Mengenal Lebih Dekat VinFast VF 6 Langsung Di Vietnam

Model yang kami coba secara langsung di Vietnam ini masih setir kiri. Memiliki kabin yang luas dengan desain mewah.

Vinfast VF 6

HANOI, Carvaganza – Pabrikan VinFast sampai saat ini sudah memproduksi 7 model mobil listrik. Enam di antaranya telah diperkenalkan kepada pasar Indonesia. Salah satu model yang diperkenalkan dan dicoba oleh OTO.com secara langsung di test track miliknya di Haiphong, Vietnam, adalah VF 6.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa ukuran display sentuh yang terdapat di dashboard VinFast VF 6?

    Berukuran 12,9 inci yang berisikan beragam informasi kendaraan.
  • Berapa kapasitas baterai yang terpasang di VF 6?

    56,9 kWh untuk kedua tipe baik Eco dan Plus. Menghasilkan power 130 kW (174 hp) untuk tipe Eco dan 150 kW (201 hp) untuk tipe Plus. Torsi maksimal 250 Nm untuk tipe Eco dan Plus menghasilkan 301 Nm.
  • Berapa jarak yang dapat ditempuh oleh VinFast VF 6?

    Antara 381 – 399 km.
  • Di pasar nasional VF 6 berhadapan dengan BYD Atto 3 dan MG ZS EV jika ditilik dari range harga yang ditawarkan. VF 6 adalah satu dari enam model yang telah diperkenalkan di Indonesia pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 Februari lalu. Lima model lainnya yang mendebut waktu itu adalah VF e34, VF5, VF 7, VF 8 dan VF 9.

    Pengertian Nama VinFast

    Brand mobil asal Vietnam ini ternyata memiliki arti. Bukan hanya sekadar nama. Viet adalah untuk merujuk nama negara Vietnam. F adalah singkatan dari Phong Cach yang berasal dari bahasa Vietnam yang artinya Style alias gaya. Dalam bahasa Vietnam huruf F dieja menjadi Ph. A adalah singkatan dari An Toan atau Safety (keselamatan). S singkatan dari Sang Tao atau kreativitas dan T singkatan dari Tien Phong yang artinya pelopor atau pionir.

    VinFast VF 6 VinFast VF 6

     

    Eksterior VinFast VF 6

    Seperti model VinFast lainnya, hal yang paling menonjol dari eksterior depan VF 6 adalah lampu DRL yang memanjang menyerupai simbol V. Di tengah-tengah lampu DRL yang memanjang tersebut terdapat logo brand. Pada bagian bawah logo terpasang grille model honeycomb, lengkap dengan sensor ADAS dan kamera 360.

    VF 6 memiliki desain eksterior yang terlihat sporty. Terutama kalau kita lihat dari bagian samping dan belakang. Pada bagian sampingnya ditandai dengan pilar kaca yang melandai ke belakang juga ditandai aksen garis yang tegas, sedangkan bagian belakangnya memiliki lekukan-lekukan yang dinamis.

    Kendaraan full listrik ini merupakan SUV lima penumpang berdimensi cukup panjang yaitu 4.238 mm, lebarnya 1.820 mm, tinggi 1.594 mm dan wheelbase 2.730 mm. Di Vietnam, VF 6 tersedia dalam dua pilihan tipe yakni Eco dan Plus, di mana keduanya tidak memiliki perbedaan dimensi. Perbedaan terletak pada pemakaian velg, di mana versi Eco memakai velg Ring 17 inci, sedangkan Plus memakai ukuran 19 inci.

    Garis desain, samping dan belakang terkesan tegas. Misalnya, pada bagian atas kap mesin dibuat desain lebih menukik dengan empat garis panjang yang tegas dan menonjol. Kaca spion mobilnya sudah model elektrik dan auto fold. Dilengkapi dengan kamera 360 derajat yang terdapat di bagian bawah spion.

    Baca juga: Laporan Eksklusif: Mencoba VinFast VF6 dan VF7 di Trek Uji

    Interior VinFast VF 6

     

    Interior VinFast VF 6

    Bagian dalam kabin VF 6 yang saya coba di test track Haiphong mendapat sentuhan two tone, yaitu warna hitam dan coklat tembaga. Pada bagian tengah dashboard terdapat semacam lis yang terbuat dari bahan semacam alumunium yang memanjang dan menyambung dengan lis di trim pintu. Warnanya pun coklat tembaga.

    Kabinnya terasa lapang dan mewah. Memiliki desain elegan dan apik serta jok yang empuk dan ergonomis. Jok depan maupun baris belakang terbungkus kulit berkualitas, begitu juga dengan door trim dan setir. Untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman bagi pengemudi dan penumpang depan, jok dapat diatur secara elektrik. Pada bagian atap terdapat panoramic roof besar yang membentang mulai dari bagian depan pengemudi sampai baris kedua.

    Mobil yang kami pakai di Vietnam masih setir kiri sehingga display sentuh 12,9 inci dengan format horizontal berada di sebelah kanan. Display memuat beragam informasi kendaraan, bekerja secara presisi. Pada bagian belakang setir tidak terdapat layar MID, sudah digantikan oleh head-up display yang menyajikan informasi speed kendaraan, informasi lane departure warning dan juga volume baterai.

    Baca juga: Berkunjung Ke Pabrik VinFast; Megah, Serba Otomatis dan Robotik

    Untuk menyalakan mesin tidak terdapat tombol start/stop. Pada saat Anda membuka pintu mobil dengan kunci immobilizer, mobil secara otomatis sudah ready on. Untuk menyalakan mesinnya tinggal injak pedal rem. Setelah itu, pengemudi tinggal tekan toggle D agar mobil bergerak melaju.

    Tombol mode pengemudiannya dari D ke N ataupun ke P, tidak menggunakan tuas yang biasanya terdapat di konsol tengah atau model tombol bundar yang diputar seperti VF e34. Digantikan oleh tombol seperti toggle sehingga menambah nuansa sporty di dalam kabin.

    Bagasi dengan power back door terkesan lapang dan dapat memuat kisaran tiga koper medium. Kalau Anda belanja ke mall, bagasi dapat mengakomodasi barang-barang belanjaan cukup banyak. Kalau ingin mendapatkan bagasi yang lebih besar lagi, Anda tinggal melipat kursi belakang.

    Interior VinFast VF 6

    Jantung Energi VF 6

    Untuk menggerakkan mobil, terpasang baterai berkapasitas 56,9 kWh. Tidak ada perbedaan kapasitas baterai untuk kedua tipe VF 6. Namun, power yang dihasilkan untuk kedua tipe berbeda. Tipe Eco memuntahkan tenaga 130 kW (174 hp), sedangkan tipe Plus 150 kW (201 hp). Torsi maksimal yang dihasilkan juga berbeda. Yakni 250 Nm untuk tipe Eco dan tipe Plus menghasilkan 301 Nm. Disalurkan ke roda depan oleh single motor listrik di roda depan (FWD).

    Jarak yang bisa ditempuh oleh VF 6 dalam kondisi baterai penuh adalah 399 km untuk tipe Eco, sedangkan Plus sejauh 381 km. Range itu sudah berdasarkan standar Worldwide harmonized Light vehicles Test Procedure (WLTP).

    Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) VF 6

    Karena pendeknya waktu first impression di test track VinFast, kami tidak bisa banyak mengeksplorasi ADAS yang disediakan oleh SUV. Saya hanya bisa merasakan kehadiran Lane Departure Warning System (LDWS) yang oleh pabrikan VinFast disebut dengan istilah Lane Centering Assist (LCA). Fitur ini dipadu padankan dengan Emergency Lane Keep Assist. Pada saat saya mencobanya di trek, fitur bekerja secara obyektif dengan memberikan sinyal berupa getaran dan resistensi pada setir ketika diajak keluar jalur tanpa menyalakan lampu sein.

    Dari informasi yang tertera di website resmi VinFast, hanya disebutkan bahwa ADAS yang terdapat di VF 6 adalah Highway Assist (Level 2), Adaptive Cruise Control dan Emergency Lane Keep Assist. Plus LCA.

    Harga VF 6

    Sampai artikel ini dipublikasikan, belum ada pengumuman resmi harga VF 6. Namun diprediksi di antara range Rp 400 jutaan sampai dengan Rp 450 jutaan kalau masuk ke Indonesia. Yang artinya berada di range harga Atto 3 yang dibanderol Rp 515 juta dan MG ZS EV yang dipatok pada Rp 453 juta. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Memang Kencang, Tapi Juga Punya Kelebihan Berikut Ini

    Pelajari lebih lanjut tentang VinFast VF 6

    • Tampak Depan Bawah VinFast VF 6
    • handle pintu VF 6
    • Pelek VF 6
    • Roof rail VF 6
    • Tampak belakang serong VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Cicilan mulai dari : Rp 7,87 Juta

    Mobil VinFast Lainnya

    • VinFast VF 5
      VinFast VF 5
    • VinFast VF 6
      VinFast VF 6
    • VinFast VF 7
      VinFast VF 7
    • VinFast VF e34
      VinFast VF e34

    Featured Articles

    Read All

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil VinFast Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza