F1: Verstappen Menangkan Adu Strategi Red Bull Vs Mercedes di GP Perancis 2021

LE CASTELLET, Carvaganza – Red Bull Racing semakin tegaskan keperkasaannya di Formula 1 atas Mercedes, dengan memenangkan seri Grand Prix Perancis 2021, di sirkuit Paul Ricard. Kemenangan ini menjadi yang ketiga kali berturut-turut bagi Red Bull, setelah beberapa tahun lamanya. Adu strategi antar kedua tim kali ini mengantarkan Max Verstappen menjadi yang terdepan.

Performa kuat dan kemenangan Verstappen di Paul Ricard telah diisyaratkan sejak sesi kualifikasi, dengan diraihnya pole position dengan cukup meyakinkan. Dua baris grid terdepan dikuasai Red Bull dan Mercedes, yaitu dengan Lewis Hamilton di posisi kedua, Valtteri Bottas ketiga dan Sergio Perez keempat. Tidak ada tim lain yang cukup kuat untuk mengganggu persaingan antara dua penguasa klasemen tersebut.

Saat start balapan, Verstappen dari pole dengan meyakinkan melesat menuju tikungan 1, bertahan dari Hamilton dan Bottas. Namun kesalahan kecil karena terlalu kencang membuatnya melebar di tikungan 2, langsung kehilangan posisi ke Hamilton. Sementara di belakangnya, Bottas dan Perez juga berusaha memanfaatkan situasi di depannya, namun tidak berbuah apapun.

Paul Ricard Start

Di belakang Red Bull dan Mercedes, terjadi persaingan keta tantara Ferrari, AlphaTauri dan McLaren. Persaingan di papan tengah cukup kompetitif, karena Alpine dan Aston Martin juga mewarnai balapan dengan aksi saling menyalip sepanjang balapan.

Memimpin balapan, Hamilton dengan konfigurasi downforce lebih tinggi pada mobilnya dipaksa bekerja keras untuk menjauh dari Verstappen. Paling jauh jarak yang mampu diciptakannya selama memimpin adalah 3 detik. Verstappen perlahan membayar kesalahannya, dan merapatkan jarak ke juara dunia bertahan tersebut.

Selama stint pertama, beberapa kali Hamilton mengeluhkan bannya yang tidak memberikan grip maksimal dan keausan yang cepat. Sampai akhirnya Bottas masuk pit di lap 18, adu strategi Red Bull dan Mercedes pun terpicu. Red Bull memanggil Verstappen masuk pit di lap 19 dan bertahan di depan Bottas. Sementara Hamilton yang masuk pit di lap berikutnya, harus kehilangan posisinya berkat out lap kencang yang diberikan Verstappen.

GP Perancis

Setelah disalip oleh strategi undercut Red Bull, Hamilton memburu Verstappen setiap lap di stint keduanya. Jarak keduanya rapat, tidak lebih dari 2 detik. Dengan pilihan downforce lebih rendah di mobilnya, Verstappen mampu bertahan dari serangan Hamilton yang walaupun menggunakan DRS setiap melintasi lintasan lurus panjang.

Di belakang duel tim papan atas, McLaren yang kurang kompetitif di kualifikasi secara bertahap menunjukkan kekuatannya di balapan. Mengatasi tingkat keausan ban yang tinggi di Paul Ricard, Lando Norris dan Daniel Ricciardo mengasapi Sebastian Vettel, Fernando Alonso, duo Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz, serta Pierre Gasly dari AlphaTauri. Posisi kelima dan keenam diraih Norris dan Ricciardo di akhir balapan.

Dengan satu kali pitstop, tidak ada serangan signifikan dari duo Mercedes terhadap Verstappen. Namun mengantisipasi keausan ban di akhir balapan, Red Bull memilih dua kali pitstop, dan memanggil Verstappen masuk pit lagi di lap 33, mengganti ban kompon hard ke medium. Turun ke posisi keempat, Verstappen bergerak cepat dengan ban barunya, dengan lap time rata-rata 2 detik lebih cepat dari Hamilton.

Red Bull

Dua lap setelah pitstopnya, Verstappen menyalip Perez untuk posisi ketiga. Hanya butuh empat lap, jarak Verstappen ke Hamilton terpangkas menjadi hanya 7 detik. Di sini, peluang kemenangan Verstappen semakin terbuka dengan signifikannya perbedaan performa di catatan waktu.

Sepuluh lap tersisa, tepatnya lap 44 dari 53, Verstappen menyerang Bottas dengan DRS di tikungan 8. Namun karena kondisi ban yang sudah jauh lebih aus, Bottas kesulitan bertahan dan melebar saat memasuki tikungan 9. Memanfaatakn momentum di depannya, Verstappen bisa menempatkan mobilnya bersisian dengan Bottas, dan menyalipnya di tikungan 10. Di momen ini, Bottas mengeluhkan keputusan timnya yang memilih strategi satu kali pitstop.

Setelah mengatasi Bottas, jarak Verstappen ke Hamilton di depannya terpaut 4 detik. Berbekal ban lebih segar dan paket mobil yang lebih kuat, jaraknya dengan Hamilton terpangkas setiap lap. Memasuki lap 51, tidak sampai satu detik jarak antara keduanya. Sampai pada lap 52, Verstappen akhirnya menyalip Hamilton di tikungan 8 dan mengklaim kembali posisi terdepan dari sang juara dunia tujuh kali.

Verstappen Hamilton

Melintasi garis finish di lap 53, Verstappen meraih kemenangan ketiganya musim ini, unggul 2,9 detik di depan Hamilton dan Perez yang juga berhasil menyalip Bottas. Kemenangan ini sekaligus memperkokoh posisinya di klasemen pembalap di atas Hamilton. Begitu juga dengan Red Bull berkat podium gandanya di balapan ini.

Secara statistik, ini adalah kali pertama Red Bull meraih tiga kemenangan beruntun (Monako, Azerbaijan, Perancis) di era V6 hybrid, terakhir pada 2013. Ini juga pertama kalinya mesin Honda memenangkan balapan tiga kali beruntun, sejak era McLaren-Honda di tahun 1990. Berikutnya, akan digelar dua balapan berturut-turut di sirkuit Red Bull Ring, untuk seri Styria dan Austria.
WAHYU HARIANTONO

GP Perancis Finish

Klasemen

Klasemen

Artikel yang direkomendasikan untuk anda