Beranda Updates Mazda Mulai Lirik Ikut Balap Le Mans Lagi

Mazda Mulai Lirik Ikut Balap Le Mans Lagi

daihatsu giias 2019

HIROSHIMA, 19 Maret 2019 – Sebagai pabrikan Jepang pertama yang berhasil menang balap ketahanan Le Mans 24 Jam, Mazda mulai mempertimbangkan untuk turun kembali ke balapan legendaris tersebut. Mazda membuka kemungkinan memberi perlawanan kepada Toyota di kelas tertinggi.

Chief Executive Mazda North America, Masahiro Moro mengakui bahwa Mazda sedang mempertimbangkan untuk ikut Le Mans lagi di masa mendatang. Tapi untuk saat ini, tidak ada keputusan pasti yang sudah diambil oleh pabrikan tersebut.

Moro bahkan mengungkap bahwa Mazda telah melakukan pertemuan dengan pihak otoritas motorsport dunia, salah satunya FIA.

“Kami telah berhubungan dengan ACO (Automobile Club l’Ouest), dan saya pribadi kadang-kadang bertemu dengan Pierre Fillon dan Jean Todt untuk berdiskusi. Penting bagi kami (ACO dan Mazda) untuk terus berhubungan,” kata Moro diwawancara The Drive.

Mazda pernah turun di balap Le Mans pada akhir dekade 1980-an lalu, yang kemudian berbuah manis dengan meraih kemenangan pada tahun 1991, menggunakan mobil 787B. Saat itu, trio pembalap Johnny Herbert, Bertrand Gachot dan Volker Weidler bertugas memacu mobil yang meraih kemenangan tersebut.

Sejak itu, Mazda menjadi pabrikan Jepang satu-satunya yang berhasil memenangkan Le Mans 24 Jam, sebelum pada tahun 2018 rekor tersebut dipecahkan akhirnya oleh Toyota.

Oleh Moro, Mazda dikatakan kemungkinan hanya akan tertarik ikut Le Mans jika regulasi Daytona Protoype International (DPI) yang diterapkan untuk Mazda RT24-P, berlaku juga di International Motor Sports Association (IMSA) dan World Enduranca Championship (WEC).

“Menurut saya kami menantikan melihat bagaimana masa depan kami, seiring waktu (memutuskan) turun ke balap 24 jam. Sekarang, tujuan besar kami adalah, pertama dan terpenting, untuk meraih juara di sini (IMSA),” lanjut Moro saat hadir di balap Sebring 12 Jam.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza