Beranda Updates Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi kembali di World Endurance Championship (WEC), mulai tahun 2022. Kelas baru yang akan dihadirkan menarik minat Peugeot untuk menjawab lagi tantangan.

Akan diterapkannya kelas Le Mans Hypercar (LMH) mulai 2022 menjadi alasan Peugeot akan turun lagi di ajang ketahanan ini. Kelas LMH akan menggantikan kelas LMP1 sebagai kelas tertinggi di WEC. Pabrikan akan diperbolehkan partisipasinya, menggunakan basis hypercar yang diproduksi, untuk dijadikan mobil balap prototipe.

Pabrikan Perancis ini mengumumkan misinya tersebut bersamaan digelarnya Le Mans 24 Hour 2020, akhir pekan ini. Pengumuman dilaksanakan pada hari Jumat (18/9/2020) kemarin di Sirkuit Le Mans, jelang berlangsungnya rangkaian akhir pekan balap.

“Pemilihan kategori LMH didasari oleh beberapa kriteria, salah satunya adalah kebebasan tertentu dalam aerodinamika. Hal ini memungkinkan untuk penggabungan, dengan dukungan Peugeot Design, detail estetika dari merek kami,” tulis pernyataan resmi Peugeot.

Untuk senjata barunya nanti, Peugeot tetap bermitra dengan Total yang telah menjadi sponsor utamanya di motorsport selama 25 tahun. Spesifikasi mobil yang akan dibangun adalah memakai powertrain hybrid dan sistem penggerak 4-wheel drive. Total output tenaga yang akan dihasilkan disebut 670 hp, didukung 268 hp dari motor listrik yang menggerakkan roda depan. Belum diungkap mesin apa yang akan dipakai sebagai penggerak utamanya.

Melihat platform dan teknologinya, artinya mobil LMH akan lebih berat daripada mobil kelas LMP1 saat ini. Dimensi mobil pun akan lebih panjang, sampai 5 meter, begitu juga lebarnya yang akan sekitar 2 meter. Peugeot sekaligus merilis foto teaser konsep prototipe mobil yang akan dikembangkan untuk balapan ini.

Kelas LMH diharapkan bisa menarik minat lebih banyak pabrikan untuk berpartisipasi, salah satunya dengan biaya yang lebih terjangkau dan dibatasi. Bahkan pabrikan diberikan opsi untuk kembangkan mobil balapnya sendiri dari nol, atau memodifikasi hypercar jalan raya produksinya.peugeot telah menjadi salah satu pabrikan baru yang tertarik dengan ide ini.

“Kami telah mengonfirmasi bagian dari konsep aerodinamika. Kerangka mesin telah dipuruskan dan kami telah memilih fungsionalitas sistem hybrid dan desain dasarnya. Kami masih punya beberapa langkah sebelum debut kami dalam balap ketahanan tahun 2022,” jelas technical director Pugeot Sport WEC, Oliver Jansonnie.

Sepak terjang di WEC sendiri, Peugeot pernah memenangkan Le Mans pada masa Group C di tahun 1992 dan 1993 dengan mobil 905. Kemudian satu kemenangan lainnya diraih pada tahun 2009, dengan 908 HDi FAP bermesin diesel. Partisipasi terakhir Peugeot di WEC adalah pada tahun 2007 sampai 2011.

Selain Peugeot, tim atau pabrikan lain yang telah tunjukkan minatnya ke kelas LMH adalah Toyota dan Scuderia Cameron Glickenhaus. Sementara Aston Martin yang juga sempat menyatakan minatnya harus mundur lebih dulu, menyusul perubahan di dalam manajemen dan kepemilikan sahamnya.

Sumber: Autocar, Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Wow, Tesla Raup Pemasukan Besar di Kuartal 3 Tahun 2020

NEW YORK, carvaganza.com – Tak disangka-sangka ternyata pabrikan mobil listrik Tesla meraup untung besar sepanjang 2020 ini. Padahal, banyak orang berspekulasi, sektor otomotif Tesla...

Outlaw, Aliran Modifikasi Yang Dicaci dan Dikagumi

JAKARTA, Carvaganza -- Pernah dengar modifikasi Outlaw? Kalau belum tidak perlu kecewa. Karena memang modifikasi ini banyak dilakukan, tapi hasilnya jarang bisa langsung dilihat...

Hummer EV Edition 1 Resmi Dijual, Monster Offroad 1.000 Hp Pertama Bertenaga Listrik

General Motors (GM) masih ada. Ya di Indonesia memang salah satu anak perusahaanya, Chevrolet telah lama hengkang. Tapi di dunia nama GM tak bisa...

Beli Mobil Dapat Promo Sekaligus Sehat Bersama Honda

JAKARTA, Carvaganza -- Sumbangan penjualan secara digital yang cukup signifikan membuat Honda terus menggejot strategi penjualan dari sektor ini. Menjelang penghujung tahun 2020 ini,...

Nissan Magnite World Premiere di India, Ini Fitur-Fitur Menariknya

NEW DELHI, carvaganza.com – Pabrikan Nissan pada hari ini Rabu (21/10) melakukan premiere global Magnite di India. Sekaligus membuka tabir rumor yang berseliweran dalam...