Beranda Features Mazda MX-5, Roadster Jepang Yang Pernah Dipandang Sebelah Mata

Mazda MX-5, Roadster Jepang Yang Pernah Dipandang Sebelah Mata

Foto: www.hotcars.com

JAKARTA, carvaganza.com – Ketika Mazda MX-5 diperkenalkan pertama kali di Chicago Auto Show 1989, misinya sudah digariskan dengan jelas. Merangkum esensi roadster klasik Inggris lantas menyampurkannya dengan resep Jepang.

Pada waktu debut, dunia otomotif sempat meremehkan. Padahal pabrikan Eropa sebelumnya sudah menciptakan roadster mini dengan tenaga kecil. Namun roadster versi Eropa dianggap kurang memberikan rasa kesenangan berkendara.

Formula yang ditawarkan oleh Mazda waktu itu adalah memang mirip dengan Eropa, yaitu sportscar dengan bobot ringan dan power lebih rendah. Metode ini waktu itu dianggap ganjil untuk pasar Amerika dan Jepang, apalagi yang menciptakannya Mazda.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, resep  yang telah berusia 30 tahun terakhir yang ditanamkan pada MX-5 (Miata) terbukti manjur. Sebagai sportscar entry level, MX-5 mampu menawarkan pengalaman berkendara yang murni dengan atap terbuka via convertible atau pun retractable hardtop.

Sampai sekarang, resep yang ditawarkan dari generasi ke generasi tetap orisinal. Rasanya tetap tulen dan formula itu dianggap tepat bagi niche market seperti MX-5.

Generasi I: 1989 – 1997

Memulai debut tahun 1989 untuk model tahun 1990. MX-5 generasi pertama membuktikan bahwa tak perlu tenaga besar untuk membuat adrenalin di balik setir meledak. Cukup dengan mesin bensin NA 4 silinder segaris 1.6 liter, yang melontarkan tenaga 115 hp. Bobot mobil di bawah 1.000 kg, tapi bisa mencatat sprint dari nol ke 100 km/jam dalam waktu sekitar 9 detik.

Sebagai two-seater dengan tenaga yang lebih rendah dibandingkan Ferrari atau Porsche, MX-5  mampu memberikan kesenangan berkendara secara tulen. Tak heran kalau Miata mendapat tempat di hati car enthusiast.

Generasi II: 1998 – 2005

Mazda MX-5 atau Miata ini baru sampai di daratan Amerika Serikat tahun 1999. Pada tahun ini, lampu depan model pop-up digantikan oleh lampu depan model depan karena adanya regulasi baru.

Roadster dibekali mesin yang lebih besar 1.8 liter dengan hasilan tenaga 140 hp. Versi facelift keluar tahun 2001 setelah itu sempat keluar versi turbocharge lewat Miata Mazdaspeed dengan tenaga 180 hp. Diproduksi tahun 2004 – 2005.

Generasi III: 2005-2015

Generasi ketiga Miata keluar tahun 2005 untuk model tahun 2006. Masih mengusung formula aseli dari awal sebagai sportscar kecil dengan pengendaraan yang sangat dinamis. Desain fender yang menggelembung membuat sportscar terlihat besar dan posturnya terlihat lebih agresif. Kapasitas dapur pacu dibesarkan.

Menyandang engine NA 2.0 liter yang memproduksi tenaga 170 hp. Disalurkan ke roda depan oleh transmisi manual lima atau 6 percepatan atau otomatis 6 speed berikut paddle shift. Bobotnya malah bertambah berat menjadi 1.134 kg sehingga banyak pihak yang mempertanyakan apakah Miata sudah melenceng jauh dari akarnya?

Generasi IV: 2015 – sekarang

MX-5 semakin populer sebagai sportscar kecil di kelasnya. Desainnya dibuat lebih tegas, bodinya dibuat lebih montok dan fascia depan dibikin bersudut lebih tajam. Perubahan pada desain membuat MX-5 terlihat lebih khas lagi.

Pada generasi ini, penjualan MX-5 sudah melampaui angka 1 juta unit dan menobatkannya sebagai sportscar dua tempat duduk, atap terbuka terlaris di dunia. Mesin mengadopsi bensin 2.0 liter yang menghasilkan 155 hp, bobotnya dipangkas 91 kg.

Sumber: www.motor1.com

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...