Beranda Updates SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan melanjutkannya ke wujud SUV, segmen yang semakin diminati pasar saat ini. Porsche pun sudah lakukan langkah persiapannya.

Baru-baru ini, sosok yang diyakini sebagai Porsche Macan generasi baru sedang diuji. Dikatakan, sosok prototipe tersebut menggunakan powertrain elektrik, yang akan ditawarkan pada suksesor Macan. Artinya, kemungkinan besar Macan akan menjadi model mainstream pertama Porsche yang mendapat varian full electric.

Kabarnya sudah beredar cukup lama dan baru-baru ini sebuah prototipe awal kedapatan tengah menguji di area tertutup. Dilansir dari Motor1, dapat dipastikan hasil tangkapan foto mereka adalah sebuah Macan Electric. Bukan prototipe Tesla Model Y atau Aston Martin DBX Coupe. Meski begitu, Porsche benar-benar menutupi detail desain dan berusaha mengecoh mata.

Di depan, upaya menutupi rancangan dicapai dengan membuat grafis menyerupai lampu serupa model yang tyengah dijual. Beruntung tidak tertutup sepenuhnya. Minimal bisa kita lihat arahan desain mirip paras Taycan: melekat sepasang lampu yang agak menyipit. Kalau melirik diferensiasi gaya, diprediksi mengikuti arahan Panamera dan Taycan. Dibikin serupa tapi tak sama. Boleh jadi ada kemiripan sekilas hanya saja detail berbeda jauh.

Jangan sampai terkecoh juga oleh profil jendela di samping. Belt line menukik hanya bagian dari kamuflase. Lalu, bokongnya diyakini akan mengadopsi punggung melandai. Mengalun lembut dari atap lalu disudahi oleh retractable spoiler aktif besar. Ya, bisa dilihat exhaust pipe menjadi bagian elemen tubuh prototipe. Sebagai mobil listrik, niscaya kedua lubang itu nanti hilang.

Tampilan sang crossover Porsche dari luar mungkin akan terasa familiar ketika sudah ditelanjangi. Tapi dibalik itu semua, ia akan didirikan di atas basis baru Premium Platform Electric (PPE). Adalah platform modular khusus EV hasil kembangan bersama Audi. Pondasi ini sendiri spesifik menyasar segmen luxury, menjadi dasar realisasi produk EV menengah ke atas dalam grup Volkswagen.

Ibarat merakit R/C, sasis mampu beradaptasi pada beragam teknologi sesuai kebutuhan masing-masing pabrikan. Mau menggunakan satu motor listrik di belakang atau dua untuk sebuah sistem AWD mudah terlaksana. Begitu pula soal diferensiasi performa dan kecepatan pengisian daya. Tergantung seberapa kuat sistem, motor listrik, dan kapasitas baterai.

Untuk spesifikasi Macan Electric sendiri masih sebatas rumor. Ya, arsitektur PPE ditujukan untuk kelas mewah sekaligus punya performa tinggi. Konon sanggup menghasilkan tenaga sampai sekitar 700 hp di varian Turbo S. Bukan teknologi pemadat udara seperti mesin konvensional, “Turbo” mengindikasikan varian buas alias kencang sebagaimana pada Taycan. Satu hal bisa dipastikan adalah penyematan sistem AWD mengingat Macan peminum bensin memiliki kemampuan itu sebagai standar.

Line up sang crossover tidak beralih sepenuhnya ke model EV secara langsung. Setidaknya sampai saat nanti versi listrik mengaspal. Yang jelas,akan terjadi pemisahan jajaran antara model konvensional dengan kendaraan bermotor listrik sebagai bagian transisi. Mungkin masih sulit diterima para fans bila Porsche terburu-buru meninggalkan mesin konvensional. Sama seperti saat mereka beralih dari air-cooled ke water-cooled engine di keluarga Neunelfer (911), ada fanatiknya masing-masing. Lantaran DNA Porsche melekat erat dengan pemacu daya sekaligus kental akan tradisi lama.

Macan Electric dijadwalkan mulai mengaspal sekitar 2022. Berdasarkan informasi ini, bisa jadi Porsche mengenalkan lebih dulu. Ekspektasikan muncul kurang dari setahun sebelum resmi dipasarkan, kemungkinan di 2021. Menuju hari besarnya, pabrikan saat ini sedang menyiapkan fasilitas Leipzig. Lebih dari 64 juta USD (sekitar Rp938 miliar) diinvestasikan untuk ekspansi pabrik berikut body shop baru.

Sumber: Motor1, Carscoops

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...