Beranda Updates Toyota Bakal Rilis Supra Varian ‘Hardcore’, Mesin Dari BMW?

Toyota Bakal Rilis Supra Varian ‘Hardcore’, Mesin Dari BMW?

TOKYO, Carvaganza.com – Toyota GR Supra telah lebih dari setahun beredar di pasar, dan sukses meraih predikat sebagai salah satu driver’s car favorit. Meski kehadirannya cukup kontroversial karena berbagi basis dengan BMW Z4, kabarnya GR Supra akan mendapat varian baru yang lebih kencang, juga mengadopsi elemen penting dari BMW.

Beredar kabar di Jepang, konon Supra akan hadir dalam varian performa dari GRMN, dengan jantung pacu lebih ganas dan kencang. Unit mesin enam silinder yang ada pada Supra generasi kelima saat ini akan diganti dengan unit baru, berasal dari BMW M3 dan M4 terbaru.

Versi original Supra mengandalkan unit mesin enam silinder segaris 3,0 liter turbo, dengan kode B58. Mesin dari model BMW M240i ini memiliki kombinasi tenaga 382 hp dan torsi 499 Nm, berikut transmisi otomatis 8-speed konvensional. Untuk Supra edisi GRMN, paket drivetrain yang digunakan akan lebih ganas lagi.

Mesin yang akan diadopsi disebut berasal dari M3 dan M4 generasi terbaru, yang akan meluncur pada September 2020 mendatang. Dengan konfigurasi enam silinder 3,0 liter twin-turbo, yang tenaganya diklaim meningkat sampai 512 hp dan torsinya 608 Nm. Dapur pacu ini sudah lebih dulu digunakan pada X3 M dan X4 M.

Tidak hanya mesin, spesifikasi transmisi pun akan berbeda. Unit baru gearbox dual-clutch 7-speed akan diadopsi, demi memberikan perpindahan gigi yang lebih singkat dan efisien. Sistem dual-clutch juga akan memberikan sensasi suara yang berbeda dari mesin, setiap perpindahan gigi. Menariknya, justru M3 dan M4 terbaru akan menggunakan transmisi otomatis jenis torque converter.

Dengan nama Supra GRMN, lebih lanjut dikatakan sportscar gerak roda belakang (RWD) ini baru akan muncul setidaknya paling cepat pada tahun 2023. Bahkan produksinya akan terbatas, dengan rumor mengatakan hanya sebanyak 200 unit di seluruh dunia. Kalangan kolektor pecinta Samurai kencang ini pastinya akan berlomba untuk bisa meminang Supra GRMN nanti.

GR Supra dengan kode seri A90 telah resmi dipasarkan sejak awal tahun 2019. Mobil ini sempat memicu perdebatan di kalangan purist pecintanya, karena tidak murni diproduksi sepenuhnya oleh Toyota. Produksinya dilakukan dari Magna Steyr, Austria, salah satu fasilitas produksi milik BMW. Namun kemudian performanya terbukti berhasil mempertahankan reputasinya sebagai sportscar yang menyenangkan.

Selain varian mesin 3,0 liter turbo, Toyota juga menyediakan opsi varian mesin empat silinder 2,0 liter turbo untuk Supra. Namun varian ini hanya dipasarkan untuk wilayah Jepang dan Inggris. Salah satu yang ditunggu-tunggu dari GR Supra adalah tersedianya opsi transmisi manual. Namun sejauh ini tidak ada sinyal positif dari Toyota soal itu.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...

Pabrikan Sportscar Perancis Ini Ingin Jadi Ferrari Versi Mini

PARIS, Carvaganza.com – Setiap pabrikan otomotif punya cara dan strateginya sendiri untuk menegaskan eksistensinya di tengah pasar. Apalagi, kalau merek yang dibawa sempat lama...