Beranda New Cars Nissan Leaf 2018, The Bestselling EV

Nissan Leaf 2018, The Bestselling EV

Nissan Leaf berhasil menjadi mobil listrik populer di dunia. Dan generasi terbaru menawarkan berbagai kelebihan yang semakin meningkatkan eksistensinya.

NISSAN selalu menggunakan huruf kapital untuk mobil electric vehicle (EV) mereka: LEAF. Meski nama itu sesuai dengan karakter mobil listrik yang ramah lingkungan, LEAF sendiri merupakan singkatan dari Leading Environmentally friendly Affordable Family vehicle. Untungnya mereka tak menggunakan semua huruf depan dari setiap kata, karena LEFAFV terdengar aneh dan pastinya sulit diucapkan.

Nissan Leaf menjadi mobil fully electric paling laku di dunia pada awal tahun ini, dengan penjualan mencapai 300.000 unit. Kini mereka kembali memberikan sentuhan baru di semua sektor pada generasi kedua yang diluncurkan akhir 2017 lalu. Eksterior EV ini terlihat lebih tajam dan agresif. Nissan mengaku kalau desain tersebut terinspirasi dari mobil konsep IDS yang tampil pertama kali di Tokyo Motor Show 2015. Meski begitu, Anda masih bisa melihat benang merah dengan Nissan Leaf generasi pertama.

Interiornya juga mendapat peningkatan. Desain generasi kedua ini lebih sederhana dan user friendly, terutama di bagian cluster meter yang terdiri dari multi-information display (MID) dan speedometer analog sehingga membuat lebih nyaman bagi pengguna yang konservatif.

Meski begitu, Nissan masih menggunakan banyak tombol dan hanya menyematkan layar infotainment mungil berukuran 7 inci di tengah dashboard. Layar tersebut menggunakan teknologi NissanConnect yang memungkinkan pengemudi mendapatkan informasi terkini seperti lokasi charging. Selain itu, peranti lunak tersebut bisa dihubungkan dengan smartphone sehingga pemilik dapat memeriksa status baterai mobilnya kapan pun.

Berhubung baterai dan komponen berat lainnya di letakkan di tengah mobil demi meningkatkan stabilitas dan smooth cornering, posisi duduk menjadi lebih tinggi. Memang kondisi ini meningkatkan visibilitas. Tapi mengingat Leaf tak dilengkapi telescopic steering, posisi pengemudi menjadi tak terlalu ergonomis.

Tapi bagian paling menarik dari sebuah mobil listrik adalah motor elektriknya. Kapasitas baterai lithium Nissan Leaf kini menjadi 40 kWh, 30% lebih besar dari generasi sebelumnya. Peningkatan kapasitas plus teknologi Nissan e-Powertrain juga berpengaruh terhadap efisiensi energi sehingga tenaga maksimal bertambah menjadi 148 bhp (naik 38%) dan torsi 320 Nm (naik 26%). Jarak tempuhnya pun meningkat menjadi 400 km untuk sekali charge.

Nissan juga memperkenalkan e-Pedal untuk generasi kedua Leaf. Teknologi ini memungkinkan pengemudi berakselerasi dan deselerasi, bahkan berhenti, hanya dengan mengatur tekanan pada pedal gas. Bagi Anda yang tak suka perubahan drastis, jangan khawatir. Nissan tetap memberikan pedal rem yang dapat digunakan untuk pengereman agresif.

Spesifikasi Nissan Leaf 2018

Layout kendaraan: Hatchback EV, 4-pintu, 5-penumpang, FWD
Mesin: Baterai lithium-ion 40 kWh/147hp @ 3283-9795rpm/320Nm @ 1-3238rpm
Jarak Tempuh: 400 km
Dimensi (PxLxT): 4490 x 1788 x 1530 mm
Wheelbase: 2700 mm
Bobot kosong: 1995 kg

MIRAH PERTIWI

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

SEOUL, carvaganza.com – Memang mobil-mobil kecil dengan tenaga besar agak mengalami kemunduran. Cupra Ibiza, Audi S1 dan Renault Clio R.S sudah out, tapi masih...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin Dengan Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Chapter-3)

Klaus-Günter Jacobi berhasil membawa sahabatnya, Manfred Koster keluar dari Jerman Timur menggunakan BMW Isetta yang telah dimodifikasi. Rencananya ini dibantu dua orang pelajar yang...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Chapter-2)

Menyembunyikan orang di dalam mobil yang lebarnya tak lebih dari 127 cm dan panjang 228 cm itu jenius sekaligus gila. Jenius karena orang lain...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Chapter-1)

Klaus-Günter Jacobi mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkan seorang sahabat. Sahabatnya itu ia sembunyikan di dalam mobil beroda tiga yang berukuran sangat kecil, BMW Isetta. Berikut...

Modifikasi Suzuki Jimny, Racing Style to Sleeper Style

DENPASAR, Carvaganza -- Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki Jimny? Yup SUV buatan Suzuki ini memang tenar sejak jaman kehadiran perdananya 1979. Sebagian pemilik...