Indonesian Drift Series Awali Kejurnas Drifting, Amandio Juara

TANGERANG, Carvaganza – Komunitas drifting di Indonesia akhirnya bisa mengakhiri puasa panjang tanpa kompetisi pada akhir pekan lalu, dengan digelarnya Indonesian Drift Series (IDS). Bertempat di J99Maxx Drift Circuit, Karawaci, Tangerang, 20 Juni 2021, gelaran IDS diramaikan oleh para bintang drifting Tanah Air dan menyajikan kompetisi yang kuat.

IDS digelar menjadi bagian dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) drifting di Indonesia, dengan 3 dari 5 seri yang dijadwalkan termasuk dalam poin kejuaraan. Jadi, IDS bukan sekadar ajang drifting biasa. Secara total ada 31 peserta mengikuti IDS, yang terbagi dari 8 peserta kelas Pro dan 23 peserta kelas Rookie. Jalannya perlombaan juga ditayangkan secara langsung atau live melalui channel J99XAR di Youtube.

“Event IDS ini digelar agar industri drifting di Indonesia hidup kembali. Selain itu, bisa menjadi tolok ukur drifting di Asia,” kata Akbar Rais, penggagas digelarnya IDS sekaligus Ketua Komisi Drifting Ikatan Motor Indonesia (IMI).

indonesian drift series

Drifter kawakan Indonesia Emanuelle Amandio berhasil menjadi pemenang di IDS yang juga menjadi seri pertama Kejurnas Drifting ini. Menjadi yang terbaik, Amandio mengalahkan Ziko Harnadi di babak final. Terlebih setelah Ziko mengalami masalah teknis pada run pertama saat dalam posisi lead. Namun meski harus terganjal masalah teknis di final, Ziko sempat meraih Best Qualifier karena meraih poin tertinggi dari seluruh peserta.

Posisi ketiga diraih oleh Reindy Riupassa yang behasil unggul di atas Zharfan Rahmadi dalam perebutan tiga besar. Selain itu, kelas Pro juga diramaikan oleh nama besar motorsport Indonesia seperti Alinka Hardianti, yang tampil sebagai rekan satu tim Amandio.

Sementara kelas Rookie, dimenangkan oleh Carlos Max yang mewakili tim J99XAR Drift Team, menggunakan mobil BMW E46. Kemenangan diraih Carlos dengan menaklukkan Toton di tahap final. Sementara posisi ketiga kelas Rookie menjadi milik Naufal Rafif Busro.

indonesian drift series

Indonesian Drift League (IDL)

Tidak hanya IDS, Akbar Rais kini juga tengah mengadakan Indonesia Drift League (IDL). Kompetisi permainan ini dilaksanakan dengan sistem yang akan mempertemukan semua drifter terbaik. Kemampuan dan durability dan setiap drifter dan mobilnya akan benar-benar diuji di IDL.

Berbeda dengan standar kompetisi drifting yang menggunakan sistem gugur, IDL tidak. Setiap drifter akan mendapatkan poin masing-masing, untuk menjadi pemenang terbaik dari yang terbaik. IDL digelar dengan menerapkan dua sistem perlombaan berbeda.

Peserta sama-sama terbagi dalam kelas Pro dan Rookie. Untuk kelas Rookie perlombaan dilaksanakan dengan sistem bracket, sementra kelas Pro menggunakan sistem liga. Seolah ajang All Star, IDL diramaikan oleh Akbar Rais, Danny Ferdito, Ziko Harnadi, Gilang Wijaya, Dipo Dwiki, Alinka Hardianti, Zharfan Rahmadi, Emanuelle Amandio, Ezra Kinanta, Rifat Sungkar, Dika CH dan Dean Zen.

indonesian drift series

Sekolah Drifting Gratis

Keseriusan Akbar Rais membangkitkan dan mengembangkan cabang drifting di Indonesia bukan hanya dilakukan lewat menggagas kompetisi, tapi juga mengadakan fasilitas pendidikan alias sekolah drifting. Untuk para pecinta otomotif yan ingin belajar drifting, J99XAR membuka kesempatan menarik.

IDS berlangsung dengan disposori oleh Sunscreen Spray sebagai title sponsor. Produk dari MS Glow For Men ini menggelar promo berhadiah sekolah drifting gratis di J99XAR. Produk baru ini akan dijual dengan stok terbatas dalam tiga bulan ke depan.

Caranya, temukan kode drift yang tercantum pada kemasan Sunscreen Spray yang didesain khusus dan menarik. Kode tersebut akan diundi secara acak untuk mencari pemenang yang akan mendapatkan sekolah drifting gratis dari J99XAR. Setiap bulannya aka nada lima pemenang yang diundi untuk mengikuti program sekolah drifting gratis ini.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda