Beranda Updates TMMIN Konsisten Ekspor Sedan, Ekspor Vios Naik 85%

TMMIN Konsisten Ekspor Sedan, Ekspor Vios Naik 85%

JAKARTA, 28 Juni 2016PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMINsecara konsisten menjaga ekspor kendaraan utuh mereka termasuk untuk model sedan. Meski pasar sedan di Indonesia tidak sebagus pasar Multi-Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV), namun ekspor sedan ke mancanegara mencatatkan angka cukup bagus.

Hal tersebut dibuktikan ekspor Toyota Vios ke-13 negara di dunia mencapai 85% sedangkan penjualan untuk pasar Indonesia sebanyak 15%.

Sejak pertama kali diproduksi, pabrik TMMIN Karawang 2 telah menghasilkan sebanyak 110.500 unit Vios. Dari keseluruhan volume tersebut, sebanyak 93.900 unit diekspor ke mancanegara, sedangkan sebanyak 16.600 unit pasar domestik.

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN mengatakan ekspor Vios adalah bukti nyata bahwa Indonesia memiliki potensi untuk memenangkan kompetisi yang semakin kompetitif di era perdagangan bebas ini.

“Namun kita harus terus menerus bekerja keras menjaga daya saing, seperti memperkuat kedalaman industri otomotif dan kualitas sumber daya manusia, agar tetap dapat berkompetisi dan dipercaya sebagai basis produksi dan ekspor Vios,” kata Warih.

Vios mulai diproduksi di dalam negeri sejak Desember 2013 di Fasilitas produksi TMMIN Karawang 2 di kawasan industri Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat dengan kandungan lokal mencapai 60%.

Hanya berselang beberapa bulan setelahnya, Vios langsung diekspor ke negara-negara di kawasan Asia dan Timur Tengah pada bulan Maret 2014 dengan volume sekitar 1.500 unit per bulan. Secara bertahap volume ekspor Vios meningkat hingga mencapai 3.500 unit per bulan.

TITO LISTYADI

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza