Beranda Updates Ini Pembalap yang Jadi Inspirasi Nama Bugatti Divo

Ini Pembalap yang Jadi Inspirasi Nama Bugatti Divo

Albert Divo

SEPERTI nama Bugatti Veyron dan Chiron, nama Bugatti Divo juga diambil dari nama pembalap. Yaitu pembalap Prancis Albert Divo yang pernah membalap untuk tim Bugatti tahun 1920-an dan menjuarai balapan legend Targa Florio dua kali.

Divo lahir di Paris 24 Januari 1895 dengan nama Albert Eugene Diwo (ia kemudian menyebutnya Divo). Ia pernah menjadi pilot pesawat tempur pada Perang Dunia I dan setelah itu menjadi mekanik.

Kariernya sebagai pembalap dimulai dari tim Sunbeam and Talbot-Darracg tahun 1919 dan pernah menjuarai GP Spanyol 1923 di Sitges. Ia juga pernah bergabung dengan tim Delage dan Talbot.

Ia mulai menjadi pembalap tim Bugatti tahun 1928 di mana ia menjuarai Targa Florio di Sicilia dengan mobil Bugatti Type 35 B. Tahun berikutnya ia juga mengulang sukses dengan Bugatti di kejuaraan yang sama. Sejak itu ia turun di ragam balapan dengan Bugatti Type 51, 53, 54 dan mengikuti hillclimb dengan Type 45 dan 47.

Usai Perang Dunia II pernah menjadi manager balap Castrol dan mendirikan Club International des Anciens Pilotes de Grand Prix F1 di Villars-sur-Ollon, Swiss. Penerima medali penghargaan Legion of Honour ini meninggal dunia pada 19 November 1966 di Morsang-sur-Orge, Prancis.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza