Beranda New Cars Livery Le Mans 1995 untuk McLaren Senna GTR, Rayakan 25 Tahun Kemenangan

Livery Le Mans 1995 untuk McLaren Senna GTR, Rayakan 25 Tahun Kemenangan

WOKING, Carvaganza.com – Akhir pekan ini adalah jadwal digelarnya Le Mans 24 Hour, dan McLaren pernah menjadi pabrikan yang sukses memenangkan balapan ini. Tepatnya 25 tahun lalu, pada tahun 1995, mengandalkan McLaren F1 GTR. Untuk peringati kesuksesan bersejarah tersebut, McLaren merilis edisi terbatas Senna GTR LM dengan sentuhan klasik.

Lima versi Senna GTR LM dihadirkan dengan livery sesuai dengan setiap F1 GTR yang ikut balap ketahanan pada 1995 lalu. Digarap oleh McLaren Special Operations (MSO) lima livery ini mengenang kemenangan dominan McLaren saat itu. Kelima mobil berhasil finish, masing-masing di posisi ke-1, ke-3, ke-4, ke-5, dan ke-13.

Lima livery yang disajikan lewat Senna GTR LM ini adalah Gulf Racing, Harrods, tim Kokusai Kaihatsu Racing, Jacardi, lalu satu livery khusus untuk gelar kemenangan. McLaren bahkan sampai meminta izin telrebih dulu untuk memproduksi livery spesial ini kepada perusahaan yang tampil pada livery. Bahkan meminta izin juga ke Automobile Club de l’Ouest (ACO) selaku penyelenggara Le Mans, untuk memasang logo dan atribut terkait.

Livery paling spesial tentunya warna hitam, dari chassis McLaren F1/01R yang dijuluki The Ueno Clinic. Livery dari Kokusai Kaihatsu Racing ini mewakili mobil yang finish pertama pada balapan tersebut. Licery dengan nomor seri Senna GTR LM 825/1 ini menggunakan waran charcoal grey yang sama, bahkan samapi diberikan tambahan lampu luar. Mobil ini juara bersama pembalap Yannick Dalmas, Masanori Sekiya, dan JJ Lehto.

Kemudian livery kedua, untuk Senna GTR LM 825/6, yaitu liver Harrods, dengan kombinasi warna kuning cerah dan striping hijau. Dikemudikan oleh Andy Wallace, Derek Bell dan Justin Bell, mobil ini finish ketiga kala itu. Perjuangan yang ditempuh chassis F1/06R ini adalah mengalami kerusakan gearbox untuk menyentuh finish.

Livery ketiga adalah The Gulf car, dengan nomor Senna GTR LM 825/2, dari chassis F1/02R. Mobil dengan livery ini finish keempat pada saat itu. Yang membuatnya istimewa, McLaren memberikan velg OZ Racing dan tandatangan Ayrton Senna pada panel body fender belakang. Kombinasi warna dari livery ini juga yang paling mencolok dari lainnya.

Untuk Senna GTR LM 825/7, tampil dengan livery biru bersponsor Elf, yang dulu dijuluki The Jacardi car dari chassis F1/07R. Mobil berpulas royal blue ini finish ke-5, yang mewakili Giroix Racing Team (GRT Jaacardi). Kemudian livery terakhir adalah dari mobil yang finish ke-13, dari chassis F1/05R. McLaren memberikan sentuhan airbrush pada versi ini, disertai waktu lap pole position yang diraih di Le Mans.

Masing-masing livery hanya dibuat satu unit, jadi hanya ada lima unit Senna GTR LM pada edisi khusus ini. Kelimanya dikirimkan untuk para konsumen McLaren yang berada di Amerika Serikat, Eropa, dan Inggris. Namun tidak disebutkan berapa harga yang dibanderol untuk Senna GTR LM edisi spesial ini.

“Koleksi mobil-mobil hebat McLaren Senna GTR LM ini adalah cara yang sangat cocok untuk merayakan 25 tahun kemenangan kami di Le Mans tahun 1995,“ kata CEO McLaren, Mike Flewitt.

“Pencapaian tersebut sangat diakui sebagai salah satu performa ketahanan terhebat sepanjang masa, tapi untuk McLaren kepentingannya bahkan lebih hebat karena menunjukkan sebuah hubungan langsung dan tak taerbantahkan antara DNA balap dari merek dan awal dari perjalanan road car kami.”

Sumber: McLaren, Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...