Beranda New Cars Maserati MC20 Awal dari Gaya Desain dan Lusinan Model Baru

Maserati MC20 Awal dari Gaya Desain dan Lusinan Model Baru

MODENA, Carvaganza.com – Maserati telah memulai era barunya di segmen sportscar dengan melahirkan MC20, pekan lalu. MC20 menjadi supercar pertama sekaligus salah satu hybrid pertama bagi Maserati. Melaluinya, Maserati tunjukkan bahasa desain baru dan awal dari lahirnya banyak model baru dalam beberapa tahun ke depan.

Pabrikan Italia ini mengklaim bahwa fascia depan MC20 akan menjadi inspirasi dan pengaruh besar dari desain model-model baru. Itu yang disampaikan oleh bos dari departemen desain Maserati, Klaus Busse. Ciri khas baru Maserati akan tampil dengan grille rendah dan lampu depan yang lebih tinggi.

“Wajah dari MC20, dengan grille rendah dan lampu depan lebih tinggi dari fascia, adalah bahasa desain baru kami,” kata Busse. Diakuinya, tampilan baru ini mengadopsi gaya yang dipakai oleh MC12, supercar Maserati yang dibangun berbasis Ferrari Enzo, 12 tahun lalu. Desain ikonik dibawa ke mobil flagship mereka untuk era baru ini.

Kesamaan utama antara MC20 dan model-model baru nanti adalah desain LED DRL, juga grille. Namun untuk desain radikal fascia belakang, tidak disebut apakah akan diadopsi juga ke masa depan. MC20 merupakan mobil sport pertama Maserati sejak GranTurismo dan GranCabrio stop produksi. Bahkan, ini mobil bermesin tengah pertama sejak MC12.

Selain desain, MC20 juga menarik berkat powertrain yang diusungnya. Mesin baru V6 3,0 liter twin-turbo memiliki teknologi pre-chamber combustion system dengan busi ganda, diadopsi dari Ferrari F1. Mesin ini sanggup meluapkan total tenaga 621 hp dan torsi 730 Nm, untuk berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2,9 detik. Oh ya, transmisinya menggunakan dual-clutch 8-speed yang terhubung ke roda belakang.

13 Model Baru

Bersamaan dengan lahirnya MC20, Maserati sekligus mengumumkan rencananya untuk ekspansi line up produknya dalam beberapa tahun ke depan. Setidaknya, disebut akan ada 13 model baru akan hadir dari Modena, sampai tahun 2024.

Melalui strategi ini, Maserati ingin memperkuat namanya sebagai pabrikan mobil sport mewah. Mulai dari mobil sport sampai dengan model SUV baru akan muncul dalam rencana ini. Salah satu yang pertama, adalah MC20 versi full electric, yang dijadwalkan meluncur tahun 2022.

Seluruh model full electric dari Maserati akan dilabeli nama Folgore, yang artinya adalah kilat dalam bahasa Italia. Nama Folgore seperti akan dijadikan sub-brand untuk Maserati, seperti BMW i atau Mercedes-Benz EQ.

Untuk SUV, Levante akan mendapat adik yang bernama Grecale. Maserati akan memanfaatkan aliansinya bersama Alfa Romeo, untuk membangun Grecale berbasis pada Stelvio. Posisi Grecale akan berada di bawah segmen Levante, yang sudah beredar sejak tahun 2016. Levante bahkan dikatakan akan ganti generasi pada 2023, dengan memiliki versi listriknya.

Tidak melulu soal volume maker, Maserati juga akan teruskan model sportscar dan sedan mewah. Penerus dari GranTurismo dan GranCabrio konon akan muncul pada tahun depan, yang juga disusul versi listrik pada 2022. Dua model ini akan dirancang dari Modena, lalu dibangun dan produksi dari pabrik di Turin.

Begitu juga dengan all-new Quattroporte, dijanjikan untuk tahun 2023, berikut versi listriknya. Dari seluruh line up baru nanti, Maserati akan tetap memberikan opsi varian mesin konvensional dan full electric.

Dari strategi baru, Maserati berharap model SUV bisa hasilkan kontribusi 70% penjualan keseluurhan, pada tahun 2025. Dan pada tahun itu juga, seluruh model dalam line up akan memiliki usia rata-rata kurang dari dua tahun.

Sumber: Carscoops, Autocar UK

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...
video

VIDEO: Duel Maut McLaren 720S Spider Versus Porsche Taycan Turbo S

LONDON, Carvaganza.com - McLaren 720S lawan Porsche Taycan di lintasan drag? Ini duel yang seru. Dan mungkin banyak yang underestimate Taycan karena bentuknya. Taycan...