Beranda New Cars Kalau Tampang Toyota Kijang Innova Facelift Begini, Cocok?

Kalau Tampang Toyota Kijang Innova Facelift Begini, Cocok?

JAKARTA, Carvaganza.com – Belakangan ini semakin santer dikabarkan bahwa Toyota Jikang Innova akan hadir dalam versi facelift, dalam waktu dekat. Padahal, pihak Toyota Indonesia masih tertutup soal kemungkinan meluncurnya MPV legendaris tersebut. Dan juga, kita masih harus menebak apakah Innova akan meluncur lebih dulu sebelum Fortuner facelift?

Antusiasme masyarakat terhadap penyegara Kijang Innova semakin tinggi akhir-akhir ini. Bahkan, sampai-sampai ada yang membuat rendering desain baru Kijang Innova versi tahun 2020. Jika benar, maka ini akan menjadi pertama kalinya Innova mengalami facelift, sejak meluncur di akhir 2015 lalu.

Jika mengacu pada bocoran rendering, Toyota Innova bakal mengalami ubahan paling kentara di fasad depan. Bentuk garis mata mungkin masih sama, namun elemen lain justru kebagian penyegaran. Contoh grille, dua palang tebal dilengserkan demi tumpukan kisi horizontal tipis. Hitam sepenuhnya. Trim chrome tebal lalu memberikan penegasan bentuk di sisi terluar.

Selanjutnya, ada nuansa tangguh dicipratkan ke paras Innova. Adalah rancangan bumper anyar berisi lampu kabut dan pahatan apron bak bull bar. Mirip arahan desain Hilux kalau boleh dibilang, terkesan lebih macho. Terutama bingkai fog lamp segitiga di sisi terluar. Diposisikan berdiri berselimut bezel tebal. Bersumber LED? Boleh jadi. Semua itu disudahi ornamen ala skid plate pada area dagu.

Ubahan mungkin terkesan sederhana dan tidak banyak basa-basi, apalagi ketika melirik area lain. Contoh di samping, profil keseluruhan dipertahankan meski mungkin di trim termahal ada penambahan body kit atau penghias bodi. Paling banter penyematan velg baru. Lanjut ke buritan, melekat set lampu berdesain baru. Menariknya, lampu mundur hanya sebelah.

Layout interior diekspektasikan bertahan sebagaimana model berjalan. Mengingat ubahan setingkat facelift bukan pergantian generasi. Tata letak sistem infotainment, alunan permukaan dasbor lembut, sampai ke tumpukan desainnya boleh jadi tidak diotak-atik. Mungkin urusan fitur disentuh. Misal sarana hiburan dengan kemampuan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay berikut penambahan dimensi layar. Bisa jadi bikin Innova semakin memikat di pasaran.

Kabin Innova mulai terasa usang dalam hal fitur. Terkesan biasa saja dan kebanyakan gimmick mewah di trim termahal. Sebut saja pemanfaatan ornamen kayu dan ambient lighting, namun sisanya moderat. Lain cerita ketika melirik pasar India, punya spek menggiurkan. Pengaturan bangku sopir dapat terlaksana secara elektris delapan arah. Melekat pula fungsi cruise control menawarkan keringanan beban perjalanan jarak jauh.

Andai benar varian termahal kebagian fitur ekstra, kelengkapan market India patut dijadikan acuan. Bakal menambah kesan mewah bila jok elektrik dan cruise control meramaikan. Lanjut dari situ, beberapa fitur dari kasta teratas boleh jadi dilungsurkan ke varian di bawahnya. Smart Key untuk tipe V dan Auto Climate Control untuk G, mungkin? Sebatas prediksi saja, kita tunggu saja ketika resmi diluncurkan.

Dalam hal keselamatan, saat ini keluarga Innova belum memiliki peranti keselamatan komprehensif. Terutama untuk varian non Venturer. Standarnya sebatas dibekali ABS + EBD dan dual SRS Airbag, di samping sabuk pengaman tiga titik untuk seluruh penumpang. Baru di Venturer hadir airbag 7 titik dan bantuan manuver seperti Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Assist Control. Ada harapan fitur serupa turut diberikan ke varian lain. Minimal kontrol stabilitas elektronik demi tingkatkan keselamatan jalan raya.

Unit pacu diyakini tidak diganti. Saat ini varian bensin menggendong enjin empat silinder 2.000 cc DOHC Dual VVT-i berkode 1TR-FE. Total ekstraksi tenaga dicatatkan mencapai 139 PS dengan puntiran sekuat 183 Nm. Untuk model diesel nan bertenaga disiapkan mesin 2GD-FTV empat silinder turbo VNT. Output torsi maksimum 360 Nm mudah digelontorkan dalam spek transmisi otomatis. Yep, seluruh mesin bisa disertai gearbox otomatis enam percepatan atau manual lima percepatan.

Sumber: Zigwheels, HUM3D

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

7 Mobil Sport Jepang Yang Bikin Lutut Pabrikan Eropa Bergetar

JAKARTA, Carvaganza.com - Jepang memang bukan pionir dalam hal transportasi darat. Tapi kegigihan mereka untuk bertahan menjadikan produknya mampu melampaui mereka yang mapan. Hal...

Menang F1 GP Portugal 2020, Hamilton Nyaris Gagal Lewati Rekor Schumacher

PORTIMAO, Carvaganza.com – Formula 1 akhirnya menggelar lagi balapan Grand Prix Portugal di tahun 2020 yang unik ini, bertempat di Sirkuit Portimao, Algarve. Gelaran...

Demi Tingkatkan Kualitas,  Daihatsu Gelar Konvensi Inovasi

JAKARTA, carvaganza.com – Sebagai perusahaan yang mengutamakan kualitas tinggi, kepuasan dan kepercayaan pelanggan adalah segalanya. Untuk menunjukkan komitmen tersebut, perusahaan harus terus melakukan improvement...

Aksesoris Fortuner dan Kijang Innova Baru, Ada Diskon 20 Persen

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota New Fortuner dan New Kijang Innova baru kini sudah hadir di Auto2000 Digiroom. SUV dan MPV ini tampil dengan berbagai...

Cegah Penyebaran Covid-19, Suzuki Donasikan Masker dan Handsanitizer untuk Angkot

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai salah satu produsen New Carry yang banyak digunakan sebagai armada angkutan kota (angkot), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki kepedulian...