Peugeot Beri Sinyal 3008 dan 5008 SUV Facelift Segera Masuk Indonesia

Peugeot 5008

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah 3 tahun tanpa penyegaran, Astra Peugeot memberikan isyarat akan memboyong duo SUV Peugeot 3008 dan 5008 facelift dalam waktu dekat ke Indonesia. Yap, dipasarkan di Indonesia sejak tiga tahun lalu, kedua SUV ini belum mendapat perubahan atau penambahan fitur. Kini beredar kabar edisi penyegaran keduanya akan segera hadir.

Kabar ini tak dibantah Astra Peugeot selaku agen pemegang merek (APM) Peugeot di Indonesia. Rokky Irvayandi, CEO of Astra Peugeot bahkan menyatakan model terbaru Peugeot 3008 dan 5008 akan mendarat di Indonesia dalam waktu dekat. “Sudah semestinya duo SUV Peugeot 3008 dan 5008 mengalami pebaharuan untuk penyegaran. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, sosok Duo SUV Peugeot bisa terwujud,” kata Rokky Irvayandi.

Rocky mengatakan penyegaran kedua model ini perlu dilakukan agar lebih kompetitif bersaing di segmen SUV premium yang cukup menjanjikan di Tanah Air. Selain itu, kiprah duo asal Prancis ini selama hampir 3 tahun memberikan keseriusan Astra Peugeot. "Kalau melihat dari kehadirannya, 3 tahun, selayaknya Peugeot mengalami ubahan anyar. Ubahan minor (minor change) atau facelift, secara umum dilakukan sejumlah pabrikan dalam rentang waktu 2 hingga 3 tahun kiprah di pasaran," kata Rokky.

Untuk Peugeot 3008 SUV dijual Rp 710 dan Peugeot 5008 SUV dibanderol Rp 765 juta. Astra Peugeot mendatangkan Peugeot 3008 pada Maret 2018 lalu. Setahun kemudian menyusul Peugeot 5008. Ragam varian pilihan mulai dari GT Line hingga Allure Plus memberikan keleluasaan pilihan bagi konsumen di Indonesia. Sepanjang 2020 kemarin Astra Peugeot mampu mencatat penjualan sebanyak 212 unit, atau meningkat dibandingkan tahun 2019 yang hanya menjual 129 unit.

Baca juga: Peugeot 3008 Bekas 2018 Sekarang Lebih Murah, Simak Pertimbangan Membelinya

Peugeot 3008

Perkembangan SUV

Salah satu alasan Astra Peugeot adalah berkembang pesatnya segmen SUV. Hampir sebagian besar pabrikan global berlomba-lomba meluncurkan produk terbaiknya di segmen ini. Menurut data JATO European pasar SUV di Benua Biru mampu menguasai pasar 44% market share pada 2020. Memang pasar otomotif Eropa turun hingga 26 persen total penjualan year on year (JATO European.01/2021). Group Volkswagen, Peugeot, BMW, Mercedes Benz dan Audi masih mendominasi di pasar SUV.

Demikian juga dengan pasar Asia, terutama Asia Tenggara. Sederet SUV berkembang pesat untuk menjadi pilihan konsumen local. Memang masa Pandemic Covid-19 memukul industri otomotif dan berimbas penurunan total penjualan kendaraan hingga 29% (Nikkei Asia 02/2021), namun SUV masih memberikan pasar potensial. Pasar Otomotif, SUV di Thailand, Vietnam, Malaysia dan Indonesia masih memberikan sinyal positif.

Sementara di pasar di Indonesia. Pasar SUV masih memberikan sinyal baik dan tetap tren untuk pilihan konsumen lokal. Bahkan pasar SUV kian berkembang dalam menjadi pilihan konsumen. Singkat kata, SUV berkembang sedemikian rupa dalam berbagai lapisan konsumen. Mulai dari light SUV hingga Big SUV, termasuk SUV Premium tentunya. (RAJU)

Baca juga: Peugeot 308 SW Siap Serbu Jajaran Estate Kompak Grup VW dengan Gaya Menawan

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature