Beranda Updates TIPS: Perawatan Ekstra Mobil Berwarna Gelap Agar Tampak Elegan

TIPS: Perawatan Ekstra Mobil Berwarna Gelap Agar Tampak Elegan

JAKARTA, Carvaganza – Mobil berwarna gelap kerap menjadi pilihan sebagian orang. Berbagai poin jadi alasan, selain termasuk warna netral dan tidak membosankan, kendaraan berkelir gelap dan mengilap kerap memberikan kesan mewah. Meskipun memiliki kesan luksuri, pemilik mobil berwarna gelap wajib memberikan perawatan ekstra. Pasalnya kendaraan berwarna gelap dan mengkilap cenderung reflektif dalam mengekspos kotoran, debu, serta baret yang mudah tampak pada permukaan bodi mobil.

Peugeot sendiri punya beberapa pilihan warna gelap pada Peugeot 3008 SUV dan 5008 SUV. Mereka punya pilihan Nera Black, Emerald Crystal, atau Aster Grey. Karena peluangnya yang cukup besar untuk terlihat kusam, lantas seperti apa cara efektif dan aman dalam merawatnya? Tidak perlu khawatir, para pemilik mobil berwarna gelap dapat mengikuti petunjuk berikut.

“Waktu ideal untuk mencuci mobil adalah saat pagi atau malam hari. Karena ketika masih ada  tetesan air dipermukaan bodi lalu menguap kena panas matahari. Biasanya mobil berwarna gelap mudah mengekspos jamur semacam noda putih,” kata Samsudin, Aftersales Support dari Astra Peugeot.

Saat Anda mencuci kendaraan gunakan shampo khusus, jangan gunakan sabun detergen, sabun colek, atau sabun cuci. Cuci kendaraan menjelang siang atau sore hari, setelah mobil diberi sabun dan di lap harus segera dibilas dengan air bersih. Jangan lupa gunakan kain yang bersih.

Setelah itu, sisa air yang masih melekat dikeringkan dengan segera. Agar tidak baret, gunakan lap microfiber dan lakukan proses menyeka atau mengelap dengan gerakan searah. Sebaiknya jangan gunakan kain potongan baju bekas atau handuk karena tidak didesain untuk membersihkan mobil.

Cara terakhir yang juga jarang diperhatikan oleh pemilik mobil adalah tempat yang digunakan untuk memarkir kendaraan waktu malam hari. Jauhkan memarkir kendaraan di tempat yang terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan body mobil. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan body mobil Anda mengalami retak-retak kecil. Pasang sarung mobil saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cat mobil.

Perawatan

Selanjutnya, bagaimana dengan mobil-mobil berwarna gelap yang sudah terlanjur kusam? Tidak perlu panik, anda dapat melakukan perawatan untuk mengembalikan warnanya. Di pasaran terdapat banyak pilihan paket ‘car detailing’ yang spesial khusus untuk mengangkat warna mulai pudar.

Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari produk ‘car detailing’ khusus untuk warna gelap yang punya formulasi untuk mengangkat kembali kualitas warna aslinya.

“Namun juga pastikan formulasi tersebut bersahabat dengan komponen aksesori lain, terutama berbahan plastik berwarna hitam yang menempel pada bodi, seperti karet wiper, karet kaca, lis bodi dan bumper,” tambah Samsudin.

Produk ‘car detailing’ umumnya mampu memberikan pigmen hitam yang sangat kecil dan mampu jua untuk masuk ke dalam pori-pori cat untuk kembali menghasilkan warna hitam yang pekat. Ada juga yang bisa mengangkat noda membandel akibat oksidasi ringan, juga menutup swirl mark atau baret-baret halus.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Nissan Magnite World Premiere di India, Ini Fitur-Fitur Menariknya

NEW DELHI, carvaganza.com – Pabrikan Nissan pada hari ini Rabu (21/10) melakukan premiere global Magnite di India. Sekaligus membuka tabir rumor yang berseliweran dalam...

MG Motor Indonesia Tunjuk Donald Rachmat Sebagai General Director Baru

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai pemain paling baru di kancah otomotif nasional, MG Motor Indonesia terus membuat strategi memperkuat posisinya. Yang terbaru adalah dengan mengangkat...

Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

SEOUL, carvaganza.com – Memang mobil-mobil kecil dengan tenaga besar agak mengalami kemunduran. Cupra Ibiza, Audi S1 dan Renault Clio R.S sudah out, tapi masih...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta ( Bagian 3)

Klaus-Günter Jacobi berhasil membawa sahabatnya, Manfred Koster keluar dari Jerman Timur menggunakan BMW Isetta yang telah dimodifikasi. Rencananya ini dibantu dua orang pelajar yang...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Bagian 2)

Menyembunyikan orang di dalam mobil yang lebarnya tak lebih dari 127 cm dan panjang 228 cm itu jenius sekaligus gila. Jenius karena orang lain...