnya.

Bagian samping nyaris tidak menhampilkan lubang udara, kecuali satu ventilasi yang mengeluarkan tekanan udara dari balik fender depan. Selebihnya tidak ada ventilasi atau intake sama sekali mewarnai sisi samping Vision Gran Turismo SV. Beberapa referensi desain pada konsep ini diambil dari model lama Jaguar seperti C-type, D-type, XJR-9, dan XJR-14. Apalagi sayap belakang raksasanya juga mengingatkan pada masa Jaguar turun di Le Mans.

Secara dimensi dibandingkan VGT Coupe, Vision Gran Turismo SV lebih panjang 861 mm. Seluruh bagian body dimanfaatkan demi menghasilkan downforce lebih maksimal, termasuk bagian bawah yang sepenuhnya tertutup. Tidak hanya tertutup, bagian kolong juga diberikan pahatan khusus demi aliran udara terbaik ke diffuser. Hasilnya, drag coefficient (Cd) mobil ini hanya 0,398, dengan 483 kg downforce dihasilkan saat mencapai 322 km/jam.

Bagian interior pun dibikin sedemikian rupa agar mendukung performa aerodinamika dan pengemudi, dengan posisi rebah untuk duduk di kokpit. Seluruh instrumen di dalam diposisikan mudah dijangkau tangan. Seluruh perangkat pengendali juga dibuat agar mempertahankan bobot mobil tetap ringan, menggunakan material Typefibre. Material ini digunakan untuk membuat jok komposit, yang juga akan diuji pada mobil balap I-Type Formula E musim depan.

“Vision GT SV adalah mobil yang dramatis dan menawan secara visual, yang menampilkan apa yang mungkin terjadi ketika batasan tradisional yang mengatur desain mobil dunia nyata benar-benar dihapus. Dalam menghidupkan mobil ini dengan studi desain ukuran penuh, kami dapat menampilkan versi paling ekstrem dari mobil balap Jaguar listrik yang terinspirasi oleh masa lalu, tetapi terlihat tanpa rasa takut ke masa depan," papar Julia Thomson selaku direktur desain Jaguar.

“Semua fitur aerodinamis telah dioptimalkan dengan susah payah melalui analisis dinamika fluida komputasi mutakhir - dengan cara yang persis sama yang kami lakukan dengan proyek dunia nyata seperti mobil balap Jaguar I-TYPE Formula E,” timpal senior aerodynamic engineer Jaguar SV, Michael O'Regan.

Sumber: Carscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda