Beranda Updates Ini Mobil dan Teknologi Toyota di TMS 2019

Ini Mobil dan Teknologi Toyota di TMS 2019

TOKYO, 23 Oktober 2019 –  Setelah dua hari terakhir ini menghabiskan waktu di Jepang dengan melahap materi-materi presentasi tentang keikutsertaan Toyota di Tokyo Motor Show serta visinya ke depan, pada hari ini Rabu (23/10) Tokyo Motor Show 2019 secara resmi dibuka di di Tokyo Big Sight dan Odaiba.

Pada gelaran TMS kali ini Toyota tidak memamerkan mobil, melainkan memenuhi boothnya dengan teknologi masa depan, makanya menamai boothnya dengan Mobility Theme Park. Hal ini sejalan dengan peralihan value Toyota dari hanya sekadar pabrikan mobil, menjadi perusahaan mobilitas.

Di booth Toyota sendiri terdapat 11 mobilitas item yaitu e-pallete, e-trans, micro pallete, e-chargeair, e-care, e-4me, e-racer, THR3, HSR, walking area BEV dan e-broom. Sedangkan yang diluar booth Toyota yaitu di Future Expo adalah LQ, Ultra Compact BEV, CUE, Miraitowa and Someity, APM, walking area BEV, Manned Pressurized Rover, Mirai

Berikut adalah penjelasan tentang beberapa teknologi masa depan yang dipamerkan oleh Toyota sepanjang penyelenggaraan TMS 2019.

BEV (Battery Electric Vehicle)
Teknologi mobilitas yang dipamerkan di special exhibition Future Expo TMS 2019 ini memiliki bodi ultra-compact dan sudah siap produksi. Digadang-gadang sebagai solusi mobilitas masa depan untuk mobilitas jarak dekat dan sangat ramah lingkungan.

“Kami ingin menciptakan solusi mobilitas yang bisa mendukung masyarakat usia lanjut di Jepang dan memberikan kebebasan pergerakan kepada semua orang dari segala umur,” ujar Akihiro Yanaka, Head of Development. “Dengan BEV Ultra-Compact ini, kami dengan bangga mempersembahkan kepada masyarakat kendaraan yang tak hanya memiliki nilai autonomous besar, namun juga tak membutuhkan lahan yang besar, tak berisik dan sangat ramah lingkungan.”

BEV berkapasitas dua tempat duduk ini secara khusus didesain untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari bagi orang yang secara regular melakukan perjalanan jarak dekat, seperti orang usia lanjut, para pengemudi pemula yang baru mendapatkan SIM dan usahawan yang suka mengunjungi konsumennya. Memiliki jarak tempuk sekitar 100 km dalam satu kali charge dan kecepatan maksimal 60km/jam.

Selain Ultra-Compact BEV, dipamerkan pula konsep Ultra-Compact BEV model Business, Toyota i-ROAD yang sudah mendapatkan penyempurnaan dan Walking Area BEV.

Mirai Concept Next-Generation
Toyota Mirai ini adalah generasi terbaru dari Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) yang mengalami penyempurnaan besar dibandingkan versi sebelumnya. Pabrikan Toyota mengklaim bahwa Mirai Concept ini sudah mendapatkan penyempurnaan besar dalam hal jarak tempuh, performa mengemudi, kenyamanan, kelapangan kabin dan desainnya dibuat lebih sporty.

Mirai generasi baru ini mengadopsi sistem fuel-cell baru, termasuk di antaranya tempat mendesain fuel cell stack terbaru agar performa mobil semakin baik. Memiliki jarak tempuh yang lebih jauh 30 persen berkat perubahan pada kapasitas penyimpanan hidgrogen dan sejumlah fitur lainnya.

Mirai Concept

Toyota LQ
Digadang sebagai mobil konsep dengan teknologi canggih yang menyatukan dan mengikatkan sisi emosional antara mobil dengan pengemudinya. Bermesin listrik, mampu mengemudi sendiri (autonomous) dan dilengkapi fitur Onboard Artificial Intelegent Agen “Yui”.

Teknologi automated driving yang diaplikasi pada LQ ini adalah yang tercanggih dengan SAE Level 4. Kendaraan ini juga memiliki fitur teknologi Automated Valet Parking System yang dikembangkan oleh Toyota bekerjasama dengan Panasonic Corporation.

Lewat fitur itu, mobil ini bisa mencari parkir sendiri dari mulai zona drop-off sampai tempat parkir yang ditentukan tanpa perlu ada pengemudi di dalam mobil. Fitur ini sangat berguna bagi orang usia lanjut dan penyandang disabilitas, wanita hamil, pengemudi yang memiliki bayi dan orang yang kesulitan memarkirkan mobilnya.

Toyota Micro Palette
Adalah robot mini yang bisa menggantikan fungsi asisten rumah tangga karena memiliki kemampuan mengantarkan barang-barang yang dibutuhkan. Robot ini di masa depan bisa menjadi alat pengantaran barang.

e-Palette
Mobilitas masa depan tanpa pengemudi (autonomos) dan telah diproduksi secara terbatas sebagai alat transportasi di dalam area TMS 2019.

Toyota e-RACER
Kendaraan ini merepresentasikan elemen ‘fun to drive’ masa depan. Dengan memakai kacamata digital, para pengunjung bisa menikmati experience balap di kehidupan nyata dan bisa mengustom tempat duduk sesuai dengan bentuk tubuh.

Toyota e-Trans
Mobil konsep ini divisikan sebagai alat transportasi sharing service di masa depan. Bisa untuk mengangkut orang maupun barang.

Toyota e-Chargeair
Dilengkapi dengan sistem charging wireless. Ride-share mobility service ini bisa digunakan untuk mengisi ulang energy yang dibutuhkan oleh BEV pada saat bepergian. Mampu memasok listrik tak hanya ke mobil, juga untuk charging kebutuhan lain. Dilengkapi dengan air purifier dan Wi-Fi.

MUNAWAR CHALIL

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Jaman Berubah, Batu Sabak Pun Jadi Penghias Kabin Bentley

JAKARTA, carvaganza.com -  Membeli mobil super mewah itu sama saja dengan membeli selera. Pembeli tak cukup dengan hanya disodori pilihan yang disediakan oleh pabrikan....
video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...