Beranda New Cars Lebih Ganas dari M3, Ini Sedan Alfa Romeo Paling Buas

Lebih Ganas dari M3, Ini Sedan Alfa Romeo Paling Buas

TORINO, Carvaganza.com – Setelah rangkaian edisi rumor dan teaser beredar, Alfa Romeo akhirnya resmi memperkenalkan lagi nama GTA melalui model Giulia. Sedan kencang ini bahkan diklaim sebagai mobil bertenaga paling buas yang pernah diproduksi dalam sejarah Alfa Romeo.

Giulia GTA merupakan varian tertinggi, di atas Giulia Quadrifoglio, menjadi penanda model flagship Alfa Romeo saat ini. Moniker GTA berasal dari singkatan Gran Turismo Allegerita, terinspirasi konsepnya dari mobil sport Giulia GTA pada tahun 1965 silam.

Ada dua varian yang ditawarkan untuk model ini, yaitu Giulia GTA dan versi lebih hardcore yang dinamai Giulia GTAm. Varian pertama ditujukan sebagai model yang lebih kencang dan masih ramah untuk berkendara di jalan raya, sementara lainnya untuk yang mengiginkan performa lebih terfokus pada kecepatan di sirkuit.

Highlight utama dari Giulia GTA adalah mesin V6 2.9 liter twin-turbo dari Quadrifoglio yang membengkak tenaganya hingga 532 hp, yang meningkat 30 hp dari sebelumnya. Berbagai kalibrasi diterapkan pada jantung pacu mobil ini, termasuk salah satunya sistem knalpot khusus dari Akrapovic untuk hasilkan suara yang menggelegar.

Performa

Untuk saat ini Alfa Romeo tidak mengungkap angka kemampuan akselerasi mobil ini. Namun yang jelas, performanya dapat melampaui angka 3,9 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam dari Quadrifoglio.

Selain mesin, peningkatan performa Giulia GTA datang pula dari pemangkasan bobot keseluruhan sebanyak 100 kg. hal ini dilakukan melalui ‘diet’ pada bonnet, panel atap, bumper depan, fender depan, fender belakang, serta driveshaft yang sudah bermaterial serat karbon. Lebih lanjut, penguranangan bobot lainnya juga berkat material alumunium dan komposit di beberapa komponen.

Aerodinamika

Sumbu roda melar menjadi 50 mm lebih lebar pada roda depan dan belakang, juga setelan suspensi khusus. Dengan begitu, Giulia GTA menjanjikan performa lebih mantap saat bermanuver di tikungan. Bahkan kontak mobil ke aspal kini mengandalkan velg 20 inci dengan baut tunggal khas mobil balap.

Aplikasi aerodinamika lebih canggih ikut diterapkan Alfa Romeo, lewat rombakan pada bumper depan dan belakang, sekaligus diffuser besar yang di bagian tengahnya dihiasi dua knalpot. Bahkan GTA mendapat aerodinamika aktif, dihadirkan lewat splitter yang akan mengembang saat kecepatan meningkat.

Sementara untuk versi GTAm, perbedaan ada pada sayap belakang yang besar untuk downforce lebih tinggi. Nuansa mobil balap juga dihadirkan lewat interior yang menggunakan jok balap di depan, berikut rollbar dan sabuk pengaman enam titik, lengkap dengan material Alcantara dan serat karbon.

Giulia GTA akan tersedia dalam jumlah yang terbatas, masing-masing hanya diproduksi sebanyak 500 unit untuk GTA dan GTAm. Diperkirakan, harga yang akan dibanderol untuk mobil ini yaitu lebih dari £ 100.000 alias sekitar Rp 1,8 miliar.

Melalui Giulia GTA, pabrikan asal Torino, Italia ini ingin memberikan perlawanan seimbang untuk Jaguar XE SV Project 8 sebagai sedan hardcore. Namun dengan performanya, GTA sudah melampaui kemampuan BMW M3 Competition yang sejak awal menjadi patokan pengembangannya.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto